Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Kuliner / Wisata Kuliner Solo Pilihan

Wisata Kuliner Solo Pilihan

Sajian Kuliner Pilihan Di Solo Yang Unik Dan Khas

Direktori Wisata – Kalau datang ke Solo jangan lupa berwisata kuliner karena ada banyak sekali kuliner enak di kota yang satu ini. Selain enak harganya juga murah.

Kota Solo tidak pernah tidur alias hidup selama 24 jam., kini keberadaan kota ini menjadi tempat wisata kuliner Solo yang menyajikan keragaman makanan khas berbagai macam dan rasa yang bisa memanjakan siapapun. Jadi kapanpun kita merasa lapar dan ingin makan, maka kita bisa dengan mudah mencari penjual makanan enak di sini.

Beberapa kuliner Solo yang bisa dijadikan rekomendasi untuk dicicipi diantaranya adalah Selat Solo, Soto Bening, Sego Kucing, Sate Kere, Cabuk Rambak, Gempol Plered , Tahok dll. Kalau soal harga jangan ditanya lagi, jelas murah meriah dan cocok buat isi kantong siapapun.

Kuliner Solo Pilihan:: Selat Solo
kuliner-salat-solo

Kulier Solo Pilihan salat solo ini sebenarnya adalah modifikasi dari hidangan Belanda yang dulu pernah tinggal di Solo pada jaman penjajhan dulu. Sekilas selat Solo memang agak mirip dengan salad daging yang ditambahkan saus encer. Di dalam sepiring selat Solo kita akan menemukan irisan sayuran segar seperti timun dan daun selada.

Ada juga daging yang dimasak manis seperti semur. Daging ini ada yang disajikan dalam bentuk irisan utuh dan ada juga yang berupa daging giling yang digulung bersama telur dadar kemudian baru dipotong bulat. Selain itu juga ada irisan telur pindang yaitu telur yang dimasak dengan kecap hingga berwarna coklat. Tapi ada juga lho telur yang dipecahkan kemudian diletakkan dalam cetakan baru dikukus.

Sebagai pelengkap ditambahkan irisan kentang yang digoreng garing atau lebih dikenal dengan sebutan keripik kentang. Semua isian selad Solo yang ada di dalam piring kemudian disiram dengan saus yang mirip saus beef steak tapi encer. Terakhir barulah ditambahkan mayonaise.

Kuliner Solo Pilihan:: Soto Bening
kuliner-solo-pilihan-soto-bening

Kuliner Solo pilihan solo juga memiliki soto yang khas, Ini adalah soto ayam dengan kuah yang bening. alam semangkuk Soto akan diisi dengan nasi, bihun , tauge, ayam yang disuwir , daun seledri serta bawang goreng. Terakhir akan disiramkan kuah soto. Untuk menambah kenikmatan Soto Bening ini kita bisa memilih lauk yang tersaji di meja seperti misalnya sate telur puyuh atau aneka gorengan berupa tempe, tahu juga bakwan.

Kuliner Solo Pilihan:: Sego Kucing
kuiner-solo-pilihn-seg-kucing

Kuliner Solo pilihan sego kucing ini biasa dijual di angkringan yang ada di setiap sudut kota Solo. Disebut sego kucing karena porsinya yang sedikit seperti porsi makanan kucing. Di dalam bungkusan sego kucing ini juga ada sambel dan sepotong kecil bandeng goreng.

[the_ad id=”13728″]

Sekarang lauk yang ada dalam bungkusan sego kucing ini sudah beragam. Ada oseng-oseng kacang panjang, orek tempe dll. Jika masih kurang lauknya, jangan khawatir karena di meja angkringan ada lauk yang beraneka macam. Kita bisa memilih gorengan, sate kerang, sate kikil, sate telur puyuh, kepala ayam dll. Jika ingin lauk yang hangat maka kita juga bisa meminta tukang kuliner angkringan untuk membakarnya

Kuliner Solo Pilihan:: Sate Kere
kuliner-sate-kere-solo

Kuliner Solo Pilihan Sate ini memang lain dari sate kebanyakan di Nusantara. Sate kere tidak memakai daging sebagai bahan utamanya. Kita bisa menikmati sate yang memakai bahan utama dari tempe gembus, yaitu tempe yang terbuat dari ampas tahu, Selain itu ada juga jeroan sapi seperti usus, limpa, jantung serta kikil. Sebelum dibakar semua bahan utama sate kere ini harus diungkep dengan aneka bumbu baru kemudian dibakar dengan dilumuri kecap dan sisa bumbu ungkepan yang menjadikan kuliner sate kere Solo memiliki cita rasa khas.

Kuliner Solo Pilihan:: Tahok
kuliner-solo-pilihan-tahok

Kuliner Pilihan Solo Tahok yang merupakan makanan jajanan enak dinikmati pada pagi hari di saat udara dingin. Ini karena kuah Tahok terbuat dari air rebusan jahe yang dicampur dengan gula aren. Yang disebut tahok sebenarnya adalah kembang tahu sehingga warnanya putih dan teksturnya lembut. Di tempat lain orang mengenal tahok sebagai Tahoa atau kembang tahu. Tapi tidak banyak juga pedagang Tahok yang bisa kita jumpai di Solo. Jika kita datang ke PAsar gede Solo pada jam 7 pagi hingga jam 12 siang kemungkinan besar kita masih bisa menemui si penjual tahok dengan topi lakennya yang khas.

Kuliner Solo Pilihan:: Gempol Plered
kuliner-pilihan-solo-gempol-plered

Kuliner pilhan Solo Gempol plered sering juga disebut sebagai baso beras. Kuliner yang satu ini juga lebih sering disebut sebagai minuman dari pada makanan. Dalam satu mangkuk kita akan menemukan dua bentuk makanan yaitu gempol dan plered. Plered adalah beras yang ditumbuk kasar atau dikenal dnegan nama meniran. Nah meniran ini akan dibuat adonan dengan ditambahkan santan. Adonan meniran ini kemudian dibentuk bulat dan direbus dalam air mendiidh hingga matang.

[the_ad id=”13728″]

Plered terbuat dari tepung beras ketan yang sekilas menyerupai pangsit. Biasanya plered diberi warna sesuai dengan gulanya. Penambahan gula pada plered membuat makanan ini terasa manis. Ada plered yang berwarna coklat karena ditambahkan gula Jawa dan ada juga Plered yang berwarna merah muda karena diberi tambahan gula pasir dan pewarna makanan.

Gempol dan plered ini akan ditambahkan kuah berupa santan encer. Agar lebih segar lagi biasnaya akan ditambahkan juga es batu. Walaupun termasuk kuliner yang langka di Solo tapi kita bisa menemukan penjual gempol plered ini tepat di depan pintu masuk Pasar Gede Solo.

Sajian kuliner pilihan khas Kota Solo tersebut di atas dapat menjadi salah sstu alternativ pilihan kita untuk mencobanya pada saat mengisi liburan di Kota Solo.Bahkan kita dapat melakukan wisata kuliner Solo pilhan yang unik dan penuh pilihan bentuk dan rasa khas yang dapat memanjakan kita untuk menghabiskan waktu liburan di Kota Solo.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

48 Comments

  1. Wah, kuliner asal Solo terlihat enak-enak, mas Indra. Apalagi gambarnya yang besar benar-benar membuat saya jadi ngiler, mas…hehehe.

  2. banyak sekali kuliner solo ya, paling suka yang agkringan tuh, bisa sambil nongkrong sambil nikmati nasi kucing dan susu jahe.

      • Kapan saya bisa menikmati hidangan kuliner solo itu Mas Indra? apa saya kudu ke Kota Solo nya gituh..?

        • kapan ya ? nanti deh kalau kita lburan di Solo kita wisata kuliner Solo yang menyajikan hidangan yang unik dan khas.

  3. Soto beningnya bikin kemecer. Belum pernah sih makan soto bening yang versi Solo. Kalo di Surabaya dulu pernah makan…

    Semoga suatu saat bisa ke Solo..

    • Nati kalau ke Solo bisa langsung coba Kuliner pilihan SOlo untuk soto bening ini gan. he,, he, he,,

  4. enaknya kalau jalan-jalan ke Jawa Tengah dan sekitarnya itu banyak kuliner enak dengan harga murah 🙂

    • Benar mba, apalgi kesan tempat makanan itu loh yang membuat lebih unik dan asik banget sambil nikmati kulinernya di sana.

  5. Wah sotonya, kang. Bikin laper bawaannya haaaa

    • Apa karena bening kang sotonya ? biasanya yang bening-bening mlah bikin orang penasaran kang. he,, he,, he,,

  6. kuliner solo memang banyak pilihannya dan terbilangsangat khas, sayangnya kalo pas ke Solo selalu sudah tersedia dirumah embahku atuh da

    • enak dong kalau pas ke Solo Mamang sudah ada yang masakin di sana ya ? boleh gratis lagi he,, he,, he,

      • Kuliner solo mah sudah pasti enak dan menggiurkan. Tapi sayah Pusing lihat Foto Mang Lembu yang teraniaya kepalanya digantung kebawah tt4tt4tt4tt4 😀

  7. kayaknya enak nih,,, sayangnya jauh kesolonya. melestarikan kuliner nusantara membuat saya tahu banyak

    • Minimal nanti kalau jalan-jalan ke Solo bisa tahu kuliner khas solo yang unik dan menarik mas, Dan kuliner ini banyak di minati oleh para wisatawan yang melakukan liburan di sana. yuk wisata kuliner Solo mas kalau liburan di sana…

  8. Soto Bening Solo memang mantab Pak rasanya. saya juga pernah maem Soto ini. tapi di Karawang saya blm menemukan yg jualan nya hikhik… cuma soto yg biasa saja..

    • Benar kang untuk kuliner soto bening yang di Solo ini enak banget dan rasanya khas. kalau sudah nyoba kayanya kurang tuh semangko, beda banget sama soto yang lainnya.

      • Boleh saya minta satu mangkuk soto bening khas solo nya Mas Indra.? Gratis kan gak pake bayar bayaran? 🙂

        • SilHKn mA, Menu soto bening Solo ini akan membawa kedalam cita rasa yang berbeda loh mas… bisa nambah lagi… he,, he,, he,,,,,

  9. jadi penasaran dengan tahok nya mas, belum pernah soalnya kayanya enak jiklau malem” jajan tahok anget-anget gimana gtu 🙂

    • pastinya dong mang, meskipun belum mencobanya tapi dengan melihat dan menjilat layar monitor.ehh
      maksudnya dengan melihat makanan nya juga bisa bikin ngiler.heuheu

    • enak mas, kalau di santam malam hari makanan tahok ini bisa menghangatkan tubuh. dan ini menjadi makanan pilihan malam hari yang enk di santap di daerah Solo. Kapan-kapan bisa deh menelusuri wisata kuliner Solo pilihan sambil mencoba makanan tahok tersebut, saya aja nambah ko setelah mencobanya. 😀

    • silahkan mas langsung di coba aja makan satenya dengan soto yang bening itu, pasti seger deh…..

      • nanti saya coba deh mas, siapa tau ditasik ada.hehe
        biasanya saya jadwal kuliner itu sabtu mas sambil jalan2 lah biar ga penat.hehe

        • memang kalau akhir pekan paling enak wisata kuliner sama yayang ya….he,, he,, he,,,

  10. Sego kucing yang menjadi primadonaku. Aku bisa habis sepuluh bungkus. Gorengan dan satenya yang bikin menambah selera. Ikan terinya tidak kalah enaknya. Minumnya susu jahe. Mantap.

    • Itu menu kuliner solo pilihan tuh kang kalau lgi liburan di kota Solo yang enak untuk teman nongkrong malam di sana. he, he, he,,

  11. Jadi lapar saya nih Mas Indra.. menu kuliner nya sangat menggoda lidah nih Mas 🙂

    • kalau sudah nyba selat solo pasti ketagihan loh mas. karena ini kuliner solo yang unik dn bersejarah yang enak banget mas.

  12. Tahok di Semarang juga ada, nyebutnya wedang tahu 🙂
    Klo gempol plered tuh plerednya ga pake gula kalo di sini. Warnanya pink dan hambar. Baru enak klo pas diminum bareng kuah santannya yg manis gurih itu.

  13. enak-enak banget ya kang makanan solo,,, itu satenya kayanya rasanya mantap..

    • iya kang, apalagi kalo sore2 begini maem nya wiih pokoknya pengen nambah lagi deh

      • apalagi kalau makanan dalam ke adaan laper… eunak banget deh mas. ha,,, ha,, ha,,,

  14. Penasaran sama Gempol Plered nya, kira2 selain di Solo apa ada yang jual ndak ya mas 🙂

    • Saya kurang tahu mba kalau di luar Kota Solo kuliner tersebut ada atau tidak, karena saya sendiri belum pernah menemukan. Mungkin nanti ada pembaca yang lainnya bisa membantu memberikan komentar di sini.

  15. Solo memang ideal untuk liburan. Pas masuk kota surakarta rasanya adem. Apalagi icip-icip aneka kuliner khas solo. Banyak sekali pilihannya.

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks :Ad Views :