Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Bali / Wisata Pura Uluwatu di Kabupaten Badung Bali

Wisata Pura Uluwatu di Kabupaten Badung Bali

Pesona Keindahan Pura Di Atas Anjungan Batu Karang di Bali

Direktori Wisata. – Pura Uluwatu salah satu tempat wisata yang berada di selatan Kabupaten Badung, Bali. Pura ini berada di atas anjungan batu karang tinggi yang menjorok ke laut dan menghadap ke Samudera Hindia.

Pura Uluwatu Bali

Konon dari informasi pemandu wisata Bali, Uluwatu dalam bahasa Sansekerta bila dijabarkan menjadi “ulu” yang berarti puncak; sedangkang “watu” berarti batu. Jadi nama Pura Uluwatu ini bila kita lihat dan merjuk dari arti dari baha sansekerta sama seperti posisi lokasinya yang berada di ujung batu.

Pura Uluwatu Bali

Pemandangan bangunan pura yang berdiri di ujung batu karang laut yang terjal ini letaknya konon memilik ketinggian +/- 97 meter meter di atas permukaan laut. Suasana bentangan alam dengan cuaca cerah yang memancarkan pesona keindahan lukisan warna biru langit dan awan yang indah di atas pantai tebing yang curam berwana air laut nan hijau kebiru-biruan.

Objek Wisata Pura Uluwatu Bali

Cuaca cerah membuat Direktori Wisata menyusuri jalan setapak yang cukup panjang di kawasan Pura Uluwatu. Terlihat pagar beton di sisi-sisi tebing yang terpasang sebagai pembatas agar kita para pengunjung atau pun wisatawan yang datang merasa aman dan nyaman. Kita dapat memandang area disekitar bukit-bukit tebing yang indah Bagi yang membawa dan hobi foto, lokasi ini sangat di referensikan untuk menghasilakn view pemandangan yang bagus dengan titik spot yang indah.

Baca juga : Tempat Wisata Honeymoon Pantai Karma Kenara Bali

Namun, kita harus berhati-hati menjaga barang bawaan kita seperti kamera, dompet bahkan kalung dan gelang perhiasan, karena di lokasi ini monyetnya cukup jahil. Bila kita memiliki masalah dengan monyet sebaiknya melapor kepada petugas yang ada di sekitar pura.

Halaman Luar Pura Uluwatu Bali

Memasuki halaman luar Pura Uluwatu Bali kita akan disambut dengan subuah gerbang Candi Bentar yang berbentuk sayap burung yang melengkung. Konon menurut informasi, gerbang tersebut menajdi pintu masuk menuju halaman tengah atau yang disebut dengan jabaan tengah ini merupakan salah satu peninggalan arkeolgi abad ke-16.

Pintu Gerbang Candi Kurung Pura Uluwatu Bali

Setelah itu untuk mencapai jeroan pura, kita akan melewati sebuah Candi Kurung yang di depannya terdapat sebuah patung penjaga candi yang disebut dwarapala dengan bentuk arca Ganesha. Sebagai informasi, untuk menghormati kesucian pura, bagi para wisatawan tidak diperkenankan untuk dapat masuk ruang utama pemujaan, sebab hanya umat Hindu yang akan melakukan ritual sembahyang saja yang dapat masuk ke lokasi tersebut.

pura-uluwatu-bali

Konon di dalam ruang utama Pura Uluwatu tersebutlah terdapat sebuah parasada, yatu tempat moksanya Dang Hyang Nirartha. Dan menurut cerita masayrakat setempat, pura ini telah dibangun sejak abad ke-11 oleh Mpu Kuturan. Yang pada saat itu, Pura Uluwatu menjadi tempat pemujaan Dewa Rudra untuk memohon keselamatan.

Selain membangun sebuah pura, Mpu Kutura dipercaya telah mewariskan aturan dan tata tertib bagi desa-desa adat di sekitar yang masih dikenal sampai sekarang.

pura-uluwatu-bali

Lanjut….
Empat abad kemudian, sekitar abad ke-16, Dang Hyang Nirartha seorang penyebar agama Hindu dari jawa Timur memutuskan untuk moksa yaitu menyatu dengan alam atau yang disebut kembali kepada keharibaan dewata di pura ini.

Dari hasil penelusuran Direktori Wisata di lokasi dalam bahasa setempat moksa berarti ngeluhur. Tidaklah heran bila kita juga mendengar untuk penyebutan pura ini juga disebut sebagai Pura Luhur Uluwatu. Itulah sekilas informasi yang Direktori Wisata dapatkan pada saat mengunjugi Pura Uluwatu Bali.

Baca juag : Wisata di Goa Lawah Klung Bali

Informasi tambahan, untuk memasuki kawasan wisata Pura Uluwatu kita atau pengunjungi dikenanakan baiaya tiket masuk secara umum. Baik itu wisatawan domestik maupun mancanegara.

Lokasi obyek wisata Uluwatu Bali ini memiliki kawasan area parkier yang cukup luas, dan memiliki sarana yang memadai. Di sekiaran lokasi pun banyak berdiri rumah makan dan penginapan. Jadi kita pun tidak perlu repot untuk mencari dan mendapatkan lokasi untuk beristirahat didekat tempat wisata Pura Uluwatu Bali ini.

Baca juga : Wisata di Pura Taman Saraswati Ubud Bali

Akses Menuju Lokasi Wisata Pura Uluwatu Bali
Untuk menuju lokasi wisata Pura Uluwatu Bali kita dapat dapat ditempuh dari Kota Denpasar dengan menggunakan kendaraan mobil atau motor dengan jarak tempuh +/- 30 km. Dan jalur akses jalan menuju obyek wisata Pura Uluwatu Bali ini dapat dilihat di dalam Peta.

Wisata Pura Uluwatu Bali akan memberikan kita mengenal lebih dekat sebuah nilai tradisi lokal masyarakat Hindu Bali. Dengan panorama pemandangan alam perbukitan batu karang yang indah dengan latar belakang laut langsung menuju samudera lepas. Kawasan ini memiliki titi spot yang indah bagi yang suka dunia fotografi, bagi kita yang akan melakukan pemotretan untuk pesta pernikahan lokasi ini bisa menjadi sebuah refrensisebagai tempat pengambilan foto atau pun film yang bagus.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

5 Comments

  1. Wah bisa ke puranya, biasanya ombaknya gedhe jadi susah buat ke puranya. 🙂

    • Loh, ko Ombak Mba ? Ini di Pura Uluwatu bukannya di Tanah Lot mba. 😀

  2. Salah satu tempat yang sering dikunjungi saat ke Bali ya ke Uluwatu ini. Benar-benar indah 🙂

    • Kalau sudah Ke Uluwatu bisa sampai sore di sini Kang. 😀

  3. Bali memang menjadi Pusat wisata indonesia yang paling banyak menyumbang turis asing. Wisata yang ditawarkan juga beragam dan tentunya unik dan keren

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :