Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Jakarta / Intip Wisata Pulau Bidadari dan Pulau Tidung, Jakarta

Intip Wisata Pulau Bidadari dan Pulau Tidung, Jakarta

Pesona Wisata Pulau Bidadari Dan Pulau Tidung, Jakarta

Direktori Wisata – Pesona tempat wisata Pulau Seribu dengan destinasi wisata Pulau Bidadari, wisata Pulau Tidung, wisata Pulau Pramuka yang memukau.

Jakarta dikenal dengan pesona destinasi wisata alam pantai yang indah nan menawan yang lokasinya ada di kepulauan Seribu. Tempat wisata ini mudah dijangkau dengan penyeberangan menggunakan kapal perhu atau pun boat baik dari Muara Angke, Tanjung Pasir bahkan di pantai marina Ancol Jakarta.

pulau-bidadari

Waktu tempuh untuk mengunjungi tempat wisata di kepulauan seribu sangat bervariasi, hal ini tergantung kita menggunakan penyeberangan dengan menggunakan jenis kapal dan juga dari tempat penyeberangannya. namun, bila akan menyeberang ke Pulau Bidadari kami menyarankan agar kita mengikuti program perjalan wisata yang ada di Pantai Marina Ancol Jakarta.

Dari pengamalan Direktori Wisata pada saat kami mengunjungi Pulau Bidadari yang merupakan salah satu pulau gugusan Pulau Seribu. pulau ini  dikelilingi oleh pepohonan besar, dahulu pulau ini bernama Pulau Sakit dan Pulau Pumered. Konon, Pulau Bidadari ini diilhami dari nama pulau lainnya di Kepulauan Seribu seperti Pulau Putri, Pulau Nirwana, dan pulau-pulau kecil lainnya yang termasuk dalam tempat wisata populer di Jakarta yang ramai dikunjungi wisatawan .

dermaga-pulau-bidadari

Secara geografis pulau Pulau Bidadari berada di antara gugusan Pulau Onrust, Pulau Khayangan, Pulau Kelor, dan Pulau Ayer, dan termasuk dalam kelurahan Untung Jawa, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan dan Kabupaten Kepulauan Seribu.

Lanjut informasi…..
Pulau Bidadari dikembangkan sebagai salah satu destinasi wisata di Kepulauan Seribu karena lokasinya yang indah dan memiliki sebuah bangunan situs bersejarah. Pada abad ke 17, Belanda membangun rumah sakit lepra atau kusta oleh karena itu dahulu pulau ini bernama Pulau Sakit dan pada saat waktu bersama Belanda juga membangun benteng yang berfungsi sebagai sarana pengawasan untuk melakukan pertahanan dari serangan musuh. Sampai dengan tahun 1970 pulau ini belum didiami oleh manusia, bahkan pulau ini tidak pernah dikunjungi orang. Pada awal tahun 1970an, PT Seabreez mengelola pulau ini untuk dijadikan sebagai resor wisata yang diberinama Bidadari Eco Resort.

Selain peninggalan-peninggalan bersejarah dari zaman penjajahan Belanda dulu . tempat wisata Pulau Bidadari ini juga menjadi daya tarik tersendir misalnya deengan pantai berpasir putih serta air laut yang jernih.

Bila kita berkeliling di kawasan wisata Pulau Bidadari, kita akan menemukan Beberapa tanaman langka seperti pohon perdamaian atau yang disebut dengan baringtonia exelsa, pohon kepuh, pohon sentigi yang dikenal dengan sebutan pempis acidula, pohon kayu hitam dengan kata lain sebautannya diospyros maritama, pohon glodokan, beberapa tanaman buah, dan juga hutan mangrove tumbuh dan terpelihara dengan baik di pulau ini. Dan yang tidak kalah menarik di Pulau Bidadari ini ada sebuah pantai yang bernama Pantai Jodoh yang memiliki cerita mitos yang unik dan menarik.

Jika kita di tempat wisata Pulau Bidadari bisa menikmati nuansa resort dengan suasana seperti di pulau pribadi. Namun, bila di di tempat wisata Pulau tidung Pulau Seribu sangat berbeda. Karena pulau ini merupakan sebuah pulau perkampungan yang dihuni oleh warga setempat.

Namun, untuk di Pulau Tidung kita bisa menikmati indahnya pemandangan pantai yang bersih dan menyaksikan gugusan terumbu karang yang cantik, kita juga bisa berenang berenang sambilmenikmati indahnya warna matahari ketika terbenam di balik cakrawala atau sekedar bersepeda sambil menikmati indahnya sekeliling pantai dan bertukar senyum dengan penduduk setempat. Semua ini bisa kita dapakan saat melakukan perjalanan wisata Pulau Tidung.

jembatan-cinta-pulau-tidung

Untuk informasi tambahan yang Direktori Wisata terima di lokasi, Pulau Tidung merupakan sebuah pulau di Kepulauan Seribu, pulau ini sempat dijuluki sebagai Maladewanya Indonesia. Pulau Tidung terbagi atas dua pulau, yaitu Pulau Tidung Kecil dan Pulau Tidung Besar yang dihubungkan oleh sebuah jembatan dengan panjang kurang lebih 2 km yang diberinama dengan Jembatan Cinta. Sampai saat ini Pulau Tidung Kecil belum berpenghuni, sedangkan Pulau Tidung Besar dihuni sekitar 4.000 jiwa penduduk, dan salah satu pulau yang penduduknya terbanyak di antara pulau-pulau di gugusan Kepulauan Seribu.

lanjut informasi….
Tempat wisata Pulau Tidung lebarnya diperkirakan hanya 200 meter namun panjangnya sekitar 5 km, dan kawasan wisata ini dikelilingi oleh pantai dangkal yang bergradasi putih karena ditumbuhi karang dan dipenuhi ikan hias pantai yang indah dengan serta tidak hentinya berlenggok berenang di air laut yang bersih. Pantai di pulau ini tidak berombak besar karena gugusan karang dan terumbu karang yang mengelilingi pantai mampu menahan ombak. Jadi pulau ini cocok untuk berenang atau pun bermain snorkling dan water sport yang terdapat di Pulau Tidung.

Dari Beberapa pengalaman Direktori Wisata Indonesia mengunjungi kedua destinasi wisata Pulau Seribu tersebut di atas, ada baiknya sebelum kia menyeberang ke Pulau jangan lupa membawa bekal yang diperlukan terlebih dahulu, khusus di Pulau bidadari mungkin barang yang akan kita butuhkan ada, namun harganya cukup mahal, sedangkan di Pulau Tidung warung yang buka 24 jam tidak ada di sana, dan yang ada hanya warung-warung yang di sediakan oleh warga.

Sedangkan untuk penginapan di Pulau Tidung harganya kita bisa memilih sesuai dengan kebutuhan yang nilainya ekonomis atau yang berkelas. Sedangkan untuk pulau Bidadari harganya relatif murah sekelas resort yang berada di tengah pulau. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi alternatif saat mengisi liburan di jakarta.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

3 Comments

  1. disini tempatnya trafel. jadi banyak tahu tempat-tempat wisata nusantara

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks :Ad Views :