Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Wisata Pulau Harapan Kepulauan Seribu

Wisata Pulau Harapan Kepulauan Seribu

Menikmati Indahnya Pulau Harapan dan Pulau Kelapa Kepulauan Seribu, Jakarta

Direktori Wisata – Plesiran di tempat wisata Pulau harapan Kepulauan Seribu yang menjadi destinasi wisata ramai di kunjungi wisatawan.

Jika bosan dengan wisata mall yang ada di Jakarta, maka kita bisa pergi sejenak ke pulau-pulau kecil yang berada tidak jauh dari teluk Jakarta. Kita tinggal pergi ke dermaga Marina Ancol dan naik boat yang akan mengantar kit ake kepulauan Seribu. Atau bisa juga kita naik kapal dari pelabuhan Muara Angke dan naik kapal kayu. Salah satu pulau yang bisa jadi pilihan untuk dikunjungi adalah Pulau Harapan. Jika naik boat kita hanya memerlukan waktu sekitar 1,5 jam . Tapi kalau naik perahu kayu waktu tempuh bisa mencapai 2,5 jam.

Jalan-Jalan Pulau Harapan

Pulau Harapan itu tidak begitu besar, lebih kecil dari Pulau Pramuka yang juga berada di Kepulauan Seribu Jakarta. Pulau Harapan adalah satu dari tiga kelurahan yang ada di Kecamatan Kepulauan Seribu Utara Kabupaten Kepulauan Seribu DKI Jakarta. Dua kelurahan lainnya adalah Pulau Kelapa dan Pulau Panggang. Kecamatan Kepulauan Seribu Utara ini juga merupakan wilayah Taman Nasional Kepulauan Seribu.

Pulau Harapan

Panas terasa menyengat ketika kami berjalan menuju perkampungan. Rumah-rumah di sini kebanyakan memang disewakan sebagai home stay bagi para wisatawan. Jangan berharap bisa mendapatkan pantai dengan pasir putih di pulau Harapan ini. Jika ingin bersantai menikmati pemandangan atau udara laut, kita bisa duduk-duduk di pos-pos kayu yang sengaja dibuat oleh masyarakat setempat. Di bagian belakang Pulau Harapan ini juga ada hutan mangrove.

Penduduk pulau Harapan ini sangat ramah. Mungkin karena mereka terbiasa dengan para wisatawan. Penduduk di sini juga sangat senang lho kalau kita ajak ngobrol, apalagi kalau kita tanya tentang tempat-tempat yang bagus untuk divig atau snorkeling di sekitar pulau harapan.

Sayangnya air yang dipakai untuk mandi di sini berwarna coklat. Rasanya juga asin. Sepertinya ini adalah air laut yang di alirkan ke perumahan. Tapi ketika aku berkeliling di pulau ini ada juga lho tempat pengolahan air bersih.

Air dari tempat pengolahan air ini sepertinya dipakai untuk keperluan memasak dan minum saja. Karena pada pagi hari aku melihat becak yang mengangkut tong biru berisi air bersih di Pulau Harapan dan Pulau Kelapa Satu.

Menginap di home stay biasanya sudah disediakan makan 3 kali sehari oleh si pemilik rumah. Tapi kalau kita ingin merasakan sensasi makan yang berbeda, maka kita bisa pergi ke belakang taman yang berada di dekat pelabuhan. Di sana ada pedagang makanan yang berjajar. Kita bisa menikmati ikan bakar di tepi pantai.

Karena pulau ini tidak begitu luas, maka transportasi yang ada di sini adalah becak. Sebenarnya kalaupun jalan kaki keliling pulau ini juga tidak akan capek. Tapi kalau ingin merasakan sensasi yang berbeda, naik becak bisa jadi pilihan.

Mangrove Pulau Harapan Pulau Seribu

Di bagian belakang pulau ini kita bisa menemukan pohon-pohon mangrove yang sudah tumbuh tinggi. Hutan mangrove ini berada di sebelah kiri dan kanan jalan yang menghubungkan antara pulau Harapan dan Pulau Kelapa satu. Jika di sebelah kiri jalan kita bisa melihat mangrove yang sudah tinggi, maka di sisi sebelah kanan kita bisa menjumpai mangrove yang masih pendek. Air yang ada di bawah pohon-pohon mangrove ini sangat bening. Bahkan kita bisa melihat ikan-ikan berlarian di dalamnya.

Jika kita menginap di Pulau Harapan, maka kita bisa berkunjung ke Pulau Kelapa satu dengan berjalan kaki. Pulau Kelapa Satu ini letaknya bersebelahan dengan Pulau Harapan. Kita bisa berjalan menuju bagian belakang Pulau Harapan. Di sana kita akan menemukan jalanan paving block sepanjang kurang lebih 200 meter. Di kiri kanan jalan kita bisa melihat pemandangan laut dan tanaman mangrove.

Setelah melewati taman di ujung Pulau Harapan, maka kita akan bertemu dengan gapura selamat jalan Pulau Harapan. Tidak jauh dari sana kita sudah bisa juga melihat gapura selamat datang Pulau Kelapa. Pulau kelapa satu ini merupakan pulau yang terpadat penduduknya di Kepulauan Seribu Utara. Di pulau ini juga terdapat Kantor Polisi Sektor Kelupauan Seribu Utara. Di sini juga terdapat home stay yang bisa kita sewa untuk menginap.

Pulau Kelapa Kepulauan Seribu

Disebut dengan Pulau Kelapa karena dulu di sini banyak terdapat pohon kelapa. Tapi sekarang Pohon kelapa itu sudah berganti dengan pemukiman penduduk yang padat. Sebagian besar penduduk Pulau Kelapa satu ini memiliki mata pencaharian sebagai nelayan.

Taman Terpadu Pulau Harapan Kepulauan Seribu

Pulau ini juga memiliki dermaga sendiri. Dulu Pulau kelapa satu ini terpisah dengan Pulau Harapan. Baru kemudain pada tahun 1950 an dibangunlah jalan yang menghubungkan kedua pulau ini. Di dekat dermaga terdapat sebuah taman dengan tempat duduk yang luas. Taman ini dikenal dengan nama Taman Terpadu.

Ketika akan memasuki Pulau Harapan Kepulauan Seribu, kita bisa melihat gubuk-gubuk terapung yang ada di tengah laut. Di sekitar gubug-gubug itu terdapat tong-tong yang diikat dan terapung. Jika kita dekati gubug itu, maka kita akan bisa melihat bahwa di dalam ikatan tong itu terdapat jaring. Jaring-jaring dan tong itu digunakan untuk memelihara ikan.

Penduduk di Pulau Harapan dan sekitarnya ini memang membudidayakan ikan kerapu di keramba apung ini. Ikan kerapu tersebut adalah dari jenis Kerapu bebek dan kerapu biasa. Tingginya harga ikan kerapu ini telah membuat penduduk di Pulau Harapan ini membuat keramba apung di perairan sekitar pulau harapan yang tenang ini. Satu kilogram kerapu bebek harganya mencapai Rp 500.000. sedangkan kerapu biasa harga perkilonya hanya Rp 150.000. Setiap musim panen tiba, para pedagang ikan kerapu sudah datang ke tempat ini untuk membelinya dari para pemilik keramba apung.

Wisata Pulau Harapan Kepulauan Seribu, kita juga bisa menikmati keindahan bawah laut dengan snorkeling. Untuk itu kita bisa menyewa perahu kayu ke Pulau Dolphin, Pulau Genteng besar. Kita juga bisa menikmati sunset di pulau genteng kecil juga melihat konservasi penyu dan sensasi menanam mangrove di Pulau Kelapa Dua. Enjoy Jakarta.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

7 Comments

  1. nih pulau sebenarnya kecil ya bang, tapi lumayan asik untuk wisata, apalagi wisata keluarga, karena didukung dengan fasilitas yang lumayan lengkap dan suasana pulau yang menyenangkan. dulunya bisa snorkling juga di pulau harapan dan gak tau keadaan sekarang.

    • oh ya satu lagi yang menarik dari pulau ini, biasanya ada beberapa nelayan yang menawarkan ikan segar dan besar untuk dibakar atau dipanggang. pas kan untuk kehangatan malam bersama teman camping atau keluarga….muantab pastinya bang. heee

      kapan saya di ajak ke sana…heeee

      • Indra Kusuma Sejati berkata:

        Bteul itu mbah, ikannya punmanis bila dimakan pokoknya mantaps banget, dan harganya tidak mahal ko, karena kita bisa beli langsung ke nelayan stempat dengan hasil tangkapannya jadi masih segar bener ikannya. Yuk, kapan-kapan kita main ke pulau ini mbah….

        • enaknya bakar bakar ikan toh mas, santep bareng mas ๐Ÿ™‚

    • Indra Kusuma Sejati berkata:

      nati kita bareng-bareng snorkling ya mbah….. kan ada pelampung yang penting jadi ga usah takut tenggelam, yang penting ngambang di air….. he,, he,, he,,

  2. kepulauan seribu memang kelihatan seperti di tepi pante ya mangs : banyak ikan tuh seprti nya ๐Ÿ™‚

  3. keindahan pulau kepulauan seribu tak sanggup dibayangkan mas, seperti segera ke sononya ๐Ÿ™‚

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate ยป
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :