Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Sulawesi / Wisata Pulau Togean: Eksotisme Keindahan Pulau Togean

Wisata Pulau Togean: Eksotisme Keindahan Pulau Togean

Wisata Pulau Togean: Eksotisme Keindahan Pulau Togean

Direktori Wisata – Kepulauan Togean dikenal sebagai bagian dari corel triangle alias segitiga koral yang menghubungkan antara Indonesia, Malaysia, Papua Nugini, Filipina, Kepulauan Solomon, dan Timor Leste. Perairan Togean juga merupakan bagian dari belahan surga yang ada di bumi Nusantra, dan menjadi destinasi para wisatawan diver dunia.

wisata-pulau-togeanPulau Togean terletak di kawasan lautan tropis, memiliki pantai yang terjaga bersih dan memiliki pertumbuhan koral serta karang yang sangat baik untuk perkembangan biota laut. Konon berdasarkan penelitian kawasan ini memiliki 500 spesies koral di setiap eco-region. Walau terletak cukup jauh dari kota yang berpenduduk padat. Namun kawasan ini memiliki eksotisme keindahan wisata pantai yang sangat indah.

Mengunjungi kawasan wisata Pulau Togean, kita dapat melakukan kegiatan meyelam dengan perairan yang jernih hingga tembus ke dasar koral. Bagi yang tidak suka dengan dunia menyelam, kita dapat melakukan bernenag di perairan dengan menggunakan snorkel dengan menikmati keindahan bawah laut dengan aneka biota lautnya.

Kawasan untuk penyelaman yang paling terkenal di Togean ada di Pulau Kadidiri. Di kawasan ini arusnya cukup tenang, memiliki pantai indah dengan pasir putih dan deretan batu karang di tepi pantai. Sedangkan untuk lokasi penyelaman di Pulau Kadidiri terdapat sebuah dinding karang vertikal yang berbentuk memanjang dari utara ke selatan. Di sinilah kita akan menikmati pemandangan yang menakjubkan berupa biota laut, koral dan terumbu karang dengan warna-warni yang indah. Arus laut yang bersahabat dengan variasi kedalam 5 – 30 meter yang dihangati sinar matahari, membuat kita betah bermain di dasar air.

Bagi yang tidak suka menyelam dan main di dasar laut, kita bisa berjalan menyusuri pantai sambil memanjakan diri dengan aktivitas memotret pemandangan yang indah. Penduduk yang ramah dan kehidupan setempat yang ramah merupakan moment unik dan indah untuk kita lupakan pada saat melakukan perjalanan wisata ke daerah Pulau Togean dan Pulau Kadidiri. Bila ada waktu luang kita dapat menikmati wisata sejarah mengenal Kerajaan Togean.

Untuk Penginapan Wisata Di Togean :
Kawasan Nasional Kepulauan Togean memiliki beragam penginapan wisma, dan cotage dengan tarif sewa penginapan yang beragam dari harga sekitaran Rp. 150.000,- / malam hingga Rp. 400.000,- / malam. Namun, bagi kita yang akan merasakan berbaur dengan kehidupan masayrakat lokal setempat, kita dapat mencoba untuk tinggal di rumah penduduk setempat sambil merasakan keramahtamahan masyarakat lokal yang suka berbagi cerita kepada para tamu atau wisatawan yang berkunjung ke kawasan ini.

Rute Perjalanan Ke Pulau Togean :
Bila kita akan ke Pulau Togean, kita bisa melalui Luwuk, dengan memanfaatkan jalur udara dengan menggunakan pesawat terbang dari Jakarta, Semarang, Surabaya, Denpasar, Palu, Manado dan Makasar. Atau bila kita mengunakan kapal laut Pelni menuju Luwuk dari Makasar dan Manado.

Bagi kita yang akan menggunakan jalan darat menuju Pualu Togean, kita dapat menggunakan jalan darat rute Batui-Luwuk-Pagimana-Bunta-Ampana, dan perjalanan ini dapat ditempuh selama depalan jam. Dan perjalanan Laut Ampan ke Togean dapat ditempuh dengan waktu selama tiga jam.

Jika kita mendarat di Palu, perjalanan darat menuju Pulau Togean melalui jalur darat, kita dapat menuju ke Ampena melalui Poso yang berjarak +/- 375 km, dan dapat ditempuh dengan waktu perjalanan +/- 10 jam melalui perjalanan darat dengan menggunakan mobil. Selama perjalanan kita akan dimanjakan dengan keindahan kebun kopi dan pemandangan gunung serta pantai di garis khatulistiwa.

Namun, bila, apabila kita kita melalui Gorontalo untuk menju Pulau Togean, kita dapat melakukan perjalanan ke Marisa. Dari Gorontalo, perahu hanya berlayar setiap hari Rabu, sedangkan dari Ampana, perhau hanya berlayar setiap hari Senin, Selasa, Kamis dan Minggu.

Setibanya kita di daerah Ampana, kita dapat mengunjungi Kantor Balai Taman Nasional Kepulauan Togean yang beralamat di Jalan Poros Uemalingku Atas, Kecamatan Ampana, Kota. Di tempat inilah kita akan mendapatkan segala informasi tentang Taman Nasional Kepulauan Togean.

Informasi destinasi wisata tentang kepulauan Togean ini dapat memberikan gambaran dan membantu para pembaca setia Direktori Wisata dapat dengan mudah berkunjung ke kawasan wisata Togean untuk menikmati eksotisme keindaha Pulau Togean.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

6 Comments

  1. Saya kira nama togean sama kaya tanaman toge,, ternyata amazing banget,, kayanya tempatnya indah.

    salam

    • Togean terkenal dengan kawasan wisata observasi dan alam yang indah Sob, danini merupakan salah satu keindahan alam Indonesia.

  2. sebenarnya baru dengar nama pulau togean namun melihat keindahan pantania nampaknya pulau ini layak untuk di kunjungi

  3. luar biasa ya keindahan alamnya, pasti sangat betah nih kalau tinggal di daerah tsb, soalnya daerahnya masih sangat alamai 🙂

  4. ternyata pulau-pulau terluar tidak kalah Indahnya sebagai obyek wisata ya kang, contohnya Pulau Togean, kalau dilihat dari foto-foto di atas sangat indah pemandangannya..

    • Semakin banyak kita tahu Indonesia, semakin kita tidak bisa membayangkan betapa kita harus tetap bersyukur di lahirkan di Indonesia ini ya Kang. 😀

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :