Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Mancanegara / Singapura / Wisata Sejarah Singapura Di Istana Kampong Glam

Wisata Sejarah Singapura Di Istana Kampong Glam

Mengenal Asal Mula Singapura Dari Catatan Sejarah Di Istana Kampong Glam

Direktori Wisata. – Istana Kampong Glam jadi tempat wisata heritage yang mengenal lebih dekat tentang sejarah asal mula perjalanan sejarah Singapura.

Menelusuri perkampungan di pusat Kota Singapura, kita akan menemukan sebuah bangunan Istana yang berdiri kokoh, dengan bentuk tampilan taman cantik yang indah akan menyambut kehadiran pengunjung yang singgah di area lokasi ini.

istana-kampong-gelam
Malay Hetitage Centre

Sebuah tulisan yang memberi keterangan bahwa lokasi ini merupakan pusat sejarah bangsa Melayu yang berada di Singapura, membuat Direktori Wisata coba untuk masuk ke dalam area halaman gedung yang tertata dengan indah.

Memasuki ruang pusat informasi bangunan Istana Kampong Glam yang berada di sudut sebalah kanan dari arah Masjid Sultan, kami pun mendapatkan beberapa brosur yang disediakan bagi para wisatawan untuk medapatkan keterangan mengenai situs bangunan bersejarah ini.

brosur-informasi-di-istana-glam-singapore

Dari informasi yang Direktori Wisata peroleh di lokasi, bahwa kata “Kampung” memiliki arti sebuah desa atau tempat pemukiman.

Sedangkan “Glam” sendiri berasal dari sebuah nama pohon tertentu yang tumbuh dan berkembang pada awal mula daerah Singapura pada masa dulu.

Istana Kampong Glam Singapura
Istana Kampong Glam Singapora

Konon, informasi yang Direktori Wisata terima di lokasi, bangunan ini dibangun +/- 160 tahun yang lalu oleh Sultan Husein Shah,

Selain sebagai berfungsi sebagai Istana, bangunan ini pun diperuntunkan sebagai rumah bagi Malay Heritage Centre (MHC).

Dalam bangunan Istana Kampong Glam menampilkan koleksi artefak-artefak, mural dan penampilan dari multimedia disetiap sembilan galeri yang terdapat di dalamnya.

Istana Kerjaan Melayu Kampong Glam Singapura
Istana Kerajaan Melayu Kampong Glam Singapura

Di halaman depan Istana Kampong Glam, kita bisa menemukan sebuah taman yang dihiasi dengan tanaman hijau yang dapat memanjakan suasana hati.

Beberapa spot cantik dan indah pun bisa kta dapatkan di area lokasi ini untuk menyalurkan hobi foto-foto dengan latar belakang pemandangan yang indah, sedangkan di dalam Istana Kampong Glam .

Museum yang mencatat jejak catatan sejarah dan materi budaya Singapura dari bangsa Melayu di Singapura ini dilengkapi dengan catatan kontribusi mereka terhadap pembangunan Negara Singapura,

Mengisi liburan sambil menikmati suasana yang cantik bernilai sejarah, sahabat Direktori Wisata bisa mendapatkannya di tempat wisata singapura yang dekat dengan pusat kota ini.

Istana Melayu Kampong Glam Singapura
Istana Melayu Kampong Glam Singapura

Lanjut informasi…….
Konon, pada awalnya, Kampong Glam merupakan sebuah perkampungan desa nelayan yang kecil, dan letaknya berada di muara Sungai Rochor.

Dengan berjalannya waktu, kawasan ini menjadi lebih padat, dan tumbuh menjadi sebuah kawasan yang terkenal setelah dipimpin oleh Sultan Singapura bernama Husein Muhammad Shah dan Temenggong yang keduanya telah menandatangani sebuah perjanjian dengan East India Company pada tahun 1819.

Istana Kampong Glam Singapura
Istana Kampong Glam Singapura

Dan pada abad sembilan, Kampong Glam merupakan sebuah kawasan yang dihuni oleh etnis dengan pengaruh dari bangsa Melayu dan Arab yang cukup kuat.

Di lokasi perkampungan inilah mereka tinggal dan berusaha untuk berdagang, dari bahan makanan tradisional Arab-Muslim dan barang dagangan lainnya.

Sedangkan pada perencanaan tata letak Kota pada tahun 1822, Stamford Raffles telah menetapkan bahwa kawasan ini akan menjadi sebagai tempat alokasi bagi bangsa Melayu, Bugis, dan Arab sebagai pusat perniagaan yang berkembang.

Baca juga : Wisata Jelajah Singapura Di Kampong Glam

Kini apa yang bisa kita saksikan di Kampong Glam, kawasan ini telah menjadi sebuah tempat yang menyimpan berbagai warisan  budaya dan tradisi yang kaya akan turunannya dari generasi ke generasi.

Beberapa dari tradisi budaya lama dapat kita jumpai di lokasi ini yang masih bertahan dalam bentuk monumen, perdagangan, budaya dan praktek tradisi masyakat Melayu.

Bagi sahabat Direktori Wisata yang akan mengetahui suasana dan fasiltas kawasan Istana Kampong Glam bisa langsung melihat Vlog kami, dan ikuti perkembangan cahnnel Vlog Youtube kami terus ya.

Baca juga : Mengenal Kesenian Tradisional Kompang Melayu Singapore

Untuk menuju tempat wisata Istana Kampong Glam kita dapat menggunakan kendaraan transportasi umum seperti MRT, Bus, atau pun taksi, adapun letak lokasi obyek wisata tersebut dapat dilihat dalam peta di bawah ini.

Dai pengalaman liburan dan berwisata sambil melakukan perjalan wisata sejarah Singapura di Istana Kampong Glam, kami banyak mendapatkan sebuah wawasan mengenai asal mula dari wilayah daerah Kota Singapura dulunya, dan tentu hal ini menjadi sebuah motifasi bagi kita dalam mengupayakan sebuah kawasan yang asal mulanya terbelakang menjadi daerah yang berkembang dan maju serta modern seperti sekarang ini. Semoga bermanfaat dan selamat liburan di Singapura.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

7 Comments

  1. Singapore ini negara kecil tapi banyak tempat yang bagus untuk dikunjungi disana ya

    • Sebenarnya tempat wisata di Singapura saling berdekatan, hanya topik dan konsepnya saja berbeda Kang, asal kita jeli dan mau blusukan pasti ketemu. Karena di sini brosur informasi tentang transportasi lokasi sangat mudah diperoleh.

  2. kayanya tempatnya tenang bgt ya kang,, jadi ingin keluar negeri 😀 tapi blm ada dana,, hehee

    salam

    • Saya mendoakan Kang, agar bisa terkabul segala cita-citanya, Amiiin…. karena tidak ada hal yang mustahil bila Tuhan sudah menetukan kita juga bisa sampai di sini ko. Barang kali nanti dapet sponsor ke Singapura.

  3. Saya juga hikhik.. tempat wisata di Singapura indah banget pemandangannya, tapi cuma bisa lihat di televisi dan di internet saja .. 😀

    • Biaya ke Singapuranya sih tidak seberapa dari pada ongkos dan biaya hidup di sini Kang, tapi jangan takut kang, tidak ada yang tidak mungkin bila Tuhan sudah menghendaki, semoga Kang Eka dan keluarga bsa wisata ke Singapura sambil berkunjung ke Isatana Kampong Glam

  4. Singapura adalah negara Kota, Luasnya tak lebih dari Jakarta, namun negara kecil ini sangat makmur. Yang membuat negara ini kaya adalah Bandara Changi yang dijadikan transit di kawasan Asia Tenggara. Andai saja dulu Indonesia bisa membaca peluang menjadikan Soekarno-Hatta sebagai bandara transit, pasti Indonesia akan lebih kaya di Asia.

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks :Ad Views :