Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Jogjakarta / Wisata Pantai Nglambor Gunungkidul Bermain Air dan Snorkling di Pesisir Selatan Jogjakarta

Wisata Pantai Nglambor Gunungkidul Bermain Air dan Snorkling di Pesisir Selatan Jogjakarta

/
/

Pantai Gglambor Gunungkidul:; Surga Bahari Di Pesisir Pantai Selatan Jogjakarta

Direktori Wisata – Sejuta pesona keindahan alam dasar laut pesisir pantai selatan yang memanjakan liburan anda di kawasan Pantai Nglambor yang berlokasi di Dusun Ngandong, Purwodadi, Tepus, Purwodadi, Tepus, Gunungkidul, Jogjakarta.

Pantai Nglambor Gunungkidul

Menghabiskan waktu liburan di kawasan Gunungkidul Jogjakarta kurang lengkap rasanya bila kita tidak hadir di salah satu obyek wisata pantainya. Walau letaknya di kawasan pesisr pantai Selatan, namun sahabat Direktori Wisata tidak perlu khawatir untuk habiskan waktu liburan menyenangkan di pantai yang satu ini, yaitu Pantai Nglambor yang terletak di pesisir Gunungkidul Jogja.

Jika kita melihat sepintas, obyek wisata Pantai Nglambor memiliki pemandangan yang sama dengan pantai-panatai yang ada di kawasan Gunungkidul Jogja lainnya. Namun jika turun ke bibir pantai, kita dapat merasakan perbedaannya.

Di obyek wisata pantai Gunungkidul ini kita tidak hanya disuguhkan pemandangan yang menarik. Pantainya yang dangkal menjadi suasana yang dapat memanjakan pengunjung dengan sajian elok pemandangan bawah lautnya.

Pantai gunungkidul Jogjakarta

Konon kita tahu laut selatan dikenal dengan lautnya yang memiliki ombak yang ganas dikarenakan berbatasan langsung dengan Samudra Hindia. Namun posisi pantai yang menjorok ke dalam dengan di apit dua tebing dan bukit di lokasi ini, membuat ombak terpecah yang membuat para wisatawan habiskan waktu dengan berenang dengan aman tanpa takut terseret dengan ombak besar.

Setibanya di lokasi Pantai Nglambor, perjalanan dapat kita lanjutkan dengan melewati celah pagar tanaman laut yang akan membawa kita hingga sampai di bibir pantai. Segerombolan anak muda dengan jaket pelampung berwarna jingga menyala lengkap dengan peralatan snorkel lainnya.

Dari pengalaman Direktori Wisata bertandang ke lokasi bersama rekan-rekan, untuk menikmati keindahan biota bawah laut di lokasi pantai Nglambor ini kami pun menyewa satu set perlengkapan snorkling yang dibandrol dengan harga Rp. 50.000,-. Dan para instruktur berpengalaman yang berada di lokasi pun siap mendampingi kami untuk mensusuri keindahan bawah lautnya.

Begitu sampai di lokasi pantai rekan-rekanpun terlihat antusias dan tak sabar ingin segera berenang dan menyelam di perairan dangkal.Konon informasi yang kami dapatkan di lokasi, kawasan Pantai Nglambor ini merupakan salah satu destinasi snorkeling di kawasan pesisir selatan Jogja yang memiliki panorama dasar laut menakjubkan dengan ragam terumbu karang dan biota laut.

Ikan jenis Sergeant Major, Jambrong dan beberapa ikan kecil lainnya adalah penghuni tetap yang terlihat sering berenang bergerombol atau bermain petak umpet di celah-celah terumbu karang.

Pemandangan cantik yang tertutup ombak ini sangat dijaga oleh masyarakat sekitar Pantai Nglambor. Bahkan kawasan pantai ini merupakan daerah budidaya beberapa jenis ikan serta lokasi konservasi terumbu karang dan biota laut lainnya.

Namun, hal yang harus diingat bagi sahabat Direktori Wisata yang akan bertandang ke lokasi ini yang akan melihat indahnya biota bawah laut tidak dapat lagsung bersnokling di pantai ini. Hal ini dikarenakan adanya jam pasang surut air laut. Dan biasanya kita akan mendapatkan konfirmasi terlebih dahulu untuk mengetahui pasang surut air laut sehingga aman saat kita akan melakukan snorkling.

Selain panorama keindahan dasar laut di pesisir pantai selatan Gunungkidul ini, kita pun dapat mengenal dekat tradisi upacara sedekah laut Ngalangi pun juga dilakukan di pantai ini. “Ngalangi” dalam bahasa Jawa berarti menghalangi atau melarang.

Dan yang harus kita ingat saat berkunjung ke pantai ini, masyarakat sekitar pantai Nglambor melarang siapapun untuk menangkap ikan di kawasan pantai kecuali sekali dalam setahun, di luar musim pemijahan ikan. Prosesi penangkapan ikan pun hanya bisa dilakukan dengan menggunakan gawar, yaitu semacam jaring dari akar pohon wawar yang dipancangkan dan dihalau bersama-sama ke laut oleh masyarakat setempat.

Uniknya, bila kita melihat dari dekat di lokasi ini alam pun turut menjaga dan mempertahankan keindahan akuarium semesta ini dengan memerintahkan dua karang kura-kura raksasa untuk berpatroli menjaga pantai pesisir di Gunungkidul ini.

Lanjut…..
Informasi yang Direktori Wisata terima di lokasi dua batu karang tersebut di berinama “Watu Kalong” dan “Watu Kuntul”. Kedua batu karang tersebutlah yang dengan gagah berani menjinakkan ombak-ombak garang agar tak terlalu keras memukul bibir pantai.

Keberadaan dua karang kura-kura raksasa inilah yang membuat terumbu karang Pantai Nglambor tidak rusak dihempas gelombang, sekaligus aman untuk snorkeling.

Baca : Menyusuri Kampung Wisata Taman Jogjakarta

Mengenakan peralatan snorkel lengkap dengan sepatu dan jaket pelampung, kami pun segera menyapa para penghuni zona neritik dibantu oleh salah satu pemandu. Kebetulan saat kami datang adalah waktu terbaik untuk snorkeling, di saat air laut belum pasang namun juga tak terlalu surut.

Baca : Wisata Alam Kalibiru Kulon Progo Jogja

Di lokasi obyek wisata Pantai di Gunungkidul ini juga terdapat dua persewaan alat snorkel di pantai ini, Bintang Nglambor Snorkeling (BNS) dan Pokdarwis Nglambor Lestari, hingga kami tak perlu bersusah payah membawa peralatan dari rumah.

Sisa-sisa ombak pantai selatan yang telah dijinakkan memberikan sensasi tersendiri ketika snorkeling di Pantai Nglambor. Tak jarang ketika kami sudah bersusah payah berenang agak ke tengah, ombak menyeret kami hingga ke tepian lagi.

Dengan keahlian seorang pemula, kami menyelam dengan sangat hati-hati agar tak menginjak terumbu karang dan merusak ekosistem dasar laut di pantai ini tetap terjaga dan tidak rusak.

Baca : Pesona tempat Wisata Gunungkidul Yogjakarta

Dari pengamatan dan pengalaman Direktori Wisata di lokasi, obyek wisata Pantai Ngamblor ini sangat berbeda dari pantai-pantai yang berada di Gunungkidul lainnya, di mana pantai ini merupakan pantai yang tenang hingga cocok untuk snorkling.

Meski termasuk katagori pantai yang paling tenang di pesisir pantai selatan, namun bawah lautnya tetap berarus, namun tetap bisa terkendali.

Untuk menikmati seluruh keindahan yang ada di Pantai Nglambor Gunungkidul ini yang berjarak sekitar 70 km dari pusat kota Jogjakarta ini kita harus merogoh kocek tiket masuk sebesar Rp. 10,000,- / orang. dan harga tersebut sudah termasuk untuk mengunjungi obyek wisata pantai lainnya seperti Pantai Jogan dan Pantai Siung yang letaknya tidak jauh dari lokasi Pantai Nglambor.

Cara menuju ke lokasi Pantai Nglambor Gunungkidul kita bisa menggunakan kendaraan pribadi roda dua ataupun mobil dengan mengikuti rute jalan dari bandara menuju ke lokasi di bawah ini.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :