Oh Snap!

Please turnoff your ad blocking mode for viewing your site content

Wisata Ziarah: Antara Tradisi Dan Budaya Di Indonesia

Wisata Ziarah: Antara Tradisi Dan Budaya

Direktori Wisata.- Masyarakat Indonesia tidak bisa dilepaskan dengan ziarah kubur. Hal ini disebabkan karena ziarah merupakan sebuah bentuk penghargaan dan penghormatan terhadap orang yang telah meninggal.

wisata-ziarah

Mengingat kembali jasa dan kebaikan orang yang sudah meninggal, sebenanrnya merupakan tindakan prilaku yang mulia. Bagi tradisi masyarakat Indonesia sebagian besar leluhur diartikan sebagai orang yang diluhurkan atau yang diruakan, dengan bahasa lain ditinggikan.

Makna dari wisata ziarah yang mudah dipahami, bahwa orang tersebut yang dikunjungi makamnya adalah seorang yang selama hidupnya membaktikan diri, berbuat baik sehingga jasa-jasanya memberikan perubahan kehidupan bangi masyarkat di masa itu.

Karena jasa budi baiknya tersebut, disaat orang tersebut meninggalkan dunia ini, budi baiknya selalu dikenang dan dihidupkan kembali agar generasi muda sekarang mampu mencerna, dan hal dapat membantu pembentukan karakter kehidupan di kemudian hari.

Melalui wisata ziarah, maka kita dapat mewujudkan bakti bagi yang masih hidup terhadap yang sudah meninggal untuk mengenang segala bentuk suru tauladan yang telah dilakukannya dalam mengabdikan dirinya kepada masyarakat.

Indonesia memiliki banyak tempat wisata ziarah yang bertebaran dihampir pelosok daerah yang dikelola oleh pemerintah Indonesia, baik pemerintah daerah daerah dan pusat. Pengaturan tata ruang obyek wisata ziarah yang baik dan sehat, tentu akan menjadikan sebuah ruang positif bagi pembentukan karakter bangsa sebagai lahan pembelajaran yang mengarah.

Banyaknya obyek wisata ziarah yang belum mampu dikelola secara maksimal oleh pihak-pihak yang berwenang, meyebabkan lokasi ini hanya dilihat sebelah mata. Dan lebih diperburuk dengan penyelewengan akidah yang dilakukan oleh beberapa oknum yang tidak bertanggung jawab. Hal inilah yang memperburuk citra sebuah tradisi dan budaya bangsa Indonesia yang hingga saat ini masih menjalankan tradisi ziarah ke makam para tokoh-tokoh  agama, tokoh nasional, hingga tokoh budaya.

Bila menelisik lebih jauh, setiap tempat wisata zairah yang ada di Indonesia, bila digali dari nilai sejarah dan ilmu pengetahuan tentu hal ini lebih mengarahkan ke nuansa yang lebih positif. Seperti halnya yang telah kami lakukan pada saat melakukan wisata ziarah di Pesarean Kyai Ageng Henis.

Di setiap tempat wisata ziarah, sebenarnya banyak hal yang bisa kita gali. Dari perjalanan sejarah tokoh tersebut, hingga apa yang menjadikan tokoh tersebut menjadi suri tauladan dalam kehidupan masyarakat, dan masih banyak lainnya yang bisa di gali dari setiap obyek wisata ziarah yang ada di Indonesia. Semoga artikel ini dapat memberikan sebuah masukan positif bagi kita semua dengan sudut pandang positif.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
  • stumbleupon
This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks :Ad Views :