Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Kuliner / Wisata Kuliner Tahu Goreng Krekes

Wisata Kuliner Tahu Goreng Krekes

Sajian Kuliner Tahu Goreng Krekes

Direktori Wisata. – Tahu goreng dengan rasa krekes yang dilumuri adonan tepung dengan bumbu khas tradisional Indonesia ini cukup menggoda.

Walau terbuat dari tahu putih biasa dan tanpa isi, namun rasa renyah adonan tepung dan rasa kedelai dari dari tahu tersebut sangat terasa sekali di lidah. Apalagi pada saat tahu goreng dalam keadaan masih hangat. 

tahu-goreng

Untuk melengkapi sajian menu kuliner Indonesia yang satu ini sebagai pelengkap bisa menggunakan sambel mentah atau sambel kecap, bisa juga pakai  sambel rawit, tinggal tergantung selera kita saja.

Awal diperkenalkan dengan menu tahu goreng krekes ini kami pun bingung dan penasaran. Sampai saya bertanya dalam hati, apa bedanya dengan tahu goreng yang ada di pedagang kaki lima ?

Sebab secara sepintas tahu goreng ini mirip seperti yang diperjual belikan oleh abang-abang di kaki lima.

Namun, pelayan tersebut meyakinkan kepada kami bahwa ini sangat beda dengan tahu goreng yang sering kita temukan di pedagang kaki lima.

Setelah dihdang di depan meja, kami pun mencoba, ternyata memang benar rasanya beda banget.

Campuran bumbu dan minyaknya tidak tercium sangit, dan rasa tepung yang di adonannya pun bisa menyatu dengan rasa kedelai tahu yang masih segar.

Hal ini mengingatkan kami pada saat mengenal tentang kuliner Indonesia pada saat melakukan wisata kuliner Indonesia di beberapa daerah.

Dari informasi yang Direktori Wisata dapatkan, untuk membuat tahu goreng krekes secara garis besar hampir sama dengan membuat tahu goreng biasa.

Namun, dalam penggunaan tahu yang akan digunakan harus menggunakan tahu yang masih baru, dan tidak menggunakan tahu yang disimpan dalam pendingin yang sudah beberapa hari.

Teknik dan cara yang dipilih juru masak tersebut agar menciptakan rasa segar tahu putih yang nikmat setelah digoreng.

Sedangkan untuk bumbu yang dicampur dengan tahu si juru masak pun menerangkan tahu tersebut direndam dengan air yang dicampur beberapa racikan seperti bawang putih halus, sedikit garam dan merica yang dicampur dengan kaldu ayam biasa yang direndam sebentar +/- 60 menit tanpa di masukan di pendingin.

Untuk adonan tepungnya, dicampur sedikit tepug dan dicampur telor, merica dengan sedikit pengembang lalu di aduk.

Setelah minyak mendidih di penggorengan barulah di celupkan di adonan tepung lalu dimasak di atas api yang tidak terlalu besar dengan minyak sayur pilihan yang masih baru.

Baca juga : Kuliner Peyek Bayam Oleh-Oleh Jajanan Khas Bogor

Itulah garis besar keterangan yang diberikan juru masak tahu goreng krekes ini kepada kami di sebuah restoran yang ada di bilangan Jakarta Timur.

Menu makanan tahu goreng krekes ini, selain menjadi menu pelengkap makan siang atau pun makan malam.

Makanan ini pun bisa menjadi makanan sebagai teman minum teh atau pun kopi di siang hari atau sore hari.

Apalagi bagi kita yang duka nyemil jajanan gorengan tradisional yang menjadi makanan cemilan masyarakat Indonesia.

Sajian tahu goreng di atas sebuah piring kecil yang dihias dengan irisan buah tomat yang tipis dan di tempelkan di atas tahunya dengan rapih.

Maka akan terlihat lebih bagus dan menghasilkan perpaduan cita warna kuliner yang bisa menggugah rasa selera dan estetika hiasan di meja hidang yang siap saji.

Apalagi makanan ini dihidang pas waktu makan siang atau makan malam tiba. Selamat menikmati sajian menu dari hasil perjalanan wisata kuliner tahu goreng krekes kami. Bisa dicoba menunya.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

21 Comments

  1. paling nikmat ngga ada duanya mah tahu goreng bungkeng asli sumedang atuh mang, belom pernah ngerasain kan tahu goreng bungkeng sumedang mah….wisatanya ngga pernah ke sumedang seh….atau ke Bekasi deh, mumpung saya ada di Bekasi

    • Mang Lembu sukanya hoax, pak
      Pas saya mampir ke Cilembu ga ada tuh disuguhin tahu
      malah disuruh ngeblog…

      • Biasa kang pancingannya sama tahu atau ubi, padahal ngeblog lagi-ngeblog lagi deh. 😀

        • dikolom ini cuman saya yg abegeh

  2. belum pernah nih mas nemu yang kek gini. kayaknya enak banget ya mas,,
    oh iya mas, adanya cuman di Jakarta ya mas ?

    • Kebetulan saya ketemu tahu goreng ini baru di Jakarta mas. di daerah lain belum 😀

      • namanya juga ibukota,semuanya ada

    • suruh ngirimi mas indra saja mas wiki

  3. sepertinya enak ya kang tahu krekes, masalah belum pernah nyoba xixixi… coba kirim kang kesini pengen nyobain tahu krekesnya 😀

    • nati kang saya lihat dulu di lemari masih ada ga tahu goreng krekesnya. 😀

      • saya juga mau tahu krekes loh

  4. belum pernah nyoba tahu krekes, tapi kalau tahu digoreng dikasih tepung itu emang enak apa lagi mkan pake cabe hehe…

    • minumannya teh anget biar makjleb

  5. saya juga jadi penasaran nih dengan tahu krekesnya mas.
    sekilas memang nampak mirip dengan tahu isi yang kalau ditempat saya sering disebut tahu berontak

  6. bikin ngileerrr

    • ngiler isdebes

  7. Menu khas saya tuh bang..hahhayy

  8. Kayanya enak nih! Boleh di cob a

    • Kalau mau coba tahu goreng krekesnya bisa aja mas, tapi satu aja ya, biar yang lain dapat kebagian. 😀

  9. namanya itu loh,unik banget…tahu goreng krekes.
    disini ada itu kang,cuma disini dalamnya di isi udang.
    tapi aku ga tau namanya,taunya beli trus makan.

    • Memang paling enak kalau di isi udang, apalagi tinggal makan alias grtais ya Kang. Tapi kalau yang ini malah tawar, dan namanya aja yang unik apalagi rasa dari tahu goreng krekes ini kang eunak tenan. 😀

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :