Oh Snap!

Please turnoff your ad blocking mode for viewing your site content

Wisata Pulau Sempu Malang

Wisata Pulau Sempu Malang Yang Indah

Direktori Wisata.- Pulau Sempu merupakan sebuah pulau yang tidak berpenduduk dan berlokasi tidak terlalu jauh dari Pantai Sendang Biru, Kabupaten Malang Selatan, Jawa Timur. Pulau yang dikenal sebagai cagar alam sejak tahun 1928 pada masa Hindia Belanda ini menyimpan beragam keindahan alam pesisir pantai yang eksotis.

Dalam perjalanan Direktori Wisata di daerah Malang, kami pun mencoba untuk mengunjungi Pulau Sempu yang cukup dikenal di kalangan wisatawan domestik dan mancanegara. Dan ini merupakan hari kedua perjalanan wisata di daerah Malang, yang sebelumnya kami mengunjungi tempat wisata Pantai Goa Cina Malang.Dan untuk hari kedua kami jadwalkan perjalanan kami menuju tempat wisata di Pulau Sempu Malang.

Perjalanan wisata menuju Pulau Sempu memakan jarak tempuh +/- 80 km harus kami lalui dari Kota Malang hingga sampai di tempat pelelangan ikan yang berada di Pantai Sendang Biru. Dan perjalanan dilanjutkan dengan menggunakaan kapal perahu nelayan yang kami sewa untuk meyeberang dan menghantarkan kami ke lokasi. Hilir mudik rute perjalanan dari lokasi Pantai Sendang Biru hingga ke lokasi Pulau Sempu pun cukup ramai dan padat, tidak jarang kita juga menemukan sebuah kapal perahu nelayan yang berpapasan di jalan dalam perjalanan menuju dan pulang dari perjalanan wisata Pulau Sempu Malang.

kapal-perahu-pulau-sempu-malang

Suara motor perahu kayu nelayan dan germecik air laut yang terbelah oleh lajunya perahu kapal yang kami tumpangi dengan semilir angin laut menemani perjalanan wisata kami hingga sampai di Pulau Sempu yang menjadi tujuan perjalanan kali ini. Sesampainya kami di lokasi tempat berlabuhnya perahu kapal di Pulau Sempu, perjalanan kami lanjutkan dengan menyusuri jalan setapak yang terdapat di kawasan hutan tropis yang berada di kawasan Pulau Sempu Malang. Batu-batu karang dan pasir putih yang terdapat di depan lokasi jalan setapak hutan tropis akan menyambut kedatanagn kita di sini.

pulau-sempu-malang

Jalan yang berliku, menanjak, dan curam serta lebatnya aneka tanaman pohon liar hutan tropis dan satwa liar menemani perjalanan wisata kami hingga sampai dititik tujuan akhir yaitu sebuah danau alami yang berada di tengah-tengah Pulau Sempu Malang. Menyesuri jalan setapak ditengah hutan tropis Pulau Sempu, merupakan salah satu pengalaman yang mengasyikan, tidak jarang dalam perjalanan kita akan menemukan batang-batang pohon yang tumbang dan menghalangi perjalanan kita di dalam hutan ini. Adakalanya kita harus melompat atau pun menerobos dari setiap batang pohon yang berada di tengah jalan setapak ini.

pulau-sempu-malang

Sebagai tambahan informasi bagi kita yang akan melalui jalur ini, sebaiknya untuk tetap mengikuti dan berkordinasi dengan pemandu wisata yang diberi tugas untuk menghantar hingga sampai ditujuan. Dan usahakan tetap berada dalam pantauan satu rombongan untuk saling mengawasi dan menjaga. Bila dalam keadaan musim hujan, lokasi ini sangat licin, dan untungnya pada saat kami menuju ke lokasi wisata Pulau Sempu Malang pada posisi cuaca cerah dan rute perjalanan kita lewati tidak terlalu licin. Namun, tetap harus hati-hati di lokasi.

rute-segaran-anakan-pulau-sempu-malang

Rute perjalanan menuju ke lokasi Segaran Anakan Pulau Sempu yang kami lewati sangat curam. Jalan yang beralas tanah dengan dinding tanah berbukit dan limbah yang curam merupakan trek jalur yang asyik dan menantang. Untuk di jalur ini, kita harus dapat mengatur kekuatan fisik dan stamina, bila kita dalam keadaan kelelahan, segeralah berkordinasi dengan petugas, agar bisa mencari tempat yang aman dan nyaman untuk beristrahat sejenak, bila sudah pulih kembali tenaga kita, barulah perjalanan dapat dilanjutkan menuju lokasi Segaran Anakan Pulau Sempu Malang.

wisata-pulau-sempu-malang

Hamparan pasir laut berwarna putih dengan keindahan air-nya berwarna hijau nan jernih yang dikelilingi tebing-tebing tinggi pulau karang berwrna hijau yang ditumbuhi lebatnya aneka tanaman sebagai pagar pembatas deras dan ganasnya ombak yang berasal dari Samudera Hindia yang berada di Selatan Pulau Jawa, dapat kita lihat dari arah pinggir danau menghadap ke Selatan. Di titik spot inilah kami menemukan sebuah surga alam yang tersembunyi dan masih alami di Segaran Anakan Pulau Sempu Kabupaten Malang Selatan. Rasa lelah dan letih selama perjalanan yang kami tempuh dari Kota Malang menuju lokasi ini seketika itu pula hilang terbawa oleh angin dan pemandangan indah yang berada di tempat wisata danau yang berada di tengah-tengah Pulau Sempu ini, banyak orang menyebut lokasi tempat ini merupakan Lagunan Anakan Pulau Sempu.

dinding-pulau-sempu-malang

Dari informasi yang Direktori Wisata terima dan menyaksikan sendiri dilokasi, danau atau Segaran Anakan Pulau Sempu yang berada di tengah-tengah Pulau Sempu Malang ini terbenuk dari ganasnya ombak air laut Selatan yang masuk melalui celah tebing pembatas pulau yang berlubang di salah satu sisi pulau. Tempat inilah yang menjadi sebuah pantai berpasir putih sebagai tempat bertemunya air laut yang bersih dari Samudera Hindia dengan pasir putih yang menghampar luas di daerah Laguna Segaran Anankan.

Birunya air laut di Laguna Segara Anakan Pualau Sempu ini, menjadi salah satu daya tarik wisatawan domestik dan mancanegara yang datang mengunjungi tempat wisata di Pulau Sempu Malang. Di lokasi ini kita dapat santai atau pun berenang, bahkan kita dapat menginap dengan menggelar tenda di tepi danau dengan beralaskan pasir putih yang bersih.  Stelah membangun tenda kami pun pergi ke lokasi pulau karang yang terdapat di seberang Laguna Segara Anakan Pulau Sempu Malang.

pulau-sempu-malang-timur

Di lokasi inilah kami menemukan sebuah pemandangan yang eksotis menghadap lautan lepas pantai ke arah Samudera Hindia Selatan Pulau Jawa. Terlihat kejauan sebuah pulau karang yang mengapung di atas laut dari arah tempat kami berdiri. Suara debur ombak yang memecah menghantam dinding-dinding pulau karang di sekitaran kami pun terdengar cukup keras, dan angin laut pun terasa hingga keseluruh tubuh.

Singkat cerita dari pengalaman perjalanan wisata Pulau Sempu Malang yang dilakukan oleh Direktori Wisata bersama rekan-rekan kali ini, Setelah bermalam di lokasi dan melakukan segala aktifitas di lokasi pesisir pantai Laguna Segaran Anakan Pulau Sempu, keesokan harinya kmi kembali pulang melalui rute perjalan yang sama hingga tiba di dermaga kapal Pantai Sendang Biru, dan melanjutkan perjalan menuju Kota Malang.

Sebuah catatan kecil yang dapat kami berikan kepada para rekan dan pembaca setia Direktori Wisata, bila kita akan melakukan perjalan wisata ke Pulau Sempu Malang, ada baiknya kita melaporkan diri ke petugas yang berwenang dalam menjaga dan melestarikan hutan tropis di kawasan ini. Dan untuk keperluan sarana dan logistik menuju Pulau Sempu kita dapat dengan mudah mendapatkannya di daerah Pantai Sendang Biru yang menjadi titik keberangtan menuju lokasi. Dari perbekalan air minum, makanan dan keperluan lainnya untuk tinggal selam di lokasi tempat wisata Pulau Sempu Malang.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
  • stumbleupon
This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks :Ad Views :