Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Wisata Rohani / Wisata Malam Lailatur Qodar

Wisata Malam Lailatur Qodar

Wisata Rohani Menjaga Malam Lailaturqodar Di Bulan Suci Ramadhan

Direktori Wisata. – Pada malam 10 malam terakhir terdapat suatu malam Lailatur Qodar yaitu malam istimewah daripada malam 1.000 bulan yang selalu dinanti setiap muslim dengan melakukan wisata rohani di seluruh pelosok dunia.

wisata-mala-laitul-qodar

Wisata malam di 10 malam terakhir di bulan suci Ramadhan menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh umat muslim seluruh dunia. Bagi orang-orang yang mengetahui keistimewahan di malam-malam 10 hari terkahir tersebut banyak yang melakukan wisata ritual di malam hari.

Tidak mengenal usia, baik tua maupun muda hingga anak-anak semua memenuhi area masjid yang merupakan tempat yang dijadikan sebagai sarana itiqaf. Penyatuan jiwa dan raga dan segala bentuk kepasrahan dalam melakukan ritual keagamaan pun banyak ditingkatkan oleh mereka, khususnya peningkatan ibadah-ibadah sunah di malam hari hingga tiba waktu pagi, dan tidak jarang konsep wisata ritual seperti ini di tutup dengan melakukan makan sahur bersama-sama yang dilanjutkan dengan sholat Subuh berjamaah di musholah atau pun di masjid.

malam-laitul-qodar

Menjelang 10 malam teakhir di bulan suci Ramadhan, beberapa tempat ibadah baik di dalam ruangan masjid maupun di luar lapangan dipenuhi beberapa orang yang melakukan wisata rohani Ruangan masjid yang hening dengan udara dingin pagi 2/3 malam yang terasa hingga pori-pori hingga ketulang. Aura ritual religiuspun bisa kita rasakan dengan sejuknya cahaya ketenangan iman yang mengalir di dalam setiap detak jantung yang kita rasakan.

Dari infrormasi yang Direktori Wisata dapatkan dari nasehat agama yang diutarakan para pelaku wisata rohani di 10 malam terakhir bulan suci Ramadhan yang mereka dapatkan di dalam kitab suci Al-Qur’an adalah ,”Barang siapa yag beribadah pada malam Lailatul Qodar, akan sama dengan beribadah selama seribu bulan. Dan barang siapa yang mendapatkan kemulian pada malam tersebut, sungguh ia adalah manusia yang sangat beruntung dirahmati.”

Lanjut informasi…..
Lailatul Qodar itu merupakan waktu diturunkannya Alquran kitab suci umat Islam oleh Alloh SWT dari langit secara utuh, dan dimana di dalamnya terdapat keberkahan, dimana di malam tersebut turunlah para malaikat-malaikat bersama malaikat Jibril ke bumi. Pada malam inilah dimana malam pencatatan takdir tahunan ditetapkan oleh Alloh untuk setiap makhluk-Nya, dengan bertebaran kesejarhteraan hingga terbit fajar.

Dari keutaman dan rahasia yang terdapat di malam Lailaul Qodar inilah yang belum diketahui kapan waktu malam itu berlangsung, namun sudah menjadi sebuah tradisi dan keyakinan bagi sebagian besar umat muslim di dunia rata-rata melakukan wisata malam laitul Qodar dengan melakukan perjalanan ritual ibadah dengan melakukan itikaf di dalam majid atau  musholah.

Malam Laitul Qodar itu sendiri diyakini menjadi sebuah malam yang istimewah, namun tidak ada satu orang pun yang mengetahui persis kapan akan datangnya. Walaupun demikian dari keterangan yang diberikan Nabi Muhammad dalam beberapa riwayat beliau memberikan tanda-tanda datangnya Lailatul Qodar sebagai berikut ;

Tanda datangnya Malam Laitul Qodar yang pertama bisa dilihat dari Udara dan suasana pagi yang tenang dan hening
Dari informasi yang kami terima, salah satu tanda datangnya Lailatul Qodar itu adalah suasana pagi yang tenang pada keesokan harinya. Sedangkan dalam yang diterangkan dalam hadist yang diriwayatkan Ibnu Abbas : “lailatul Qodr adalam malam tentram dan tenang, tidak terlalu panas dan tidak pula terlalu dingin, esok paginya sang surya terbit dengan sinar lemah berwarna merah”.

Tanda datangnya malam Lailatul Qodar yang ke dua bisa dilihat dari Matahari cerah namun tidak panas.
Seperti yang dikisahkan oleh Ubay bin Ka’ab dari Nabi Muhammad swa pernah bersabda, ” Keesokan hari malam Lailatul Qodr matahari terbit hingga tinggi tanpa sinar bak nampan.”

Tanda datangnya malam Laitul Qodar yang ke tiga udara terasa tenang.
Di dalam keterangan kitab suci Al-Qur’an digambarkan bahwa Lailatul Qodr penuh ketenangan. Suanasana sangat berbeda dari malam-amal lainnya. Suasana lebih tenang, langit tidak berawan, udara sangat sejuk, tidak pas dan tidak dingin.

“Lailatul Qodr adalah malam yang terang, tidak panas, tidak dingin, tidak ada awan, tidak ada hujan, tidak ada angin kecang dan tidak ada yang dilempar pada malam itu dengan bintang (lemparan meteor bagi setan).” (HR. at-Thabrani).

Tanda datangnya malam Laitul Qodar yang ke empat yaitu bulan terlihat separuh
Dalam sebuah riwayat Abu Hurairah pernah berdiskusi Nabi Muhammad tentang Lailatul Qodr. Dan Rasullah bersabda. “Siapakan dari kalian yang masih ingat tatkala bulan muncul yang berukuran separuh nampan.”

Tanda datangnya malam Laitul Qodar yang ke lima yaitu hari ganjil
Dari keterangan tanda lain dari Lailatul Qodar datangnya pada hari ganjil pada sepertiga terakhir bulan Ramadhan. Seperti dalam keterangan hadis dari Aisyah menyebutkan: “Rasulullah ShallAllahu ‘alaihi wa sallam beri’tikaf di sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan dan beliau bersabda : “Carilah malam Lailatul Qodar di (malam ganjil) pada 10 terakhir bulan Ramadhan.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Namun, dari beberapa lokasi tempat rumah ibadah yang ada dan kami temukan, hanya sedikit orang yang mau dan yang masih menjalankan wisata rohani selama 10 hari terakhir dibulan suci Ramadhan yang di mana di satu malam tersebut terdapat satu malam istimewah yaitu malam Lailatul Qodar.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

7 Comments

  1. Semoga semua umat islam mendapatkan malam itu..Aamiin

    Banyak Typo nya min

    • Amiiin,,,,,, makasih atas koraksinya sob.

  2. Semoga kita mendapatkan malam terbaik itu, kang. Aminnn

  3. Aamiin …. semoga di Bulan Ramadhan ini kita bisa mendapatkan malam Lailatul Qadar ya kang

  4. mas, saya pamit dulu ya dari blog.
    maaf kalo banyak salah dan khilaf.
    sukses selalu

    • Sama-sama Kang, saya juga minta maaf atas segala ikhlaf, semoga bisa kemabli suatu saat kelak dalam dunia blogging atau di kopdar kita bisa tetap bersahabat. Amiin…

  5. amin beribu-ribu amin

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate ยป
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :