Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Jawa Timur / Banyuwangi / Pesona Wisata Pantai Plengkung Banyuwangi

Pesona Wisata Pantai Plengkung Banyuwangi

Menyibak Sisi Keindahan Surga Bahari Di Pantai Pengklung Banyuwangi

Direktori Wisata – Pantai Plengkung terkenal sebutan G-land berada alam area Taman Nasional Alas Purwo Banyuwangi menjadi tempat liburan yang menarik di ujung Pulau Jawa.

Pantai ini masuk adalam area Taman Nasional Maritim Alas Purwo, Jawa Timur. Daerah yang terletak di ujung timur Pulau Jawa initernyata banyak menyimpan keanegaraman habirtatnya dan terkenal dengan ombaknya yang memiliki ketinggian 4 -8 meter dan panjangnya hingga 2 km sering kali dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara.

pantai-pelengkung-banyuwangi

Konon sebutan G-land pada Pentai Plengkung ini bisa berarti Grajakan, green maupun great. Great dalam hal ini merupakan sebutan dari ombak di Pantai Plengkung yang terkenal dahsyat. Bahkan ada juga yang menyebut pantai ini berbentuk melengkung mirip dengan huruf G.

Di wilayah sekitar Pantai Plengkung terdapat resort yang diperuntukan wisatawan yang berkunjung dan ingin bermalam. Bangunannya mirip seperti wisma dan suasana penginapan di kawasan pantai ini sangat terasa nuansa hutan tropis alami yang menghadap pantai.

penginapan-pantai-plengkung-banyuwangi

Dari pengalaman Direktori Wisata bersama rekan-rekan melakukan perjalanan jelajah wisata Banyuwangi, kami menyempatkan diri bermalam di salah satu penginapan yang ada di dalam kawasan hutan Alas Purwo.

Konon lokasi kawasan wisata Pantai Plengkung menjadi destinasi wisata Banyuwangi terpopuler yang banyak di sambangi oleh wisatwan asing maupun lokal.

Menyusuri kawasan pantai sambil berkeliling di area sekitar hutan tropin Alas Purwo menjadi kegiatan yang bisa dilakukan pagi hari. Kita bisa melihat pemandangan hutan bambu yang terdapat di daerah sekitar tepi pantai.

Dengan jalan yang beralas pasir laut dan tanah kita bisa menyusuri kawasan ini. Sampai bertemu dengan tempat penginapan lainnya yang ada di kawasan Pantai Plengkung Banyuwangi ini.

Nuansa alam pagi dengan aroma udara hutan tropis Alas Purwo yang segar disertai biasan Cahaya matahari pagi yang memberikan kehangatan tanapk bergitu indah.

Latar belakang bangunan camp tempat menginap bagi para wisatawan asing yang datang untuk menikmati ombak Pantai Plengkung untuk berselancar. Di camp penginapan ini menjadi salah satu camp mereka untuk beristirahat dan menginap.

Tidak kalah menarik di tempat lain yang kami termukan di kawasan Pantai Plengkung, di sini terdapat penginapan yang menyediakan kendaraan taksi hutan atau yang mereka sebut junggle taxi, kendaraan ini di stanbaykan di depan pintu gerbang utama masuk area penginapan.

penginapan-pantai-plengkung

Bentuknya kendaraan beroda empat dan bermesindisel ini, konon untuk memberikan pelayanan keliling para tamu yang menginap dan mau menikmati hutan tropis Alas Purwo.

Bila kita mengarah di depan penginapan ini, kita akan menemukan obyek pemandangan ujung dari Pantai Plengkung yang bisa lihat. Pada spot ini, kami bersama rekan rekan dar pengeliat Travel Photography Indonesia melakukan acara hunting photo bersama.

pesona-pantai-plengkung

Hamparan batu karang yang terlihat jelas sepanjaang pesisir pantai yang sedang surut air lautnya di pagi hari menjadi sebuah fenomena pemandangan yang unik, dimana kita bisa menemukan banyak habitat laut yang hidup dan bersembunyi di balik batu-batu karang tersebut.

Pantai Plengkung Banyuwangi ini juga bisa menjadi tempat kita mengisi liburan bersama teman dan keluarga. Walau kita tidak bisa berselancar, kita juga bisa menikmati pemandangan alam yang indah di lokasi ini.

Bagi yang  suka dunia fotografi lokasi ini sangat cocok untuk dijadikan tempat hunting foto yang bagus untuk salah satu obyek pesona wisata Banyuwangi yan ada di ujung timur Pulau Jawa.

Untuk menuju lokasi kawasan Pantai Plengkung kita bisa masuk dari pintu gerbang utama Taman Nasional Alas Purwo lalu di lanjut ke kawasan Camping Ground Pancur yang terdapat di dalam area lokasi Taman Nasional Alas Purwo. Atau dapat mengkuti rute  arah petunjuk yang terdapat dalam peta di bawah ini.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

16 Comments

  1. Kirain saya tadinya yang difoto itu harimau beneran mas hehe ternyata setelah saya amati bukan. Oh ya, pantainya keren ya mas. Banyak karang-karangnya…

    • Indra Kusuma Sejati berkata:

      Bukan kang itu patung macan, dan air lautnya lagi surut pagi hari.

        • tepat kang

  2. kang itu pantainya lagi surut ya, pemandanan langit matahari terbenamnya bagus sekali

    • Indra Kusuma Sejati berkata:

      Benar kang, itu pagi hari di Pantai Plengkung

  3. Naaah kalau ini ya lumayan deket m kampung saya di Kab Demak g terlalu makan waktu kalau ke Pantai Pengklung Banyuwangi yang konon masih adik kandungnya pantai bali

    • Indra Kusuma Sejati berkata:

      wah, saya baru dengar nih kang pantai plengkung ternyata adik kandungnya pantai di Bali, nanti di cariin sama bapak ibunya ga tuh ? 😀

  4. klo sedang surut kayaknya asyik bisa main agak ketengah
    terlihat dasar pantainya berupa karang ya bang

    • Indra Kusuma Sejati berkata:

      Iya Kang, namun haru s hati-hati juga kita bermain di area karang harus pakai alas kaki, takutnya lecet. Kalau setiap pagi warga lokal yang ada di kawasan ini sering mencari ikan sama gutita kecil yang nyelip di karang-krang kang, seru banget sih kalau bisa lihat langsung. 😀

  5. efek” lumut di bibir pantainya keren

    • Indra Kusuma Sejati berkata:

      Memang kang, tapi kalau mau ke tengah harus pakai alas sepatu atau sendal, karena karang-karangnya tajam.

  6. saya liat-liat mas admin ini suka banget jalan-jalan yah?kok bisa yah?saya mah jalan-jalan seminggu sekali nih mas, kalo setiap hari bisa habis uang saya.heuheu

    • Indra Kusuma Sejati berkata:

      Tidak usah heran mas, kalau jalan-jalannya sambil kerja mah dan dibuat santai pasti bisa satu gambar foto di jadikan bahan destinasi. Dari pada hanya di share lebih baik di buat bahan cerita, siapa tahu menghasilkan apalagi kalau di post di blog atau di website. he,, he, he,, 😀

  7. kok kurang sret ya liat pantainya.
    apalagi yg gambar terakhir kotor bgt

    • Indra Kusuma Sejati berkata:

      besok kita minta kuras atau bersihkan deh mas pantainya. 😀

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :