Wisata Sejarah Alam Cagar Budaya Rambut Monte di Blitar, Jawa Timur

posted in: Blitar | 0

Surga Liburan Peninggalan Bernilai Historis Dengan Suasana Alam Yang Indah di Kota Blitar, Jawa Timur

Direktori Wisata – Objek wisata alam dan sejarah yang menyajikan pesona keindahan alam indah dengan beragam kisah sejarah peninggalan Majapahit di Kota Blitar, Jawa Timur.

Mengisi liburan sambil mengenal sejarah kebesaran bangsa Indonesia tidak terlepas dari salah satu nama kerajaan yang memiliki nama besar yaitu Kerajaan Majapahit. Bila sahabat Direktori Wisata Indonesia berkunjung di Kota Blitar maka kita akan menemukan salah satu objek wisata di Blitar Jawa Timur yang juga merupakan situs cagar budaya yang memiliki latar belakang sejarah dengan kerajaan Majapahit yakni objek wisata Rambut Monte.

Situs Candi Rambut Monte Blitar Jawa Timur

Objek wisata Rambut Monte Kediri Jawa Timur ini informasi yang Direktori Wisata Indonesia terima di lokasi dari petugas setempat situs bersejarah sekaligus cagar budaya Rambut Monte ini sudah ada sejak jaman Kerajaan Majapahit.

Situs atau candi Rambut Monte bila kita perhatikan berbentuk segi empat, dan informasi yang Direktori Wisata Indonesia terima dari petugas setempat, candi tersebut terbuat dari batu andesit berukuran sekurangnya 292 cm persegi.

Di tempat wisata Kediri Jawa Timur ini tidak hanya terdapat sebuah candi peninggalan zaman Majapahit, namun kita juga dapat menemukan sebuah telaga yang diberi nama telaga Rambut Monte yang ditengah-tengah danau tersebut terdapat sumber mata air yang berwarna biru.

Objek Wisata Alam Telaga Rambut Monte Blitar Jawa Timur

Daya tarik utama objek Wisata Rambut Monte Kediri Jawa Timur adalah keberadaan telaga terlihat sangat alami dengan airnya yang jernih. Dari pengamatan Direktori Wisata Indonesia di lokasi, telaga ini tampak asri dan selaras dengan lingkungan yang ada di sekelilingnya.

Jika kita diperhatikan dengan seksama, ada yang unik dari Telaga Rambut Monte. Ternyata telaga ini dihuni oleh ikan langka yang tidak dapat dijumpai di tempat lain. Konon informasi yang Direktori Wisata Indonesia terima di lokasi, ikan tersebut adalah Ikan yang dikeramatkan oleh masyarakat setempat.

Lanjut informasi….
Menurut cerita legenda yang beredar di masyarakat lokal setempat, ikan-ikan ini merupakan jelmaan dari murid-murid Resi Rambut Monte. Mereka lalai akan tugas yang diberikan sang Resi atau guru, sehingga dikutuk menjadi ikan dan mendiami Telaga Rambut Monte untuk selamanya.

Menurut informasi dari kisah legenda warga asli Blitar yang Direktori Wisata Indonesia temukan di lokasi, konon pada sekitar zaman Majapahit, terjadi pertempuran sengit antara Rahwana (tokoh jahat dalam pewayangan) yang dibantu seekor naga melawan Mbah Monte.

Dalam pertempuran tak seimbang satu lawan dua itu dimenangkan oleh Mbah Monte yang konon masih trah dari kerajaan Majapahit. Singkat cerita Rahwana yang dilukiskan sebagai tokoh angkaramuraka dan naga tersebut bertekut lutut, dan kemudian dia dikutuk menjadi Candi Monte yang berbentuk monyet dan batu relief naga.

Sedangkan untuk Ikan Dewa sendiri (masih menurut Mbah Sarimin), merupakan wujud dari seorang muridnya yang diminta untuk menjaga candi tersebut tapi ngembelo tidak mematuhi perintah.

Karena jengkel (kesal hati), maka murid tersebut di kutuk menjadi Ikan Dewa yang sekarang ada di Telaga Rambut Monte tersebut. Sampai sekarang Ikan Dewa tersebut masih ada, dan informasi yang Direktori Wisata Indonesia terima di lokasi kono, masih dalam jumlah yang tetap sama.

Masyarakat setempat sangat menyakini ikan keramat tersebut tidak boleh disentuh atau dimakan. Dan untuk menjaga kelestarian lingkungan di objek wisata Blitar Jawa Timur ini, sebaiknya kita dapat menghormati kisah cerita legenda dan kepercayaan masyarakat setempat.

Kunjungi juga : Tempat Wisata Blitar kampung Coklat

Kawasan objek wisata Rambut Monte terletak di sebelah kanan jalan setelah memasuki Desa Krisik. Jika sahabat Direktori Wisata Indonesia dari arah Malang via Batu bisa mengambil arah ke Pujon – Ngantang – Waduk Selorejo ke kiri – Krisik.

Untuk menuju ke lokasi objek wisata Rambut Monte Blitar Jawa Timur, sahabat Direktori Wisata Indonesia dapat mengikuti jalur akses jalan yang terdapat di dalam peta petunjuk di bawah ini.

 

Follow Direktori Wisata:

Direktori Pariwisata Dunia menyajikan keragaman tempat wisata dunia dengan keindahan alam, budaya dan kearifan lokal serta wisata kulinernya.