Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Jawa Barat / Bandung / Wisata Kuliner Tahu Sumedang

Wisata Kuliner Tahu Sumedang

Nikmati Sajian Kuliner Tahu Sumedang

Direktori Wisata – Sajian khas kuliner tahu sumedang bertekstur kasar juga padat dan rasanya gurih.

Seiring perkembangan jaman para pecinta dunia kuliner tahu tidak hentinya menciptakan kreasi dari makanan tahu, hal ini dilakukan agar tahu tidak hanya menjadi lauk pauk saja atau bahan makanan biasa saja. Salah satu contoh di kawasan wisata Lembang Bandung kita bisa menemukan sebuah kawasan centra dari pembuatan tahu Sumedang.

Wisata kuliner tahu sumedang

Pada saat Direktori Wisata bersama beberapa rekan berkunjung ke lokasi centra pembuatan tahu Sumedang di daerah Parompong Kabupaten Bandung Barat. Saat kami melakukan perjalanan wisata edukasi kami mendapatkan informasi, bahwa dalam pembuatan tahu di lokasi ini menggunakan bahan dasar kedelai lokal.

Menurut catatan sejarah yang kami peroleh, tahu merupakan makanan yang dulunya di bawa oleh orang Tiongkok ke indonesia. Beberapa puluh tahun yang lalu tahu menjadi penyelamat masyarakat jawa di mana pada saat tersebut masuk masa krisis asupan gizi. Seiring perkembangan jaman, tahu pun menjadi makanan yang biasa dimakan dan disantap oleh masyarakat sehari-hari.

Tahu terbuat dari kacang kedelai yang difermentasikan dan diambil sarinya. Dan awalnya jenis tahu hanya satu macam saja yaitu tahu putih. Seiring perkembangannya jenis tahu pun berkembang dengan pesat. Tidak hanya itu centra pembuatan tahu pun semakin berkembang. Dan salah satunya jenis tahu yang dijual kawasan Lembang Kabupaten Bandung Barat yang tentunya sudah asing lagi bagi kita yang sering plesiran di kawasan wisata Lembang Bandung.

Tahu kuning bertekstur padat, kenyal, berpori halus dan lembut dan lebih padat dari tahu putih dan tidak mudah hancur. Tahu berwarna kuning yang menggunakan pewarna dari bumbu kunyit yang telah ditumbuk.

Dalam proses pembuatan tahu yaitu tahu di bentuk terlebih dahulu kemudian direbus dlam larutan kunyit dan garam. Sehingga tanpa diolah pun tahu sudah bisa dimakan karena pada saat perebusan tahu sudah matang. Selain itu larutan kunyit dan garam membuat rasa tahu menjadi gurih dan tidak masam. Karena bahan dasa pembuatan tahu adalah kacang kedelai, tentu saja kandungan gizi yang terkandung dalam tahu tidak diragukan lagi, seperti protein, karbohidrat, lemak serta zat mineral lainnya.

Meski banyak mengandung kandungan gizi, namun pembersihan dalam proses pembuatan tahu sangat menentukan rasa dan kualitas dari tahu itu sendiri. Selain kualitas kedelai lokal lebih baik dengan kedelai lainnya, dan hal yang lebih utama adalah kedelai lokal ini dinilai lebih cocok untuk karakter ristik untuk membuat tahu Sumedang yang menonjolkan cita rasa gurih dan wangi.

Dalam proses pembuatan tahu Sumedang, kedelai yang telah dicuci bersih lalu dihaluskan yang kemudian direbus dan diaduk hingga menghasilkan ampas, kemudian ampas tahu yang mengendap di saringan diayak untuk mengambil saringan sisa yang akan disimpan untuk digunakan sebagai bibit tahu.

Tahu yang telah diproses kemudian di rendam dalam larutan bumbu, setelah di tiriskan barulah tahu digoreng. Ciri utama dari tahu sumedang itu sendiri kita bisa melihat dari tekstiur tahunya yang kasar juga padat. Sehingga cara menggorengnya pun harus diperhatikan, seperti besarnya api, bentuk penggorengan atau besarnya wajan serta banyaknya penggunaan minyak pada saat proses penggorengan.

Konon infromasi yang Direktori Wisata terima, api yang terlalu besar bisa membuat kematangan tahu yang tidak merata, bahkan hasilnya pun bisa cepat gosong.

Tahu bisa menjadi salah satu bahan makanan yang bsa di olah kembali untuk menciptakan beragam kreasi kuliner Tentu saja semua ini menjadi kekayaan dari bagian dunia kuliner Indonesia. Yuk nimati sajian kuliner tahu Sumedang buatan Indonesia.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

3 Comments

  1. Wah, mantap nih mas tahu Sumedang. Kuliner yang paling terkenal dimana-mana

    • Indra Kusuma Sejati berkata:

      Kalau makanan tahu Sumedang semua pasti k=suka.

  2. Kalau diriku makan tahu ya tahu goreng biasa dijual di pinggiran jalan 😀 di warung sebelah juga ada penjual gorengan, tapi kalau makan tahu sumedang sepertinya belum pernah hehe

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :