Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Mancanegara / Singapura / Wisata Singapura Di Kota Lama Geylang Serai

Wisata Singapura Di Kota Lama Geylang Serai

Menelisik Kota Lama Geylang Serai Singapura

Direktori Wisata. – Mengunjungi Geylang Serai Singapura, kita bagaikan menelusuri sebuah kawasan Kota Lama Singapura.

Bangunan pertokoan tua yang berjajar di tepi jalan dengan gaya arsitektur unik mengajak kita pada era tahun 1980 – 1990-an yang pernah menginjakan kaki di area ini.

geylang-serai-road-singapore

Dari informasi Direktori Wisata dapat di Singapura, dulunya kawasan Geylang merupakan daerah perkebunan kelapa, dan dikenal sebagai “Geylang Kelapa”.

Namun, pada awal abad ke-20 kawasan ini berubah nama dan dikenal dengan sebuatan “Gaylang Serai”. Konon, di kawasan daerah ini juga banyak ditemukan tanaman bumbu “serai” atau “sereh” dulunya.

geylang-serai-singapura

Geylang Serai Singapura dikenal sebagai pusat bisnis masyarakat lokal Melayu Singapura, China dan India.

Kawasan Geylang juga dikenal sebagai area pemukiman untuk orang-orang Melayu dulunya, tidaklah heran bila kawasan ini disebut juga dengan sebutan Kampung Melayu di Singapura. Lokasinya terletak di sebelah timur Sungai Singapura.

Dari informasi yang Direktori Wisata terima di lokasi, salah satu keunggulan tempat wisata Gaylang Serai adalah masih memiliki bangunan bergaya arsitektur di ruko-ruko yang kuno.

Konon, bangunan tersebut digunakan sebagai penanda dan titik kontak untuk para pendatang baru atau imigran di Singapura pada tahun 1840 dan 1940.

gaylang-serai-road-singapore

Usaha mikro yang dibangun dan dirintis oleh bangsa Melayu, India dan pengusaha China di kawasan daerah Geylang, merupakan sebuah awal pembangunan kawasan usaha.

Usaha yang mereka lakukan antara lain sebagai mekanik sepeda, perbaikan motorik lokakarya, pemasok kayu untuk membuat perahu, rumah, funiture dan sebagai pedagang .

joo-chiat-complex-geylang-serai-singapore

Tidaklah heran bila Geylang Serai Singapura juga dikenal sebagai salah satu tempat wisata belanja Singapura. Untuk keperluan baju tradisional adat Melayu yang disebut dengan pakaian “baju kurung” serta kerudung.

Gaylang bisa di katakan sebagai pusat belanja untuk keperluan pakaian adat orang Melayu yang ada di Singapura.

Dari pakaian keseharian orang Melayu, keperluan pesta pernikahan, sepatu, sendal dan sebagainya sahabat Direktori Wisata dapat menemukannya di kawasan ini dengan harga yang terjangkau dan relatif murah.

Bila di Jakarta kawasan pasar Gaylang sama seperti pasar Tana Abang atau pun Thamrin City, walau lokasinya tidak seluas ke dua lokasi tersebut.

pasar-geylang-serai

Masih di daerah sekitar jalan raya utama Geylang. Di kawasan ini kita akan menemukan sebuah Pasar Gaylang Serai. Pasar ini dikenal sebagai pusat belanja. Memiliki nilai histories yang banyak menyimpan nilai sejarah.

Di Area lokasi pasar, sahabat Direktori Wisata dapat menemukan sebuah area di lantai 2 untuk menemukan lokasi tempat jajan kuliner khas. Dari kuliner khas Melayu, India, China bisa kita temukan di area ini.

Sedangkan untuk lokasi di bawah pasar, sahabat Direktori Wisata bisa menemukan tempat belanja barang-barang kebutuhan seperti pakaian atau pun keperluan lainnya.

old-airport-road-singapore

Lanjut informasi…
Konon, dulunya kawasan Geylang masuk dalam reklamasi pembuatan Bandara Komersial pertama di Singapura pertama kali yang dibuka pada tahun 1937.

Hal ini di buktikan dengan adanya lokasi Old Airport Road yang menjadi saksi dan fakta sejarah bahwa Gaylang, pada saat dibawah kekuasaan Pemerintahan Inggris.

Dari pengamatan Direktori Wisata di lokasi, kini bangunan tersebut telah menjadi sebuah kawasan tempat wisata belanja dan wisata kuliner.

Sepintas bangunan ini masih terlihat jelas bahwa struktur bangunan keseluruhannya yang terlihat dari depan mirip dengan bandara Singapura tempo dulu.

Di kawasan ini kita dapat menikmati beragam hidangan kuliner, dan belanja sambil menikmati kawasan wisata kota lama Singapura yang memiliki nilai sejarah yang artistik dengan pesona bangunan bekas bandara pertama yang pernah berdiri di Singapura.

Kunjungi : Chinatown Singapore, Surga Wisata Belanja Bernuansa Etnik Klasik di Singapura

Bagi sahabat Direktori Wisata yang akan melihat suasana kawasan Kota Lama Singapura di Geylang Serai, kalian dapat menyaksikan dalam tayangan vlog kami di bawah ini pada saat melakukan liburan di Singapura.

Untuk Menuju Lokasi Geylang Serai Singapura
Menuju tempat wisata Singapura Gaylang Serai kita dapat menggunakan MRT dan turun di stasiun Paya Lebar (EW8). Kita dapat menyesuaikan rute dari lokasi tempat kita berangkat dengan memperhatikan arah petunjuk jalur MRT yang tersedia di setiap stasiun MRT atau melalui map atau peta wisata yang dibagikan secara percuma di lokasi pusat informasi bagi para wisatawan yang mudah di temukan di Singapura.

Kunjungi : 4 Tempat Wisata Singapura Yang Menarik Dikunjungi Dan Gratis Saling Berdekatan

Bila kita akan menuju Geylang Serai dengan menggunakan bus, Kita dapat menggunakan bus dengan nomor 2, 7, 13, 24, 26, 28, 30, 40, 5, 60, 60X, 61, 63, 67, 70, 79X, 76, 93, 94, 135, 154, 155, 197, 853C. Bila kita menggunakan taksi atau kendaraan mobil dan motor, bisa mengikuti arah jalur yang terdapat di dalam peta ini.

Wisata Singapura Di Kota Lama Geylang Serai mengajak kita untuk melihat Singapura di masa lalu dengan beragam bentuk warna perpaduan tradisi dan budaya Melayu, India, China menjadi satu dan menciptakan nuansa yang unik dan menarik bila kita dapat menelusuri kawasan wisata Geylang Serai ini dari sudut yang berbeda.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

19 Comments

  1. Banyak banget ya kang kendaraan untuk menuju lokasi πŸ˜€

    • Lokasi kawasan Geylang Serai letaknya di pusat Kota Singapura mas, lagian tempat ini memang cukup dikenal sebagai salah satu tempat wisata, jadi banyak kendaraan transportasi umu yang bisa kita ambil untuk mengarah di lokasi ini. πŸ˜€

  2. pengen banget deh bisa berwisata ke Singapura, kapan ya? cuma pengennya doang mas *ngayal πŸ™‚

    • Lah, tidak ada yang tidak mungkin Mas, saya ikut mendoakan semoag suatu hari bisa wisata ke Singapura. Amiiin…. πŸ˜€

  3. sudah sampe singapura juga om jalan2nya…
    asyik neh, jadi penginn πŸ™‚

    • kapan kita lets go mas ?

  4. kapan ya mas,, bisa jalan-jalan ke singapura ? .. hewhehe
    ke tanah jawa aja belum pernah..
    salam kenal mas dari saya…

    • Salam kenal kemabli Mas, tidak ada yang tahu dan yang tidak mungkin mas dalam hidup sekarang ini. Yang penting kita terus saja berusaha dan berdoa. nanti suatu hari mungkin saja ketemua jalan untuk bisa menginjakakan kaki di Singapura. Amiiin….

  5. saya pengen banget ke Singapura
    sambil ngumpulin saku, sementara saya tak nikmati wisata dekat rumah dulu

    • Semoga bisa terlaksana mas. Amiiin…. πŸ˜€

  6. kayanya seru juga jalan-jalan ke luar negri nih.tapi harus menguasai bahasa inggris ya kayanya biar kalo nyasar bisa tanya-tanya.hehe

    • Kalau ke Singapura tidak perlu lancar bahasa Inggris Mas, yang penting berani apalai kalau kita bisa bahasa melayu saja sudah cukup, dan yang penting gunakan peta untuk petunjuk arah wisata di Singapura Mas, apalagi jaman sekarang sudah canggih, jadi mudah saja ko kalau mau ke sini. πŸ˜€

  7. Dulu pas ke Singapore nggak ke sini, objek wisatanya nggak mainstream karena unik dan melihat masa lalu Singapore.

    • Banyak hal yang bisa didapat di tempat wisata Singapura Geylang Mas, apalagi kalau sudah pernah membolang di lokasi ini. pasti seru dan beda mas. πŸ˜€

  8. Asyiknih membaca jqlan-jalan P Indra di Singapura. Angle tulisan keren…:)

    • Yuk jalan-jalan ke Singapura Mba πŸ˜€

  9. asik..asik.. jalan2 ke Singapura ya Kang … πŸ™‚

    • Ada tugas dikit Kang Di Singapura, sekalian aja kang, dari pada bengong mending buat artikel tentang Kota Lama Geylang Serai ini kang πŸ˜€

  10. Kirain Singpaura itu cuma hutan belantara beton ada juga tempat hijaunya seperti ini

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate Β»
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :