Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Jawa Barat / Bandung / Wisata Sejarah Di Kantor Pos Besar Bandung

Wisata Sejarah Di Kantor Pos Besar Bandung

Wisata Sejarah Di Kantor Pos Besar Bandung

Direktori Wisata. – Berwisata di Kota Bandung kita dapat menemukan bangunan perkantoran yang tidak lepas dari sejarah Pemerintahan Kolonial Belanda yang terdapat di Kota Bandung. Dan salah satunya adalah Kantor Pos Besar  Bandug yag cukup menarik minat banyak orang untuk sekedar mengetahui dengan megulas sejarah dari bangunan ini.

kantor-pos-besar-bandungDi antara padatnya arus lalu lintas yang melintas di Jalan Asia Afrika Bandung, dan panasnya mahatahari di siang hari, mengarahkan sudut pandang mata Direktori Wisata ke salah satu bangunan bersejarah yang dibangun pada masa Pemerintah Kolonial Belanda ini. Konon, bangunan ini dulunya disebut Posten Telegraf Kantoor yang berarti dalam bahasa Indonesia  Kantor pos dan telegraf, sekarang berubah dan dikenal orang sebagai Kantor Pos Besar Bandung.

[the_ad id=”13726″]

Memasuki area ruangan Kantor Pos Besar Bandung, seakan kita larut dan merasakan seperti berada di dalam sebuah aula besar. Nuansa tempo dulu begitu sangat kental di dalamnya, hingga membawa diri kita merasakan kembali pada masa Kolonial Belanda tempo dulu. Bentuk ruangan luas yang memiliki pilar-pilar besar dan tinggi dihiasi oleh ornamen-ornamen tempo dulu melengkapi pemandangan seni desain arsitektur yang bisa kita nikmat di dalam ruang utama Kantor Pos Besar Bandung ini.

Dari informasi yang diterima Direktori Wisata di lokasi, konon gedung ini dibangun dengan memakan waktu 3 tahun, yaitu dari tahun 1928 hingga tahun 1932. Sang arsitek bangunan Kantor Pos yang bernama J.Ven Gendt menerapkan sebuah desain gaya arsitektur modern yang fungsional, dikenal dengan sebutan “Art Deco Geometrik” yang dipadu dengan desain atap bangunan bergaya tropis.

Baca juga : Tempat Wisata Lembang Bandung Untuk Liburan

Hal menarik dari informasi Drektori Wisata dapatkan, konon lokasi gedung perkantoran Kantor Pos Besar Bandung ini memiliki  sebuah sumber mata air yang menjadi tumpuan bagi masyarakat sekitar sejak era tahun 1800-an. Hal ini diperkuat dengan adanya sebuah sumur pompa yang ada di dalam bangunan tersebut sebagi penyuplai air bersih kepada penduduk sekitar yang berdekatan dengan bangun ini sejak tahun 1920-an. Keberadaannya hingga sekarang masih dipertahankan dan dipergunakan sebagai tempat mengambil air wudhu atau kepentingan yang lain.

Baca juga : Jelajah Wisata Kota Bandung

Layaknya sebuah kota dalam konsep kolonial tempo dulu, letak bangunan Kantor Pos Besar Bandung terletak dipusat kota di Jalan Asia Afrika, Kota Bandung yang sangat strategis, dan jaraknya +/- 50 meter dari Alun Alun Kota Bandung, dan berseberangan dengan bangunan tua yang bernilai bersejarah yaitu Hotel Swarha.

Untuk informasi keberadaan lokasi destinasi wisata dapat dilihat di dalam Peta Kantor Pos Besar Bandung

[arve url=”https://www.google.com/maps/embed?pb=!1m14!1m8!1m3!1d990.1858441878313!2d107.61153999999999!3d-6.9212509999999865!3m2!1i1024!2i768!4f13.1!3m3!1m2!1s0x2e68e62f13d609f3%3A0x943ecab3a13c50c9!2sGedung+Kantor+Pos+Besar!5e0!3m2!1sid!2sid!4v1423029354685″ mode=”normal” align=”center” promote_link=”yes” /]

Kantor Pos Besar Bandung bukan hanya merupakan sebuah perkantoran yang dapat dijakan sebagai tempat pengiriman surat menyusrat bahkan barang untuk dikirim. Namun lokasi ini bisa menjadi sebagai tempat wisata sejarah yang menarik bagi kita yang ingin tahu lebih banyak tentang perjalanan sejarah, hingga seni desain arsitekturnya yang dapat menjadi sebuah destinasi wisata edukasi. Semoga bermanfaat dan selamat menikmati liburan di Kota Bandung.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :