Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Sulawesi / Wisata Pulau Menui: Eksotisme Di Balik Keindahan Alam

Wisata Pulau Menui: Eksotisme Di Balik Keindahan Alam

Wisata Pulau Menui:  Eksotisme Di Baiik Keindahan Alam.- Pulau Menui yang terletak di kawasan Kecamatan Menui, Sulawesi Tenggara. Kawasan pulau yang memiliki beberapa obyek wisata menarik seperti danau kecil dan juga terdapat pantai pasir putih yang banyak dikunjungi wisatawan domestik maupun mancanegara. Kawasan pantai di Pulau Menui terdapat kawasan pemandian yang indah. dan pulau ini didominasi oleh morfologi bebatuan yang memiliki keunikan dari celah bebatuannya banyak kita temukan mata air yang mengalir.wisata-pulau-menui

Pulau Menui memiliki tempat wisata sejarah yang bisa kita kunjungi seperti di  Fatu Athara, benteng batu, makam Sangaji Lagarasi, dan bangunan masjid tua. Kita pun akan mendaptakan sebuah kisah unik di beberapa tempat indah di kawasan Pulau Menui seperti Fatu Ahara atau batu asaha yang terdapat di sekitar desa Kotalagadi Pulau Menui yang tidak utuh, karena ptongan batu yang lainnya terdapat di Pulau Banggai Atau kita bisa berkunjung ke tempat makan Sangaji Lagasari dan istrinya yang terdapat di Desa Torukuno. Sebagai informasi tambahan Sangaji merupakan salah satu tokoh ketua adat dari Suku Menui. Dan makamnya sampai dengan hari ini masih ada.

Masyarakat dan penduduk Pulau Menui hampir rata-rata memeluk agama Islam. Dan meurut informasi yang Direktori Wisata terima agama Islam masuk dan menyebar di kawasan Pulau Menui sejak tahun 1886 semenjak di datangi oleh orang-orang Bengkulu yang menjalankan pemerintahan di kawasan daerah ini sambil menyebarkan agama Islam.

Bagi anda yang mencintai wisata alam atau wisata minat khusus, anda dapat mencoba mendaki gunung di kawasan Pualu Menui. Kawasan pulau ini pun terdapat banyak goa seperti Goa Kumapa. Konon, Goa Kumpa ini merupakan goa yang dikeramatkan oleh masyarakat dan penduduk Pulau Menui, karena masyarakat setempat masih banyak yang meyakini bahwa di Goa Kumapa tersebut merupakan tempat pertama kali nenek moyang  masyarakat Menui membangun pemukiman di pulau ini.

Untuk mencapai Goa Kumapa dibutuhkan waktu 1 jam perjalanan dari ujung Desa Kofalagadi dengan berjalan kaki sambil mendaki gunung. Untuk medan seperti ini sudah sepantasnya kita mempersiapkan tenaga ekstra untuk sampai di Goa Kumapa. Dan sebagai informasi tambahan, bila kita bisa sampai di kawasan Goa Kumapa di Pulau Menui, sebaiknya tidak mengambil satu barang pusaka atau apapun bentuknya yang ada di sana, apalagi memiliki niat untuk memiliki benda dari tempat Goa Kumapa.

Di dalam Goa Kumapa terdapat stalagmit yang disebut nisan perempuan dan nisan laki-laki. Namun sayangnya banyak ornamen gua yang telah hilang diambil oleh penduduk setempat untuk dijadikan batu nisan. Maka bila kita mengunjungi tempat wisata Goa Kumapa, kita akan menemukan sebuah pesan berupa tulisan peringatan untuk ikut melestarikan dan menjaga tampat ini.

Menikmati perjalanan wisata dengan keindahan alam Pulau Menui para wisatawan yang hadir di pulau ini juga dapat menikmati wisata yang menakjubkan. Dari mengenal sebuah situs-situs bersejarah hingga nama-nama tokoh yang memiliki peran penting dari perjalanan sejarah asal muasal Pulau Menui.

Untuk sampai di Pulau Menui kita bisa melalui Kendari degan menggunakan kapal penumpang yang melayani setiap hari, kecuali pada hari Jumat. Karena pada hari Jumat setiap awak kapal berlibur dan waktunya digunakan untuk menjalankan shalat Jumat.Dan jarak tempuh perjalanan dengan menggunakan kapal dari Kendari ke Menui sekitar 5 jam. Biasanya kapal berangkat dari Kendari ke Menui waktunya tengah malam, dan sampai di Menui pada saat menjelang fajar.

Sarana dan prasarana di Pulau Menui cukup memadai, dan pulau ini menjadi pusat berbagai kegiatan yang melibatkan pulau-pulau kecil disekitanya. Keanekaragaman sumber daya alam yang terdapat di Pulau Menui dan sekelilingnya merupakan potensi yang harus dikelola dengan baik. bukan hanya satu sektor saja, melainkan banyak sektor yang dapat dikelola di kawasan Pulau Menui. Bagi anda yang akan melakukan investasi usaha, kawasan Pulau Menui bisa menjadi salah satu tempat pilihan. Sebagai pengenalan kawasan daerah tersebut, anda dapat melakukan survei dengan melakukan perjalanan Wisata Pulau Menui terlebih dahulu untuk mengenal potensi kawasan ini di setiap eksotisme keindahan alamnya.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :