Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Mancanegara / Wisata Singapore Ke Pulau Ubin

Wisata Singapore Ke Pulau Ubin

Pulau Ubin Destinasi Wisata Singapore Dari Sisi Yang Berbeda

Direktori Wisata. – Pulau Ubin merupakan salah satu tempat wisata yang terpisah dari pulau utama Singapore, terletak di selat Johor sebelah timur Airport Changi Singapore.

pulau-ubin-singapore

Perjalanan wisata Singapore kali ini, kami lakukan bersama rekan dan keluarga yang tentu saja mengetahui seluk beluk tentang Pulau Ubin, dan kami pun memutuskan untuk berangkat ke pulau tersebut dari Changi Point Ferry Terminal sebagai tempat dermaga kapal yang akan menghantarkan kami menuju tempat wisata Pulau Ubin di Singapore.

Pulau Ubin Singapore

Setelah mendarat di dermaga Pulau Ubin Singapore, kami melihat berbagai informasi yang terletak di dalam kawasan pusat konservasi alam Singapura di pulau ini. Walau lokasi terpisah dari pulau utama Singapura, di pulau ini terdapat sebuah pos polisi yang akan selalu siap dan memantau segala aktifitas kegiatan masyarakat di Pulau ini.

Konon menurut informasi yang diperoleh Direktori Wisata  di lokasi, pada jaman Kolonialisme Inggris kawasan ini dulunya merupakan tempat pertambangan batu granit yang menjadi bahan dasar pembuatan lantai atau ubin yang diperuntuka bagi bangunan yang ada di Singapore dan Johor, Malaysia.  Namun, pada sekitar tahun 1970-an, pertambangan batu granit di lokasi kawasan area ini lambat lahun perlahan mulai ditutup, dan pad tahun 1999 pertambangan granit di pulau Ubin resmi.

Dan kini kawasan Pulau Ubin telah berubah menjadi sebuah kawasan Konservasi Alam sekaligus menjadi obyek wisata Singapura yang sangat diminati para wisatawan lokal dan asing.

kantor-polisi-pulau-ubin-singapore

Lanjut informasi……
Kantor pos Polisi di pulau ini bertujuan untuk meberikan pelayanan bagi para penduduk lokal atau wisatawan bila diperlukan, terutama dalam hal menjaga ke amanan dan kenyaman penduduk dan perjalanan wisatawan di Pulau Ubin Singapore. jadi kita tidak perlu takut berwisata di Pulau Ubin Singapore, karena akan selalu ada petugas polisi yang siap akan membantu kita di pulau ini bisa terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan.

wisata-pulau-ubin-singapore

Tidak jauh dari dermaga kapal kedatangan kita dapat menemukan sebuah tempat jasa penyewaan taksi yang ada di Pulau Ubin, bagi kita yang akan mengelilingi pulau ini dapat menyewa taksi untuk singgah di tempat-tempat tertentu yang bisa dikompromikan dengan pengemudi taksi yang berada di pos penjagaan. Tempatnya pun cukup sederhana dan terbuat dari kayu, seperti pos ronda bila di Indonesia.

taksi-pulau-ubin

Tepat di seberang pos tempat penyewaan taksi kita dapat menemukan kendaraan taksi yang beroperasi di Pulau Ubin Singapore. Kendaraan ini taksi di sini, menggunakan jenis kendaraan mini bus yang bisa dimuat 12 orang, dan ongkos untuk sekali trip keliling dengan satu kendaraan taksi di pulau ini biayanya $ 30 SGD.

tempat-sewa-sepeda-pulau-ubin

Namun untuk perjalanan wisata Singapore di Pulau Ubin ini, kami memilih dan memutuskan untuk menyewa sepeda yang ada di pulau ini. Untuk tempat penyewaan sepeda yang  terdapat di Pulau Ubin sangat mudah kita jumpai. Dari berbagai tipe sepeda dari besar dan jenisnya pun dapat kita pilih. Ada sepeda gunung, sepeda mini dan juga sepeda anak-anak. Semua sepeda di pulau ini hampir rata-rata di sewakan kepada para wisatawan dengan harga dari $ 2 – $ 20 SGD tergantung jenis sepeda yang akan kita gunakan.

Dan sebaiknya sebelum meninggalkan tempat penyewaan sepeda ada baiknya sepeda yang akan kita pakai kita cek kondisinya, agar tidak mempersulit nantinya kita.

peta-pulau-ubin-singapore

Untuk menjelajahi kawasan Pulau Ubin ini kita dapat mengikuti arah pada peta yang bisa kita dapatkan di setiap lokasi yang terdapat di dalam kawasan Pulau Ubin. Atau kita juga dapat minta peta informasi di kantor Taman Nasional Konservasi Pulau Ubin yang terdapat di depan setelah tempat penyewaan sepeda.

wisata-singapore-pulau-ubin

Perjalanan wisata alam di kawasan Pulau Ubin Singapore pun, kita mulai. Dari medan jalan yang beraspal hingga tanah berundak penuh dengan tikungan dan tanjakan serta turunan yang terjalpun kami lalui dengan sepeda hingga kami pun sampai di beberapa titik obyek tujuan kawasan hutan mangrove yang terdapat di Pulau Ubin Singapore ini.

rumah-penduduk-lokal-pulau-ubin-singapore

Setelah beristirahat sejenak kami pun menemukan sebuah kawasan perkampungan rumah penduduk asli lokal Pulau Ubin yang hingga kini masih bertahan dan menetap di pulau ini. Di area kawasan perkampungan ini kita bisa merasakan perbedaan yang sangat jelas, antara kehidupan yang terdapat di pulau utama Singapore dengan kehidupan masyarakat lokal yang terdapat di Pulau Ubin Singapore.

rumah-penduduk-lokal-pulau-ubin

Tidak jauh dari lokasi, kami pun menemukan sebuah tempat istirahat, kami pun menyempatkan diri sambil membeli air minum yang dijual di sana.  Sebuah kedai tenda yang dibagun di halaman depan rumah yang terbuat dari terpal sebagai alas atap, dan potongan bambu sebagai tiang-tiang penyanggahnya yang dijadikan tempat istirahat bagi para wisatawan yang akan menghilangkan rasa haus dan lelah sehabis berkeliling di pulau ini.

pulau-ubin-singapore

Setelah beristirahat kami pun melanjutkan perjalan wisata di Pulau Ubin dengan mengunjungi pusat konservasi coral yang berada di pesisir pulau. Namun, untuk menuju ke lokasi ini sepda tidak bisa masuk dan harus diparkir di tempat yang telah disediakan oleh pihak pengelolala kawasan wisata konservasi alam Pulau Ubin Singapore. Di lokasi inilah  kita dapat menikmati eksotisme Pulau Ubin Singapore.

Setelah mengunjungi beberapa obyek wisata di taman konservasi alam Singapura Pulau Ubin, kami pun kembali ke dermaga kapal, untuk kembali pulang ke Changi Point Ferry Terminal di mana titik keberangkatan kami  menuju ke pulau ini dari pulau utama Singapore.

Kunjungi : Bangunan Masjid Sultan Bergaya Muslim Klasik di Kampung Glam Singapura

Silahkan bagi sahabat Direktori yang akan mengetahui situasi dan keadaan Pulau Ubin Singapore sebagai salah satu destinasi wisata alam Singapura yang banyak diminati oleh wisatawan mancangera melalui Vlog di bawah ini.

Untuk mengunjungi kawasan wisata konservasi alam Pulau Ubin Singapore hanya bisa melalui satu pintu yaitu dari dermaga Changi Poin Ferry Terminal, dari sana kita menggunakan perahu boat untuk menuju Pulau Ubin dengan biaya $2,5 SGD.

Baca juga : Cara Ke Pulau Ubin Singapore

Wisata Singapore Ke Pulau Ubin merupakan sebuah catatan perjalanan singkat Direktori Wisata pada saat melakukan liburan di kawasan Singapore dengan mengunjungi destinasi wisata di tempat wisata alam konservasi alam Singapore.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

3 Comments

  1. Banyak juga ya pak pulau-pulau di Singapura 🙂

  2. pulau ubin benar2 indah luar biasa, salut sama perjalanan wisata mas indra ygsampai ke pulau ubin di singapura, disana pasti bisa menikmati makan roti caney ya mas 😀

    salam wisata 🙂

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks :Ad Views :