Oh Snap!

Please turnoff your ad blocking mode for viewing your site content

Wisata Rohani Di Rumah Yatim-Dhuafa, Bogor

Liburan Di Rumah Yatim-Dhuafa Bogor

Direktori Wisata – Bogor tidak hanya menyajikan panorama keindahan alam yang menjadi tempat berwisata yang eksotis, namun kawasan ini dapat menjadi tempat wisata refleksi hati. Kawasan ini juga menyajikan obyek wisata yang bisa menjadi tempat sebagai pembelajaran untuk berbagi dan kebersamaa yang indah.

wisata-rohani-rumah-yatim-dhuafa-bogor

Di akhir minggu dan bulan Mei 2015 perjalanan liburan yang direncanakan oleh beberapa rekan Direktori Wisata bersama Ikatan Alumni SMA Negeri 1 Jakarta lintas angkatan untuk berlibur di kawasan Bogor untuk mengunjungi Rumah Yatim Dan Dhuafa Pondok Pesantren “Hidayatullah” yang berada di Kampung Bojong Hilir, Rt 02/ Rw:10. Desa Bojong, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, akhirnya berjalan lancar sesuai dengan rencana.

Dengan menempuh jarak waktu tempuh +/- 1,5 jam dari Jakarta, perjalanan wisata rohani yang harus kami lalui akhirnya dapat sampai dengan waktu yang telah ditetapkan dan lancar tanpa rintangan apapun. Walau ada beberapa kontur jalan menuju pedesaan yang berbukit dengan tanjakan dan turunan yang sangat menantang, namun semua itu bisa kami lalui tanpa halangan apapun.

rumah-yatim-dhuafa-ponpes-hidayatullah-bojong-bogor

Suasana alam disekitaran pondok pesantren yang hijau terkesan alami ini menyambut kehadiran kami beserta rombongan di lokasi. Kicauan suara burung yang hinggap di ranting-ranting pohon pun ikut menyambut dengan suka cita. Langkah kaki yang menapak disetiap kontur lahan dengan anak-anak tangga yang tersusun rapih trebuat dari tanah merah dan disanggah oleh kayu, menghantarkan kami hingga sampai di lokasi pendopo yang berada di area lokasi.

rumah-yatim-dan-dhuafa-bogor

Di dalam pendopo yang letaknya berada di dalam area pondok yang masih terlihat alami, kehadiran kami pun di sambut dengan para penghuni dan pengurus Pondok Pesantren. Terlihat senyum dan keluguan dari anak-anak ini pun tidak kalah dalam memberikan sambutan hangat kepada rombongan yang ikut hadir di lokasi.

Disamping beberapa acara kata sambutan dan silaturahmi kami dalam mengisi liburan di kawasan Rumah Yatim Dan Dhuafa Bogor. Beberapa barang yang diamanahkan kepada rombongan untuk disampaikan kepada pengurus setempat untuk keperluan dan kegiatan aktifitas belajar mengajar di Pondok Pesantren ini.

sumbangan

Satu persatu sumbangan barang yang di bawa oleh rombongan pun dibawa oleh beberapa pengurus dan anak-anak pondok pesantren untuk di taruh di tempat yang telah ditentukan. Bila kita lihat dari dekat lokasi kawasan ini terlihat masih terlihat asri dan alami, banyak pohon-pohon rindang yang masih tumbuh di sekitar kawasan area lokasi.

Dari informasi yang diterima oleh Direktori Wisata dari Bp. Zoel sebagai pengurus sekaligus pengelola area lokasi yang menampung 80 orang anak-anak Yatim Dan Dhuafa laki-laki ini mengatakan bahwa. ” Disamping memberikan tempat tinggal yang layak bagi anak-anak asuh mereka yang ada di pondok pesantren ini, anak-anak asuhnya pun diberikan pendidikan sekolah formal yang ditempatkan di sekolah-sekolah di sekitar daerah tersebut. Dan semua ini diberikan secara cuma-cuma bagi anak-anak tersebut.”

rumah-yatim-dhuafa-bogorMenikmati liburan di alam terbuka bersama anak-anak di Pondok Pesantren “Hidayatullah” Bogor kami pun dapat merasakan kebersamaan dan kecerian mereka. Disamping beberapa permainan yang kami lakukan untuk menghibur dan bermain bersama mereka, kami pun dapat melihat dan merasakan langsung kecerian bersama di lokasi.

rumah-yatim-dhuafa-bogo

Bermain dan belajar, merupakan sebuah konsep yang bisa diterapkan untuk menciptakan kebersamaan diantara kami bersama mereka. Ditunjang dengan lokasi yang masih terlihat alami kami bermain bersama, tawa, canda, dan komunikasi pun terjadi di anaara kami bersama mereka. Wajah-wajah mereka yang imut pun tidak menjadi sebuah kenangan yang selalu kami kenang pada saat bermain dan bercanda bersama mereka. ( Baca : Manfaat Travelling Untuk Anak ) rumah-yatim-dhuafa-kabupaten-bogorMengisi liburan bersama keluarga atau pun kerabat, tidak hanya mengunjungi obyek wisata di lokasi alam terbuka. Namun, dengan liburan seperti mengunjungi ke Rumah Yatim Piatu Dan Dhuafa seperti ini, kita juga dapat merasakan liburan yang lebih banyak manfaat. Terutama bagi kita yang menjalankannya bersama keluarga. Banyak pembelajaran yang bisa kita ambil dengan hikmat yang tersirat dalam kehidupan yang bisa langsung kita rasakan dengan konsep liburan seperti ini.

wisata-rohani-rumah-yatim-dan dhuafa

Dari pengalaman perjalanan wisata rohani di Rumah Yatim Piatu Dhuafa, Bogor. Selain rasa  kebahagian dan kebersamaan yang bisa kami temukan di tempat wisata seperti ini. Kami bisa saling mengenal dan lebih dapat menghargai satu dengan yang lainnya. Terutama kita bisa saling mengingatkan dengan sikap positif nyata di antara kami, bahwa liburan pun bisa memberikan sesuatu yang bisa lebih bermanfaat asal dikemas dengan niat yang tulus dan ikhlas.

Terimakasih Bp. Zoel yang telah memberikan kesmpatan kepada kami untuk melihat dari dekat kegiatan Rumah Yatim Piatu Dhuafa dari Pondok Pesantren “Hidayatullah”. Bagi para pembaca setia Direktori Wisata yang akan mengunjungi lokasi atau memberikan sumbangan bagi kegiatan Rumah Yatim Piatu Dan Dhuafa dapat langsung menghubungi pengurus yang bertanggung jawab di sana yaitu Bp. Zoel telepon HP : 0813-22207212 / +062813-222-07212. []

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
  • stumbleupon
This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks :Ad Views :