Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

 
Home / Indonesia / Wisata Pulau Komodo

Wisata Pulau Komodo

 

Menyaksikan Sejarah Alam Liar Komodo di Pulau Rinca Flores

Direktori Wisata – Berpetualang di alam liar Taman Nasioanl Komodo Flores.

Labuan Bajo merupakan salah tempat pintu gerbang untuk masuk di kawasan Kabupaten Flores yang berada di Timur Indonesia. Di daerah inilah titik awal bagi kita yang akan menikmati destinasi wisata Pulau Komodo.

Dermaga Loh Buaya

Setiap harinya puluhan kapal kayu Phinisi dari suku Bugis bersandar di pelabuhan untuk mengantarkan para wisatawan untuk mengunjungi Pulau Komodo.

Berlayar dengan kapal tradisional Phinisi yang telah dimodifikasi menjadi kapal pesiar mewah, menjadikan perjalanan wisata ke Pulau Kodomo ini merasa nyaman dengan jarak tempuh waktu perjalanan +/- 3 jam dalam kondisi cuaca normal.

Informasi yang Direktori Wisata dapatkan dari Taman Nasional Komodo, untuk luasnya sekitar 170 hektar dengan jumlah Komodo sekitar 2.700-an ekor. Sedangkan untuk pulaunya sendiri ada 26 pulau dalam kawasan Taman Nasional Komodo,

Namun informasi yang Direktori Wisata Indonesia terima, hanya tinggal 4 pulau yang masih menjadi tempat bersarangnya Komodo yaitu, Pulau Komodo, Pulau Rinca, Pulau Kode, dan Pulau Gili Motang.

Selain di Taman Nasional Komodo yang berada di Pulau Komodo, para wisatawan juga bisa menyaksikan Komodo di Pulau Rinca yang jaraknya +/- 20 kilo meter dari Pulau Komodo yang ada di Flores.

Dermaga kapal Loh Buaya menjadi pintu masuk Pulau Rinca yang menjadi tempat wisata Pulau Komodo Direktori Wisata bersama rekan-rekan kali ini sebelum memasuki kawasan area Taman Nasional Komodo kita harus membayar tiket masuk seharga Rp. 90.000, / orang, dan biaya tersebut sudah termasuk biaya trekking.

Pulau Rinca yang berada di Flores termasuk Taman Nasional Kodomo yang dikelola oleh Pemerintah Pusat Indonesia serta juga merupakan bagain dari warisan dunia UNESCO. Di pulau ini satwa Komodo hidup bebas kemana saja, konon di tempat wisata Pulau Komodo ini,  kawanan Komodo sering mendatangkan kawasan rumah penduduk termasuk pemukiman rumah para penjaga Komodo di lokasi ini.

Dengan didampingi seorang pemandu wisata Pulau Kodomo, petualangan menyaksikan spesies reptil raksasa di Pulau Rinca di mulai. Bentuk rekreasi wisata di Pulau Komodo adalah menyaksikan hewan Komodo yang hidup di alam liar, namun melihatatau menyaksikan Komodo di kawasan Pulau Rinca Flores ini tidak sama dengan kita melihat Komodo di dalam Kebun binatang.

 

Jadi kita untuk melihat Komodo di pulau ini harus melakukan trekking yang berjarak +/- 4 kilo meter lebih. Sedangkan jarak aman untuk dapat langsung menyaksikan satwa Komodo informasi yang Direktori Wisata terima jaraknya +/- 7 meter. Yang harus di perhatikan pada saat kita menemukan hewan Komodo adalah ekor dari hewan tersebut.

Wisata Pulau Komodo

Hal ini dikerenakan pukulan atau sabetan dari ekor Komodo sangatlah keras dan cepat yang dapat melumpuhkan dan langsung di terima oleh mulut Komodo tersebut. Maka di harapkan agar kita selalu menjaga jarak aman bila berhadapan dengan Komodo tersebut.

Wisata di pulau Komodo merupakan perjalanan petualangan yang penuh dengan intimidasi, karena Komodo merupakan hewan buas sang pemangsa puncak dalam rantai makanan di Pulau Rinca Flores ini.

Hal yang unik pada hewan Komodo pada masa musim kawinnya mereka tidak pernah memikirkan untuk memangsa makan, namun yang hanya mereka pikirkan hanya untuk kawin saja seperti penjelasan dari salah seorang pemandu wisata yang Taman Nasional Komodo yang mendampingi kami.

Tidaklah sulit bagi kita untuk menemukan Komodo di tempat wisata Flores di pulau ini, karena tempat fovorit untuk para Komodo ini salah satunya adalah disekitaran area dapur rumah warga yang ada di pulau ini. Hal ini dikarenakan hewan purbakala Komodo menghandalkan indera penciumannya untuk mendekati makanan.

Dari informasi pemandu wisata lokal setempat Komodo biasanya masuk ke dapur rumah penduduk setelah melalui anak tangga setelah mereka sebelumnya memperhatikan bila di dalam dapur tersebut tidak ada orang. Sedangkan bila kita akan membedakan jenis kelamin dari hewan Komodo dapat dibedakan dari kepala dan ekornya.

Bila Komodo jantan maka kepalanya lebih besar dan ekornya lebih panjang dari pada Komodo jenis betina.Dan Komodo menggali tanah untuk dipergunakan sebagai sarang menyimpan telurnya.

Namun, sebagain Komodo mengunakan sarang burung gosong yang berbentuk gundukan tanah. Konon, Komodo yang berada di Pulau Rinca Flores biasanya bertelur dari 15 hingga 30 buah telur. Namun pada akhirnya hanya 1 sampai tiga butir telur Komodo yang berhasil menetas.

Wisata Pulau Komodo

Tempat wisata Pulau Kodomo yang ramai  dikunjungi di Pulau Rinca memiliki bukit savana luas yang menjadi habitat Komodo selain hutan tropis dan pantai. Bukan hanya terdapat hewan Komodo saja, Jika kita beruntung kita juga dapat menemukan satwa lainnya di tempat ini seperti burung, monyet, ular, rusa, babi hutan, kerbau dan masih banyak beredar dan berkeliaran di Pulau Komodo ini, dan hewan-hewan tersebut merupakan makanan bagi hewan Komodo yang ada di pulau ini.

Bagi kita yang menggemari dunia photography bisa mencoba hunting foto di tempat wisata Pulau Komodo yang terdapat di lokasi ini. Siapkan kamera dan lensa kesayangan kita untuk membidik momen-momen indah saat para komodo sedang melakukan aksinya dengan lensa kamera yang tepat seperti para photogrphy discovery travel beraksi saat berburu gambar foto yang bagus di alam liar.

Bawah Lut

Usai terkking di area wisata Pulau Komodo kami pun melakukan snorkling untuk menikmati  panorama wisata bawah laut Flores di sekitara Pulau Kelor yang tidak jauh dari Pulau Rinca. Pada titik spot ini kami dapat menyaksikan pesona keindahan bawah laut Flores yang menjadi salah satu taman laut terindah di dunia.

Setelah selesai melakukan snorkling, kami pun kembali ke kapal untuk menikmati sunset sore hari yang indah. Kita bisa menyaksikan proses matahari tenggelam dengan pertunjukan pesona keindahan wisata alam Flores yang diselimuti oleh semburan senja yang sedang menyajikan pesna keindahannnya di laut Flores sore hari yang berada di Pulau Kalong.

Perairan Pulau Kalong Flores bukanlah sebuah pulau yang memiliki keistimewahan seperti pulau-pulau lainnya, namun di sekitaran perairan pulau ini selalu banyak di singgahi kapal-kapal di waktu sore hari tiba untuk menikmati sunset dan kelelawar yang pada berterbangan saat sore hari tiba.

Menjelang malam kami hari kami pun melakukan kgiatan wisata kuliner untuk melakukan santap malam di tengah laut bersama rekan-rekan lainnya di kapal yang kami tumpangi. Semilir angin laut dengan deburan ombak yang menghantam pecah di lambung kapal pun terdengar ditelinga kami sebagi teman setia malam hari saat menginap di tengah laut.

Setalah makan malam kami pun kembali pergi ketempat tidur masing-masing yang berada di dalam kamar kapal yang telah disediakan untuk istirahat dan melanjutkan perjalanan wisata selanjutnya menuju Kampung Komodo esok harinya.

Untuk melakukan perjalanan wisata Pulau Komodo yang berada di Pulau Rinca kita dapat menggunakan kapal perahu yang kita sewa dari Labuan Bajo Manggarai Barat.  Agar menekan pengeluaran biaya sewa kapal, sebaiknya kita mencari kawan atau bergabung dengan rombongan lalinnya  untuk melakukan trip wisata ke Pulau Komodo atau menuju Pulau Rinca ini.

Sedangkan untuk menuju Labuan Bajo, kita dapat menggunakan pesawat terbang, untuk harga tiket pesawat terbang kita bisa lakukan booking tiket pesawat secara online dengan harga murah, asalkan kita dapat mengatur waktu pemberangkatan dengan waktu yang tepat. Selamat menikmati wisata pulau Komodo ……..[]

 
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
 
 

14 Comments

  1. sangat sangat terharu dipulau komo ya mas 🙂

  2. enak kalo ke pulau komodo bisa foto foto komonya mas, ntar di jadiin kenagn keunikan ya mas 🙂

    • Indra Kusuma Sejati berkata:

      cukup membuat jantug degdegan juga sih kang. 😀

  3. Kang Indra benar-benar seorang petualang …. 🙂
    Blogger Traveller teladan …
    Saya sangat menikmati membaca tulisan tentang perjalanan wista di sini.
    Wah .. biaya untuk ke Pulau Komodo besar juga ya Kang ? Tapi sebanding dengan pengalaman yang didapatkan ..

    • keliling nusantara

      • Indra Kusuma Sejati berkata:

        Alhamdulillah Kang

    • Indra Kusuma Sejati berkata:

      Untuk biaya tersebut di atas untuk masuk ke lokasinya kang, belum dengan sewa perahu dan sebagainya, namun bila biaya sendiri agak berat mas, tapi kalau tinggal gendong alias jalan enak juga sih. 😀

      • Iya kang Indra .. makanya itu .. biayanya besar juga .. Ada tuh .. yang tinggal gendhong ? 😀 .. mau dooong …

        • Indra Kusuma Sejati berkata:

          Boleh kang mau berapa leiter ? 😀

  4. kayaknya komodonya tahu kalo mau difoto tuh bisa ber-pose

    • Indra Kusuma Sejati berkata:

      Tapi yang foto sama yang jaga juga ikut deg-degan kang. 😀

  5. Juru foto kayanya sudah berpengalaman tuh, kagak takut

    • Indra Kusuma Sejati berkata:

      Takutnya jadi agak berkurang kali ya gan karena tuntutan, tapi ada ngambilnya juga pinjam lensa tele kamera gan he,, he,, he,, 😀

    • Indra Kusuma Sejati berkata:

      Bukan berani akng, tapi tuntutan pekerjaan, ini pun juga banyak yang jagaain karena momenntnya susah banget diambil, apalagi lensa kameranya berat banget. kalau pakai yang kecil nanti terlalu dekat ngambil fotonya malah diudak nanti. He,, he,, he,, 😀

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :