Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Jawa Barat / Cianjur / Wisata Sejarah Di Situs Gunung Padang Cianjur, Jawa Barat

Wisata Sejarah Di Situs Gunung Padang Cianjur, Jawa Barat

Menyusuri Tentang Sejarah Peradaban Manusia Di Gunung Padang Cianjur

Direktori Wisata – Situs Gunung Padang Cianjur yang merupakan tempat wisata sejarah tertua peradaban manusia.

Indonesia dikenal sebagai negara yang kaya akan pemberdayaan alam yang indah dan bernilai tinggi, bahkan negeri ini memiliki budaya yang beraneka ragam dari berbagai daerah. Tidak lah heran bila kawsan indonesia memiliki beragam destinasi wisata alam, budaya, dan budaya yang menarik dikunjungi untuk berlibur.

Salah satu destinasi wisata yang sedang di lirik dan mulai mencuri perhatian dunia internasional adalah destinasi wisata Cianjur. Hal ini disebabkan kawasan tersebut dihebohkan dengan penemuan situs tertua  yang berada di kawasan Gunung Padang yang berada di Deaa Karyamukti, Kebupaten Cianjur, Jawa Barat.

Kunjangan Direktori Wisata ke tempat wisata sejarah Gunung Padang Cianjur ini merupakan lanjutan dari perjalanan kami dari obyek wisata Taman Bunga Nusantara Bogor.. Setelah bermalam di kawasan Kota Cianjur satu malam, jalan-jalan keliling Cianjur pun kami lanjutkan menuju ke lokasi obyek wisata sejarah Situs Gunung Padang.

Setelah tiba di lokasi dan membeli tiket masuk kawasan Situ Gung Padang Rp. 4.000, / orang, kami pun mencari beberapa informasi tenatang kawasan destinasi wisata Gunung Padang ini mellalui kantor pusat informasi yang bisa didapatkan dengan mudah oleh petugas yang menjaga di kawasan ini.

Menyusuri Tentang Sejarah Peradaban Manusia Di Gunung Padang Cianjur

Konon informasi yang Direktori Wisata terima dari pusat informasi sertempat, Situs ini telah berumur 14.000 hingga 25.000 tahun. Dan untuk mencapai ke Situs Gunung Padang sendiri terdapat dua akses jalan menuju puncak yaitu dengan melalui tangga buatan manusia modern sepanjang +/- 350 meter atau dengan melalui jalan akses melalui tangga yang ditemukan pada saat Situs Gunung Padang juga ditemukan dengan melalui anak tangga yang berjarak +/- 185 meter, namun jalur jalan akses anak tangga ini sangat terjal dilewati.

Tapi tenang saja, walau terjal namun jaraknya pendek dan dipinggir anak tangga ada pegangan besi yang bisa kita pedang. Untuk berjaga-jaga tidak ada salahnya sebalum melakukan pendakian persiapkan tenaga dan kondisi tubuh, dengan membawa air minum secukupnya untuk perbekalan, dan tetap tertib menjaga prilaku dan sopan santun di lokasi jangan sampai kehadiran kita menggangu segala aktifitas para ilmuan yang sedang melakukan penelitian di tempat.  Yang terpenting jangan buang sampah sembarang di lokasi area wisata Situs Gunung Padang bila sesuaut tidak ingin menimpa perjalanan kita sekembalinya kita dari lokasi.

Konon, kawasan Situs Gunung Padang ini merupakan tempat pemujaan dan juga tempat tapa dulunya. Dan lokasinya sekrang menyerupai punden berundak terbesar di Asia Tenggara. Situs ini tersusun atas lima teras, antara teras yang satu dengan terasa yang lainnya dihubungkan dengan tangga batu. Walau harus melintasi jalur akses jalan yang menanjak agak curam dengan medan yang melelahkan, semua terbayarkan setalh sampai di atas puncak Gunung Padang ini.

Wisata Sejarah Di Situs Gunung Padang Cianjur, Jawa Barat

Di area puncak Gunung Padang ini kita bisa menyaksiikan beragam bentuk tumpukan batu bersejarah yang berbagai rupa. Konon batu-batu ini sudah berumur sangat tua sekitar abad ke-6 hingga 8 masehi. Dari puncak ini kita bisa menyaksikan keindahan Gunung Gede Pangrango.

Hampir di setiap daerah Indonesia tidak terlepas dari sebuah kisah legenda yang berada di tengah masyarakat, hal ini selau menarik bagi Direktori Wisata mencari tahu tentang cerita legenda yang ada di kawasan Gunung Padang itu sendiri.Konon menurut para akhli di situs Gunung Padang mewakili tiga budaya yang berbeda dari sekitar tahun 1.000 sebelum masehi sampai dengan sekitar tahun 10.000 sebelum masehi. Lama bukan ?

Dari cerita legenda masyarakat setempat Gunung Padang ini dulunya sebagai tempat Prabu Siliwangi yang pernah bercita-cita membangun istana di lokasi ini. Konon pada malam-malam tertentu pada saat malam bulan purnama di lokasi puncak Gunung Padang Cianjur ini terlihat cahaya terang dari kejauhan yang dibarengi dengan alunan musik gamelan.

Legenda masyarakat di sini tentu memiliki sebab musababnya yang berada di tempat wisata Situs Gunung Padang ini, ternyata dari penuturan salah seorang sang juru rawat Gunug Padang hal ini disebabkan oleh bebatuan yang ada di lokasi. seperti contohnya di lokasi ini ada batu yang diberinama batu musik yang bila di pukul dengan tangan dapat mengeluarkan alunan seperti musik.

Untuk beberapa batu di area Gunung Padang juga ada yang menyerupai kursi, seperti kursi duduk para raja yang menghadap ke arah Gunung Gede. Konon hal ini  dulunya masyarkat di sini mengikuti titah lehur yang harus mewajibkan untuk menghadap Gunung Gede.saat agama belum hadir di wilayah ini.

Batu Tapak maut Situs Gunung Padang

Masih di lokasi bebatuan Gunung Padang, di lokasi ini pun kita bisa menemukan batu tapak maut, yaitu batu yang terdapat gambar telapak tangan manusia, konon batu ini diebut batu tapak macan yang terjadi pada jaman leluhur dulunya.

Batu Tapak Kujang Situs Gunung Pajang

Ada juga batu yang diberi nama batu tapak kujang, yaitu batu yang menyerupai senjata tradisional orang Sunda. Konon senjata tradisional kujang ini sering dipergnakan oleh masyarakat Sunda  untuk keperluan membella diri atau pun terjun ke dalam medan perang.

Batu parindangan Situs Gunung Padang

Bergeser ke lokasi lain masih di area Gunung Padang, kita bisa melihat batu yag diberi nama batu “parindangan” yang mirip dengan tempat tidur yang biasa dipergunakan oleh para raja untuk beristirahat.

Namun yang tidak kalah menarik bila kita mengunjungi Situs Gunung Padang kita bisa mengikuti dan mengetahui kisah dan asal usul dari Gunung Padang. Kisah yang kami kutip dari ketreangan jsalah seorang juru rawat Gunung Padang tentang asal usul Gunung Padang yang Direktori Wisata terima di lokasi, nama Gunung Padang ini berasal dari bahasa “padang” yang berarti “terang” jadi bila diartikan secara keseluruhan Gunung Padang ini berarti Gunung Cahaya.

Gunung Padang sendri ditemukan pada tahun 1979 oleh Bapak Endi yang berprofesi sebagai juru kunci, Bapak Suma yang berprofesi seabagi RW Kampung Cipangulaan, dan Pak Zaenal Abidin sebagai penilik pendidikan dan kebudayaan. Beliau bertigalah yang melaporkan situs ini kepada pihak pemerintah.

Konon oleh orang jaman dulu kawasan Situs Gunung Padang ini ditemukan sebagai tempat pemujaan dan juga sebagiai tempat tapa atau yang dikenal sebagi tempat mengenang atau menafakuri orang yang dulu yang menata lokasi Gunung Padang seperti para leluhur dulunya.

Yang menarik bagi kami pada saat mendapatkan penjelasan dari petuas yang bersangkutan mengenai Gunung padang yang dikaitkan dengan bahasa Megaliticum, beliau menjabarkan bahwa “mega yang berarti besar” “lit yang berati batu” “kum yang berarti tempat pernah dihuni manusia”

Itulah dari beberapa informasi dalam catatan kecil yang Direktori Wisata dapatakan di lokasi dalam perjalanan wisata sajarah yang ada di kawasan Cianjur, Jawa Barat yang merupakan salah satu tempat wisata yang menggambarkan salah satu keindahan pesona wisata Cianjur yang indah dengan berbagai kisah dan cerita menarik untuk kunjungi.

Bagi masyarakat dan penduduk setempat, batu-batu di lokasi situs Gunung Padang ini memiliki makna dan pesan tersendiri. Karena budaya menulis sudah ada pada saat nenek moyang mereka yang telah melakukannya terlebih dahulu di atas batu. Bahkan hal tersebut bisa diartikan bahwa seruan untuk belajar dan menuntut ilmu itu memang sudah ada dari jaman dulu kala. Pesan-pesan itulah yang menjadi pegangan dasar bagi masyarakat desa tersebut.

Untuk menuju kawasan situs Gunung Padang kita bisa mengikuti jaur akses jalan yang terdapat dalam peta yang ada di bawah ini.

Mengisi liburan jelan-jalan keliling Cianjur kita bukan hanya dapat menyaksilkan keindahan alamnya yang sejuk nan indah. Namun, kita bisa banyak mendapatkan segala informasi tentang sejarah yang bernilai tinggi dengan beragam bentuk kisah cerita yang menelatar belakangi semua kisah yang terurai panjang hingga kini belum terpecahkan. hingga kini. Yuk wisata ke Situs Gunung Padang.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

4 Comments

  1. iya kang, saya juga sudah sempat membaca beberapa informasi dan berita tentang situs gunung Padang tersebut.. usianya katanya lebih tua dari piramid di Mesir ya kang,… salah satu kebanggaan budaya Indonesia yg harus dijaga dan dilestarikan juga Situs Gunung Padang ini …

    • Benar kang, bhak isu dari para akhli konon situs Gunung Padang ini dikabrkan lebih besar dari Borobudur. Mudah-mudhan saja Kang bisa cepat terungkap yang ada di Situs Gunug Padang ini ya….

  2. Menarik banget! Dari dulu mo ngetrip ke Gunung Padang ada aja halauannya. Pas balik ke barat mo ditekadin mlipir kota Cianjur lanjut Gunung Padang deh hehehe

    • Jalan-jalan ke Situs Gunung Padang klau tidak dinatkan dengan kuat terkeadang seperti itu Lim, ada saja godaannya . Padahal sih tempatnya hanya seperti itu. Tapi kalau sudah samai di lokasi, semua akan terbayarkan bro indah banget dan banyak informasi yang bisa di dapat di sana dan ketemua sama para ilmuan sejarah. Apalagi kalau hobi atau cinat dengan sejarah dan geologi, tempat ini jadi tempat yang asyik banget. O, ya bro jangan lupa bawa kamera kelau ke sini banyak view yang indah kalau cuaca lagi bagus.

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks :Ad Views :