Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Sumatera / Aceh / Wisata Pulau Telaga Tujoeh: Kisah Legenda Pulaunya Alim Ulama

Wisata Pulau Telaga Tujoeh: Kisah Legenda Pulaunya Alim Ulama

wisata-pulau-telaga-tujoeh-aceh

Wisata Pulau Telaga Tujoeh: Kisah Legenda Pulaunya Alim Ulama.- Pulau Telaga Tojoeh merupakan pulau kecil yang berada sebalah barat Pulau Pusoeng. Tempatnya sangat indah, unik dan tidak berpenghuni. Konon menurut cerita yang diyakini masyarakat penduduk lokal pualu ini disakralkan.

Pulau Telaga Tojoeh merupakan pulau yang disakralkan. Berada di dekat Gampong Pusoeng, Kecamatan Langsa Barat, Aceh, Indonesia. Pulau yang indah dan sebagai tempat yang tepat untuk tujuan wisata observasi alam. Di pulau inipun kita dapat menikmati pemandangan matahari tenggelam dengan indah pada sore hari.

Sebuah perahu nelayan bermotor menghantarkan kami menuju gugusan pulau Telaga Tujoeh. Raungan mesin kapal yang hilir mudik serta desiran ombak yang menghantam dinding kapal menemani perjalanan wisata observasi alam kami kali ini. Perbincangan bersama salah seorang warga masyarakat lokal yang bernama M. Tohir yang menjadi pemandu wisata lokal kami pun, menambah daftar catatan dari perjalanan wisata kami kali ini.

Penuturan M. Tohir, Pulau Telaga Tujoeh merupakan pulau dengan berbagai misteri cerita sebuah kutukan bagi para pelanggar syariah. Konon, jika ada orang yang berkunjung ke Pulau Telaga Tujoeh dan melakukan hal yang melanggar syariah, maka orang tersebut akan celaka.

Lanjut cerita……
Alkisah, pada zaman dahulu terdapat seorang ulama bernama Tengku Telaga Tujoeh di pulau ini. Dan masyarakat sekitar menyebut pulau ini “Tempat Aulia Awak” yang berarti sebagai tempat para alim ulama tinggal. Dengan kisah perjalanan sejarah inilah masyarakat setempat percaya dan yakin bahwa Pulau Telaga Tujoeh merupakan pulau yang suci. Menurut sebagian masyarakat, di Pulau Telaga Tujoeh terdapat seekor monyet yang tidak boleh diganggu. Namun, sayangnya kami tidak dapat menemukan jenis hewan monyet tersebut yang dimaksud.

Karena Pulau Telaga Tujoeh disakralkan oleh masyarakat penduduk lokal, sampai hari ini khususnya para nelayan setempat selalu melakukan tradisi upacara selamatan di pualu ini dengan tujuan untuk keselamatan mereka selama di laut dengan mendapatkan hasil tangkapan ikan mereka secara maksimal.

Di balik kisah kebenaran atau tidak sebuah legenda yang terdapat di Pulau Telaga Tujoeh dengan segala bentuk dan tradisi masyarakat nelayan lokalnya. Pulau  ini merupakan pulau dengan pantai yang cukup landai di beberapa sudutnya. Dan terdapat vegetasi yang sangat beragam dengan keindahan pesona alam yang dapat memukau para pengunjungnya.

Sebuah catatan kecil dari perjalanan wisata kami kali ini, bahwa dalam setiap tradisi masyarakat lokal terdapat sebuah pembelajaran positif, untuk selalu hidup bersenergi dengan alam dan Tuhan selalu. Tanpa melihat sebuah nilai perbedaan, dan mengenyampingkan sebuah prinsip, namun hanya sebuah bentuk kehormatan dalam melestarikan sebuah tradisi untuk menghormati.

Perjalanan kami pun di Pulau Telaga Tujoeh hanya sebentar, dan dilanjutkan menuju ke Pulau Idaman yang letaknya tidak jauh dari pulau ini. Inilah sekilas cerita catatan perjalanan kami di tempat wisata Pulau Telaga Tujoeh dalam menelusuri sebuah cerita Kisah Legenda Pulaunya Alim Ulama.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

1 Comments

  1. Saya baru tahu ada tempat yang bernama telaga 7, kalo di tempat wisata saya namanya pancuran 7.

    salam

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate ยป
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :