Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Wisata Religi Umbul Jumprit di Temanggung Jawa Tengah

Wisata Religi Umbul Jumprit di Temanggung Jawa Tengah

/
/

Umbul Jumprit: Jejak Ritual peninggalan Hindu Budha Lereng Gunung Sindoro Tumanggung

Direkttori Wisata – Jejak ritual di situs peninggalan Hindu Budha di lerang Gunung Sindoro dengan nilai histori Ki Jumprit di Kabupaten Temanggung.

Kabupaten Temenggung selain memiliki kekayaan wisata alam yang indah, kawasan ini memiliki destinasi wisata religi yang menyimpan kisah menarik untuk ditelusuri. Salah satu obyek wisata Temanggung tersebut adalah Umbul Jumprit atau yang dikenal dengan nama sendang Jumprit.

Umbul Jumprit Temanggung Jawa Tengah

Destinasi wisata Temanggung Umbul Jumprit merupakan sumber mata air yang terletak di desa Tegalreja kec. Ngadirejo kab .Temanggung yang berada di ketinggian sekita 2.100 dpl dan masuk dalam kawasan lereng Gunung Sindoro yang merupakan salah satu peninggalan Hindu Budha yang ada di Kabupaten Temanggung.

Asal mula Umbul Jumprit ini penuh nuansa cerita legenda sehingga peninggalan dikawasan ini juga mengandung unsur nilai historis yang tinggi terutama berhubungan dengan peninggalan kerajaan Majapahit yang mirip dengan peninggalan kerajaan ini di Mojokerto Jawa timur.

Tempat wisata Temanggung Umbul Jumprit ini sering dikaitkan dengan petilasan ki kyai Jumprit yang disinyalir berasal dari kerajaan Majapahit yang bersemayan dikawasan ini dengan melakukan kegiatan semedi yang mengamalkan ilmu dan kesaktian kepada masyarakat selama ratusan tahun hingga ia beliau menghilang tanpa jejak.

Semua kisah tentang ki kyai Jumprit itu terdapat dalam serat centini yang menceritakan ia seorang ahli nujum yang sakti mandraguna dan seorang putra prabu Sriwijaya dari Kerajaan Majapahit kala itu.Kini ki kyai Jumprit telah lama tiada dan petilasan ki Jumprit dapat ditemukan dalam kawasan Jumprit.

Umbul Jumprit dikenal sebagai sumber mata air suci dan menjadi tempat pengambilan air suci untuk upacara trimurti waisyak yang sering dilakukan di Candi Borobudur, maka tidak heran jika dekat hari raya waisak tiba, Kawasan daerah ini cukup ramai karena di kunjungi para biksu dan umat Budha untuk mengambil air dari sini.

Di luar perayaan waisak Umbul Jumprit juga biasa  di datangi pengunjung khususnya pada hari sakral menurut orang jawa seperti malam selasa kliwon dan jum’at kliwon. Konon informasi yang Direktori Wisata Indonesia terima di lokasi dari salah seorang petugas setempat, para pengunjung tersebut mempunyai niat ritual penyucian diri seperti kungkum semacam ritual rendam tubuh dalam air.

Kawasan wisata religi Temanggung di Umbul Jumprit juga banyak memiliki potensi wisata. Selain obyek wisata alam Umbul Jumprit dalam kawasan ini terdapat bumi perkemahan,pemandangan alam yang indah apalagi jika kita naik ke atas sedikit menuju jalan ke Wonosobo maka kita akan di suguhkan pemandangan yg cukup indah .

Tidak kalah menarik di kawasan Umbul Jumprit ini juga menjadi kawasan hunian monyet ekor panjang yang jumlahnya cukup banyak dikawasan ini yang mencapai puluhan dan tidak pernah berkurang populasinya. Tapi tenang saja, kawanan satwa itu tidak mengganggu.

Baca : Wisata Alam Bukit Posong Lembah Gunung Sindoro Temanggung

Untuk mencapai kawasan Umbul Jumprit ini kita dapat mengunakan beberapa jalur akses jalan yaitu jalur dari Magelang, Semarang dan Yogyakarta. Untuk informasi selanjutnya sahabat bisa melihat jalur akses dari Temanggung menuju Umbul Jumprit melalui google map.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :