Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

 
Home / Indonesia / Wisata Murah Di Setu Babakan Jakarta

Wisata Murah Di Setu Babakan Jakarta

 

Menikmati Liburan di Tempat Wisata Murah Meriah di Setu Babakan Jakarta

Direktori Wisata – Tempat wisata Jakarta bernuansa tradisi dan budaya Betawii yang menyajikan sarana tempat liburan murah meriah di Jakarta.

Jakarta yang dikenal dengan ramainya gedung pecakar langit yang menjulang tinggi serta ramai berbagai macam aktifitas. Dan juga Jakarta tidak hanya dikenal sebagai tempat pusat perekonomian pemerintah Indonesia yang memiliki kepadatan aktifitas yang hanya menyajikan tempat wisata eksklusif.

Perkampungan Betawi Setu Babakan

Namun,  Ibukota Jakarta juga menyediakan tempat wisata murah-meriah bagi kita yang akan menikmati liburan dengan nuansa unik dan menarik, salah satunya berada di Kampung Betawi Setu Babakan Jagakarsa Jakarta.

Tempat wisata Perkampungan Betawi yang terdapat di daerah Setu Babakan ini dikenal dengan julukan sebagai tempat wisata budaya miniatur budayanya si Pitung yang mudah kita temukan di Kampung budaya yang satu ini.

Untuk menikmati liburan di tempat wisata Setu Babakan Jakarta ini kita tidak perlu merogoh kantong dalam-dalam, karena mengisi dan menghabiskan waktu liburan di Kampung Betawi Setu Babakan ini tergolong murah-meriah untuk biayanya.

Wisata Kampung Betawi Setu Babakan

Selain kita dapat berlibur dan menikmati suasana sejuk dan nyaman, di tempat wisata budaya betawi di Kampung Setu Babakan ini kita juga bisa melakukan kegiatan wisata petualangan budaya yang seru di lokasi ini.

 

Dan yang tidak kalah sarunya kita bisa menikmati petualangan di danua buatan yang terdapat di dalam area lokasi sambil berpetualang dengan menggunakan dengan sepeda air yang bisa kita sewa di lokasi.

Tidak hanya danau buatannya yang luas yang terdapat di tempat wisata Kampung Setu Bababakan Betawi Jakarta ini , namun wilayah kampungnyapun juga termasuk luas, hingga membuat wawasan kita menjadi bertambah luas bila kita menenelusuri tempat wisata Kampung Budaya Betawi yang satu  ini.

Tempat wisata Kampung Setu Babakan ini dikenal dengan sebutan Kampung Budaya Betawi. Di area lokasi kampung ini kita tidak hanya disuguhkan dengan pemandangan alam yang indah, namun kita juga bisa mendapatkan sisi kisah cerita sejarah dan budaya dari masyarakat Betawi itu sendiri yang merupakan penduduk asli dari Kota Jakarta.

Menurut catata sejarah, suku betawi berasal dari perkawinan antara etnis yang berabad-abad lalu yang telah terlebih dahulu tinggal di tanah Batavia. Namun, sekarang ini suku Betawi telah berkurang dan kini telah terpinggirkan akibat dari pembangunan Kota Jakarta.

Maka tidaklah heran jika kita berlibur ke Jakarta sulit menemukan masyarakat suku Betawi yang berada atau tinggal di perkampungan tengah Kota Jakarta. Mayorias masyarakat suku Betawi pun bermigrasi kepinggiran kota, dan salah satunya adalah yang mendiami wilayah Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Dari informasi yang Direktori Wisata terima, sekitar +/- 5.000 kepala keluarga asli keturunan Betawi yang tinggal di daerah ini, dan menjadikan salah satu alasan berdirinya Kampung Betawi sejak tahun 2.000 silam.

Cagar Budaya Kota pun tersemat untuk Kampung Betawi ini, dengan mudah kita dapat menemukan peninggalan nenek moyang suku betawi yang masih asri berdiri yang berwujud rumah adat, termasuk rumah-rumah adat miniatur yang syarat akan makna budaya betawi.

Rumah-rumah yang terdapat di tempat wisata budaya Kampung Batawi Setu Babakan ini sekaligus menjadi pusat terselengaranya beragam acra kebudayaan betawi seperti : pantun, tarian hingga olahraga pecak silat asli betawi yang hingga kini masih dilestarikan.

Kampung Betawi Jagakarsa ini bermisi pelestarian budaya juga sebagai pemikat pengunjung yang datang bertandang. Seperti kegiatan tarian yang khas betawi yang kerap berlangsung pada stiap akhir pekan.

Pembuatan Batik Betawi-di Kampung Betawi Setu Babakan

Sama halnya daerah yang berada di tanah air, Betawi juga kaya akan seni lukis batiknya. Motif khas batik betawi yang menjadi perbedaan kain batik yang menjadi asal Batavia ini dengan hasil kain batik lainnya.

Di mana di tempat wisata budaya Kampung Betawi Setu Babaka ini kita juga bisa menemukan tempat pembuatan batik, dari baik tulis khas betawi hingga batik cap. Di tempat wisata Kampung Budaya Setu Babakan Jakarta inipun kita juga dapat belajar dan mengetahui lebih jauh tentang pembuatan batik khas Jakarta.

Bir Pletok

Setalah kita puas berkeliling di tempat wisata Jakarta yang berada di Kampung Setu Babakan ini, kita bisa mampir dan melihat dari dakat tempat pembuatan minumn kuliner khas betawi yaitu bir peletok yang terbuat dari rempah-rampah alami seperti lada hitam, kapulaga,  Minuman kahs betwai ini bisa diminum dengan dicampur es batu yang  bisa menghangatkan tubuh. Walau aromanya seperti jamu, namun rasanya minuman bir peletok ini seperti sirup.

Kuliner Kas Betawi Kerak Telor

Sambil mengisi liburan di tempat wisata Kampung Betawi Setu Babakan Jakarta ni kita juga dapat bekeliling di lokasi dengan mencoba dan mengenal kuliner khas betawi lainnya seperti kerak telor dan aneka kuliner betawi lainnya yang dijajakan di tempat wisata murah-meriah di Jakarta ini.

Untuk menuju lokasi Tempat wisata Kampung Setu Babakan Jakarta ini sangatlah mudah, kita bisa menggunakan kendaraan umu aau dengan menggunakan kendaraan roda emapat atau pun roda dua. Lokasinya pun tidak terlalu jauh dari pusat Kota Jakarta, dan bagi para sahabat yang sedang mengisi liburan di Jakarta menjadikan Kampung Betawi Setu Babakan ini menjadi salah satu destinasi wisata yang bisa dikunjungi dengan mengikuti rute jalan yang kami buat dari pusat Kota Jakarta.

Tempat wisata murah di Setu Babakan Jakarta yang tercemin dalam sebuah destinasi wisata yang bermuatan konservasi budaya yang memberikan pembelajaran kepada kita dengan  tidak sebatas bagaimana melestariakan sebuah budaya dalam bentuk simbol-simbol saja, namun produk sebuah budaya yang menjadi destinasi wisata budaya harus dapat layak jual, layak tonton dan juga layak di tampilkan di depan khalayak ramai. Selamat liburan di Jakarta.[]

 
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
 
 

5 Comments

  1. Baru tau saya mas ada minuman yang namanya bir pletok, jadi penasaran dan ingin nyicipi rasanya

    • Indra Kusuma Sejati berkata:

      Coba deh mas sekali-sekali, enak ko kaya sirop dan menyehatkan badan.

      • Mas indra dimana sekarang? kayaknya kalo kita minum sambil ngobrol bareng enak tuh. hehehe

        • Indra Kusuma Sejati berkata:

          Memang ada di Jakarta Kang ? kalau saya mah selalu ada di hatimu mas. ha,, ha,, ha,, duar….. 😀

        • Duarr,,, hati ku terbang di udara bagaikan balon. hahahaha

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :