Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Mancanegara / Wisata Sejarah Merlion Park Singapura

Wisata Sejarah Merlion Park Singapura

Menyusuri Sejarah Patung Merlion Park Singapore Yang Jadi Icon Singapura

Direktori Wisata – Merlion Park merupakan simbol negara Singapore yang menjadi salah satu icon obyek wisata yang populer dan ramai dikunjungi di Singapura.

Liburan di Singapura bukan hanya menikmati kawasan kota yang bersih dan menarik, namun kita juga bisa mendapatkan pengetahuan tentang sejarah Kota Singapura. Salah satu sejarah yang menarik ditelusuri adalah sebuah patung singa yang berada di lokasi Merlion Park Singapore.

merlion-park-singapore

Bagi kita yang sering berlibur di Singapura, pasti tahu tentang tempat wisata Singapura yang menjadi salah satu ikon destinasi Singapura yang menarik ini. Namun, di balik keindahan panorama alam sekitar patung Merlion Singapura terdapat kisah sejarah yang menarik yang dapat kita gali informasi di lokasi ini.

Ternyata Singapura memiliki  tiga patung Merlion yang sama persis. Yang pertama berlokasi di Merlion Park,di lokasi ini terdapat dua buah patung “Merlion” yang besar dan yang kecil yang sering disebut dengan “baby merlion”. Sedangkan  yang ke-dau berada di pulau Sentosa.

Di bawah ini merupakan patung Merlion yang berada dilokasi Merlion Park yang menghadap ke tepi tanjung laut Singapura. Patung singa berwarna putih ini selalu mengeluarkan air dari mulutnya yang ditumpahkan ke laut. Konon air tersebut berasal dari air laut yang berada di sekitarnya dipompa dan ditumpahkan kembali ke laut dengan proses pompa air yang dioperasikan di lokasi tersebut.

Konon informasi yang Direktori Wisata terima dari pemandu wisata Singapure, patung merlion yang memiliki kepala meyerupai singa dengan badan ikan yang berdiri di atas ombak ini dirancang oleh MR. Fraser Brunner sebagai Singapore Tourist Promotion Board pada tahun 1964.

Lanjut informasi……
Kepala singa pada patung Marlion melambangkan singa yang terlihat oleh Pangeran Sang Nila Utama pada saat beliau kembali menemukan Singapura pada abad 11 M, hal ini seperti yang tercantum dalam sejarah melayu yang bisa kita temukan di museum Malay Heritage Centre

Kunjungi  : Wisata Sejarah Singapura Di Kampung Glam 

Ekor pada patung Marlion ini berbentuk ekor ikan, dan ini melambangkan kota kuno Temasek yang berarti “laut” dalam bahasa Jawa, sedangkan nama Singapura sendiri berasal dari bahasa “Sansekerta” yang berarti “Kota Singa” yang melambangkan sebuah kota sederhana pada awalnya sebagai perkampungan para nelayan dulunya.Itulah sekilas sejarah Singapura tempo dulu.

Lanjut……
Pada tanggal 15 September tahun 1972 Perdana Menteri Singapura pada waktu itu Mr. Lee Kuan Yew meresmikan patung “Merlion” hal ini terlihat dalam keterangan sebuah prasasti perunggu yang mengabadikan peristiwa tersebut bagi masyarakat Singapura Sebagai fungsi dan tujuannya kini patung Merlion menyambut kedatangan para wisatawan dari luar Singapura untuk menikmati masa liburan mereka di Kota Singapura.

Merlion Park Singapore

Sedangkan untuk patung baby marlion sendri letaknya tepat di belakang patung Merlion yang besar, di lokasi tersebut kita juga bisa mengabadikan foto-foto, terutama bagi kita yang bawa anak ke lokasi obyek wisata Marlion Park Singapore.

 Baca : Baby Marlion Mungil Di Singapura 

Lokasi Marlion Park Singapura ini memang sangat menarik untuk dikunjungi. Lokasinya yang bersih dan luas menjadikan kawasan ini menjadi salah satu tempat wisata favorit Singapura untuk dikunjungi. Konon kata pemandu wisata kami, bila belum ke Merlion Park berarti belum ke Singapura.

Area Marlion Park Singapura ini memiliki sebuah tanjung yang memiliki pemandangan indah, dengan sarana dan fasiltas teras tempat duduk yang disediakan untuk para pengunjung, dan satu lagi, di sini juga terdapat dek untuk menonton pertunjukan patung Merlion dari dekat sambil mengabadikan gambar foto dengan latar belakang ikon Singapura ini. Konon, dek ini mampu menampung +/- 300 orang.

Bagi para sahabat yang suka dunia fotografi dan video maker, konon lokasi merlion park Singapura ini memberikan panorama  yang terbaik  dengan latar belakang cakrawala kota Singapura dan Marina Bay yang indah, termasuk gedung-gedung landmark seperti The Fullerton Singapore dan Esplanade semua ini menjadi sebuah kawasan indah tepi laut yang berada di tengah Kota Singapura.

Bagi teman atau pun pembaca setia Direktori Wisata yang akan liburan di Singapura bisa lihat bagaimana kita melakukan perjalanan wisata murah di Singapura dari hasil pengalaman kami menghabiskan liburan di Singapura.

Baca :Wisata Singapura Murah Meriah

Cara ke Merlion Park Singapore kita travelling singapuradapat menyusuri jalan di tepi sungai Singapura dari Raffles Place MRT Station, setalah itu kita dapat mengambil arah keluar dan bisa mengikuti arah peta yang berada di bawah ini.

Disamping menikmati pemandangan yang indah di tempat wisata Singapura Merlion Park ini, di sisi lain kita juga banyak mendapat sebuah pelajaran yang berarti dari sejarah kota kecil yang dulunya menjadi kampung nelayan, dan kita telah menjadi sebuah negara maju dan modern yang bernama Singapura. Dan ini merupakan catatan perjalanan wisata sejarah di Merlion Park Singapura yang Direktori Wisata catat. Semoga dapat memberikan sebuah manfaat bagi para pembaca setia webitse Direktori Wisata ini. Happy Travelling….. []

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

10 Comments

  1. Merlion sebagai icon negara singapura memang bagus. Sayang saya belum kesampaian mau ke singapura, padahal tinggalnya dekat dengan singapura hehe. Salam kenal mas, senang bisa blogwalking disini 🙂

    • Salam kenal kembali mas, benar sekali mas Defi kebetelun ini waktu liburan di Singapura saja mas, sekalian buat artikel konten di sini 😀

  2. Bener-bener ngiler euy pengen ke sini 😀

    • Yuk travelling ke Singapura mas. he,, he, he, 😀

  3. saya baru tau klo tempat patung singa namanya marlion park… tempatya bersih ya kang kayanya.

    • Iya Kang, untuk dudk-duduk enak juga tuh di bawah, baisanya sore atau malam banyak yang duduk di sana. 😀

  4. foto n modelnya bagus 🙂 baby merlionnya mulutnya ada air mancurnya juga mas? inget kami ber-5 perempuan semua, puter2 sewa van di S’pore… eeh cempulek drivernya org Indonesia … seruuu deh jadinya.enjoy travelling ….

    • He,, he,, he,, iya mba, di Singapura sih tidak susah nyari teman untuk travelling, bahkan di sana banyak juga ko orang Indonesia yang senang blusukan, bahkan bisa menjadi teman bareng untuk berbagi informasi kalau kita bingung. 😀

  5. Patungnya memang keren ya, kebanggaan rakyat Singapura

    • Benar mas Patung Merlion ini salah satu kebanggaan rakyat Singapura. 😀

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :