Wisata Watu Gunung Ungaran, Jawa Tengah

Menikmati Wisata Alam Ungaran di Watu Gunung, Semarang, Jawa Tengah

Direktori Wisata –  Obyek wisata Watu Gunung menawarkan tempat wisata alam yang menawarkan kesejukan danau buatan dengan bangunan-bangunan bergaya arsitektur dengan nilai artistik.

Tempat Wisata Watu Gunung yang terletak di desa Ungaran untuk menuntaskan rasa penasaran kami akan objek wisata yang sudah tidak asing bagi warga Semarang sendiri. Untuk mencapai lokasi tersebut kita hanya membutuhkan waktu sekitar 45 menit dan jarak tempuh 30 km dari pusat kota Semarang.Dari tempat wisata tersebut kita juga bisa melihat langsung Gunung Ungaran.

Direktori Wisata memulai perjalanan dengan kekaguman juga ketegangan saat melawati jalur terjal menuju lokasi.Selama perjalanan. kami beserta rombongan disuguhkan pemandangan di sebelah kanan dan kiri jalan dengan nuansa pedesaan yang hijau. Saat sudah memasuki pusat kota Ungaran, tepatnya di alun-alun Ungaran, terlihat penduduk sekitar lokasi yang akan langsung menunjukkan di mana letak tempat wisata Watu Gunung yang akan dituju bila kita bertanya kepada mereka.

Ketika kita sudah melihat alun-alun Ungaran, maka ikutilah petunjuk arah yang ada, tidak lebih dari 15 menit dari jalan utama, kita akan sampai di obyek wisata Watu Gunung.

Nuansa alam yang dapat kami rasakan di obyek wisata watu Gunung dapat memanjakan pengunjung dengan suguhan bangunan-bangunan joglo lengkap dengan pernak-pernik etnik Jawayang sudah jarang ditemui. Ada lima bangunan joglo yang berdiri dikawasan tersebut dan empat bangunan permanen, yang salah satunya digunakan sebagai kantor kerja.

Menurut informasi yang Direktori Wisata Indonesia terima di lokasi, awalnya kawasan ini merupakan tanah yang ditumbuhi pohon pala dan cengkeh yang lebat, tapi sayangnya kawasan tersebut gersang dan sulit untuk mendapatkan air.

Wisata Watu Gunung Ungaran

Sehingga pada tahun 2004, sang pemilik berinisiatif untuk mendirikan villa sebagai kediaman pribadi. Dikarenakan kecintaan beliau terhadap budaya Jawa pun dapat kita lihat dari pemberian nama disetiap bangunannya, diantaranya kantor utama griyo pholo, rumah panggung walang kekek, rumah khas jawa bernama wono sekar, kemuning, kodok ngorek, jeng yuyu, nyi rumpung, dan yang terakhir rumah etnik jawa bali yang dinamai progo. Semua nama-nama tersebut identik dengan nama dan budaya Jawa.

Di sisi lain area, dibelakang joglo progo terdengar gemricik air yang menyegarkan. Di lokasi tersebut kita dapat melintasi bebatuan yang tersusun apik layaknya lintasan air kali dan memang sengaja di buat untuk menambah daya tarik pengunjung yang datang. Inilah salah satu kekhasan air terjun Watu Gunung, kejernihan airnya, tempat dimana ikan-ikan kecil berkumpul akan membuat mata kita semakin dimanjakan oleh keindahannya.Tepat didepan joglo nyi rumpung terdapat jembatan kecil yang menghubungkannya dengan joglo pholo.

Di tempat wisata alam Watu Gunung, selain kita akan dimanjakan dengan nuansa Jawa yang kental, kita juga dapat menikmati indahnya danau buatan di tengah-tengah lokasi wisata. Konon, informasi yang Direktori Wisata dapatkan di lokasi, danau tersebut memiliki luas sekitar 60 meter dan kedalaman sekitar 2 meter. Danau tersebut menambah kesan sejuk ditambah dengan adanya ikan hias cantik yang berenang di dalam danau.

Wisata Batu Gunung Ungaran Jawa Tengah

Walau sepintas obyek wisata Watu Gunung berkonsep seperti tepat pemancingan, namun ini bukanlah kolam pemancingan yang menjual ikan. Kita bisa bersantai menikmati suasana pegunungan dan melihat pantulan gunung di danau buatan yang terlalu indah untuk tidak dilihat. Jadi bila liburan di sini jangan membawa pancingan ya teman…

Bukan hanya itu saja, bila kita duduk bersantai bersama keluarga di atas batu kali sembari menikmati pemandangan yang tersuguh di tempat wisata alam tersebut. Kita akan dapat mendengar kicauan burung perkutut yang dapat menenggelamkan kita ikut hanyut dalam suasna alam pedesaan yang asri nan indah sambil menikmati indahnya suguhan pemandangan alam sekitar.

Kolam Renang Wisata Watu Gunung Ungaran

Untuk sisi area dalam tempat wisata alam Ungaran ini juga terdapat sebuah kolam taman berman air dan pemandian yang bisa dipergunakan untuk para pengunjungnya. Bentuk kolamnya yang terbuat dari susunan batu alam yang alami, menjadikan kolam ini sebagai salah satu sarana bermain dan rekreasi putra-putri kita. Kolam renang ini tidak dalam, dan cukup nyaman untuk bermain anak-anak kita saat berlibur di obyek wisata watu Gunung ini. Kerean kan ?….

Obyek wisata Watu Gunung tidak hanya digunakan untuk tempat wisata, namun lokasi ini juga dapat dipergunakan sebagai tempat meeting, pengambilan video shooting, dan bahkan foto pre wedding. Setiap bangunan yang ada di lokasi juga dapat kita sewa sesuai dengan kebutuhan kita.

Untuk masalah tarif sewa lokasi pun tidak terlalu mahal anatra 1-2 juta rupiah kita sudah dapat menyewa tempat itu sebagai tempat meeting dengan kapasitas 50-70 orang lengkap dengan catering yang disediakan langsung oleh pihak pengelola di lokasi.

Bagi Anda pasangan muda yang ingin mengadakan pesta pernikahan dengan tema garden party, tempat wisata watu Gunung Ungaran ini dapat menjadi salah satu pilihan yang tepat, dan tentunya dengan harga yang terjangkau pula.

Harga tiket masuk obyek wisata watu Gunung Ungaran Rp. 10.000,- / orang. Tiket masuk tersebut kita bisa beli di depan sebelum pintu masuk kawasan area. Namun, harga tiket masuk tersebut dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan pengelola.

Untuk mencapai lokasi tempat wisata Watu Gunung tersebut kita hanya membutuhkan waktu sekitar kurang lebih 45 menit dengan jarak tempuh sekitar 30 km dari pusat Kota Semarang dengan menggunakna kendaran mobil atau motor.Untuk informasi jalur akses dapat lihat di peta.

Menikmati kawasan wisata alam Ungaran, Semarang Jawa Tengah dengan nuansa alam asri dengan kesan gaya arsitektur budaya, akan mengajarkan kita akan sebuah arti seni kehidupan dari bangsa Indonesia yang selalu dapat selarah dan bersinergi menciptakan sebuah karya indah dari tangan-tangan trampil yang bisa dinikmati oleh siapapun, salah satunya di tempat wisata Watu Gunung Ungara, Jawa Tengah. Selamat liburan di Semarang.[]

  • jejen zaenudin

    air danaunya jernih ya.. membuat mata jadi jernih juga. apalagi suasana pegunungan yang sejuk, cocok buat refreshing.

    • Betul, apalgi kalau buat liburan sama keluarga atau teman. Enak banget di teiwtsa wisata watu gunung ini.

  • Keren ya mas tempat wisata watu gunung di jawa tengah ini. Itu airnya beneran hijau gitu ya mas?

    • Benar mas airnya dari sananya berwarna jernih alami seperti itu.

  • Bagus sekali mas tempat wisatanya sebenarnya saya tuh orannya gampang kerayu nih tapi kalau yang jauh jauh harus dipikir pikir lagi deh kayanya.

    • Kalau lagi main ke Ungaran bisa mampir mas ke obyek wisata watu ini. he,, he, he,

  • wah objek wisata watu gunung ini bisa juga buat tempat foto prewedding ya mang, tapi sayang terlalu jauh dari tempat saya, hehe..