Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Heritage / Wisata Sejarah Dunia Maritim Di Surabaya

Wisata Sejarah Dunia Maritim Di Surabaya

Wisata Sejarah Dunia Maritim Di Surabaya

Direktori Wisata. – Liburan sambil mengenal dunia maritim di kawasan Surabaya salah satunya kita dapat datang ke Monumen Kapal Selam atau sering disebut Monkasel lokasinya berada di Jalan Pemuda No. 39, tepatnya di samping Plaza Surabaya.
museum-kapal-selam-surabayaSesuai dengan nama yang disandangnya “Monumen Kapal Selam”, dilokasi ini terdapat sebuah kapal selam yang berukuran cukup besar yang diberi nama KRI Pasopati, yaitu sebuah kapal selam buatan Rusia yang berjenis 55 tipe Wishkey Class. Menurut informasi yang diterima Direktro Wisata di lokasi,  Kapal Selam KRI Pasopati dibuat tahun 1952 dan mulai digunakan di Indonesia pada tanggal 15 Desember 1952.

Lanjut…..
Walau hanya dengan meggunakan mesin penggerak diesel, kapal selam KRI Pasopati dapat menempuh kecepatan batas maksimum 18,3 knot di atas permukaan laut. Sedangakn untuk di bawah permukaan laut kapal selam ini menggunakan tenaga baterai dengan batas maksimum yang dapat menempuh 13,5 knot. Dari data yang ada di Monumen Kapal Selam, kapal ini memili panjang 76 meter dengan lebar 6,3 meter. Dari data yang ada bisa kita bayangkan tenaga yang dapat menyimpan di dalam baterainya itu pasti besar bukan ?

Konon, kapal selama KRI Pasopati cukup ditakuti oleh pihak musuh yang mencoba mengganggu kedaulatan NKRI. Apalagi kapal selam ini adalah tip kapal selam yang digunakan untuk menghancurkan garis musuh atau yang dikenal dengan “anti-shipping”, megawasi, dan melakukan penggerebekan terhadap pihak musuh secara diam-diam.

Sebagai kapal selam tempur, KRI Pasopati mempu menyelam hingga 250 meter, meskipun kedalaman normal rata-ratanya adalah 170 meter. Dan sebagian TNI RI, kapala selama ini sudah banyak berjasa kepada negara, salah satunya adalah pernah diterjunkan dalam operasi Trikora dalam usaha pembebasan Irian Barat yang sekarang dikenal dengan Papua.

Lanjut…..
Memasuki bagian dalam kapal selam KRI Pasopati, kita akan dapat menyaksikan video yang akan menceritakan tentang sejarah maritim Indonesia. Bukan hanya itu, kita pun dapat berwisata ke dalam semua ruangan isi kapal selam KRI Pasopati dengan memasuki ruangan satu persatu sebanyak tujuh ruangan utama, mulai dari ruangan mesin, ruangan periskop, ruangan tidur awak kapal, hingga ruangan torpedo dengan melalui pintu-pintu palka yang berbentuk cukup kecil. Asyik banget bisa menjelajah kapal selam secara langsung di Monumen Kapal Selam Surabaya ini tentunya.

Baca juga : 13 Destinasi Wisata Pacitan Yang Lagi Trend di jawa Timur

Cara untuk menuju tempat wisata Monumen Kapal Selam di Surabaya ini, kitadapat menggunakan angkutan umum atau kendaraan pribadi. Bila kita menggunakan angkutan transpoertasi kereta api kita dapat turun di Stasiun Gubeng, dan dari stasiun lokasi ini dapat ditempuh +/- 15 menit. Untuk informasi akses jalan menuju Monkasel dapat dilihat di Peta.

Liburan sambil menikmati wisata sejarah dunia Maritim di Surabaya akan membawa kita dalam nunasa petualangan yang penuh dengan sensasi bernilai edukatif. Bukan hanya bagi dunia anak-anak,namun bai kita yang menyukai dunia maritim atau pun milier, bakan dunia fotografi lokasi ini sangat cocok untuk dijadikan tempat pemotretan sebagai koleksi destinasi perjalanan liburan atau pun kegiatan lainnya pada saat berada di Surabaya. Selamat menikmati perjalanan wisata di Surabaya.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

10 Comments

  1. saya sering kesurabaya mas,tp belum pernah melihat kapal selam ini sih.
    taunya cuma jembatan merah sama tunjungan plaza.
    padahal waisata kesini kayaknya menarik ya,jalan2 sambil mengenang sejarah.apalagi ada didalam kapal ada videonya

    • Benar mas, kalau bawa keluarga enak banget ke lokasi tempat wisata sejarah maritim surabaya ini, Pasti senang anak-anak kalau di bawa ke sini.

  2. walah saya koq diwisata maritim juga dapet pertamax yamas

    • Sekalian jaga mas 😀

  3. biarin saya komen sendiri,mumpung internet lg wuss nih

    • Ketahuan bari ngisi apa baru setoran mas, bisa wus gini. 😀

  4. Walah Mas, aku dulu ke situ pas mati lampu. untung masih sempat nonton videonya.:)

    • Untuk masih sempat nonton videonya ya Mba, kalau ga kan sayang…. 😀

  5. cocok untuk wisata edukasi ya kang, agar lebih mengenal sejarah maritim tentang Kapal Selam Pasopati pada jaman perjuangan dulu .. 🙂

    • Benar kang memang Monumen Kapal Selama ini sangat cocok sebagai tempat wisata edukasi dan juga dunia fotograsi kang, karena banyak view yang indah di sana. 😀

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :