Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Kuliner / Wisata Kuliner Peyek Tempe Renyah

Wisata Kuliner Peyek Tempe Renyah

Sajian Kuliner Tradisional Peyek Tempe Renyah Dan Gurih

Direktori Wisata – Peyek tempe merupakan makanan tradisional yang tebuat dari tempe yang diiris tipis dan digoreng dengan baluran tepung yang diberi bumbu.

Jalan-jalan liburan di daerah Indonesia, kita bukan hanya dapat menikmati ragam keindahan pesona alam dan budaya dengan kearifan lokal masyarakanya. Beragama bentuk sajian kuliner tradisionalpun dapat kita temukan, salah satu contoh adalah kuliner tradisional peyek tempe renyah satu ini.

peyek-tempe

Bila kita perhatikan sekilas sajian kuliner tradisional nusantara ini sepintas sama dengan makanan tempe goreng gambus. Walau terlihat sama-sama dari bahan dasar tempe, namun proses pembuatan tempenya yang berbeda. Bila peyek tempe ini terbuat dari bahan dasar kedele pilihan, sedangakan tempe gambus dari bahan dasar sisa ampas pembuatan tahu. ( Baca : Wisata Kuliner Indonesia:: Tempe Gembus )

Dari pengalaman kami di lokasi pembuatan kuliner peyek tempe di tempat wisata kuliner yang menjajakan makanan tradisional khas untuk oleh-oleh di daerah Bogor, kami menemukan sebuah  kedai yang menyajikan jajanan khas kuliner tradisional peyek tempe. Mereka pun tidak sungkan untuk memperlihatkan bagaimana cara proses pembuatan peyek tempe yang dikenal renyah dan gurih.

pembuatan-peyek-tempe

Didalam area yang tidak terlalu luas, mereka menjadikan tempat tersebut sebagai dapur untuk memasak peyek tempe. Kita bisa melihat meeka memotong tempe dengan irisan yang tipis. Setelah tempe diiris tipis, maka satu persatu di celupkan di dalam adonan tepung yang telah di campur dengan aneka macam bumbu penyedap racikan untuk peyek tempe goreng yang renyah tersebut.

pembuatan-peyek-tempe

Di dalam kuali besar dengan temperatur minyak goreng yang sudah masak, tempe yang dibalurkan dengan tepung dan racikan bumbu tradisional khas peyek tempe ini, di satukan dengan mencelup tempe tersebut lalu di celupkan di dalam minyak yang telah siap menggoreng.

Dalam proses menggoreng peyek tempe pun mereka tentu memiliki cara dan teknik tersendiri, walau terlihat mudah namun tidak semudah apa yang kita bayangkan. Karena hasil dari tempe yang digoreng tersebut jangan samapi terlihat gosong, atau warnanya berubah menjadi coklat.

Setelah terlihat cukup masak dan warnanya agak berubah setelah masak dan terlihat garing, barulah peyek tempe tersebut diangkat dan ditiriskan dari minyak goreng hingga kering. Dalam proses pembelian jajanan keripik peyek ini, kita bisa mencoba langsung hasil masakannya di lokasi. Dan ini diberikan secara cuma-cuma untuk siapa saja yang akan mencoba. Bila hasil proses dari peyek tempe tersebut terasa memang cocok dengan lidah dan selera kita, barulah bisa kita mememsannya untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh jajanan khas dari liburan di Indonesia.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

12 Comments

  1. saya suka banget peyek, peyek tempe cocok banget nih dimakan sama nasi pecel

  2. sudah lama sekali saya blm makan peyek tempe ini kang, dulu waktu masih di yogya sih sering karena mudah mencarinya. disini jarang yg jualannya hehhee, padahal saya suka banget karena renyah

    • Benar kang, kalau d daerah sekitaran bogor puncak , Bandung dan Jogja biasanya jajanan ini banyak dijual. Rasa yang renyah dan gurih menjadikan kuliner peyek tempe ini selalu diingat dan membuat kangen. 😀

  3. Pak ini mah namanya kripik tempe kali bukannya peyek
    Peyek itu kan lagunya trio macan… 😀

    • Ada yang bilang keripik tempe dan juga ada yang bilang peyeng tempe juga kang, tinggal tergantung daerahnya saja yang meneybutnya apa. Aapalagi kalau yang goreng peyek tempe itu si Trio Macan. 😀

      • gitu tho pak..?
        habisnya di tempat aku kalo peyek itu penghuni tepungnya engga banyak. kalo tepungnya dikit tipis digoreng kering namanya keripik. tapi eh kripik singkong ga pake tepung ya..?
        mbuh ah mumet mending santap aja 😀

        • Tuh kan jadi mumet sendiri, mending ikutin dari sana aja, lebih neak di santap langsung aja peyek tempenya kang. 😀

  4. Kalo di kampung saya lebih ke mendoannya mas, tapi makanan berbahan dasar tempe memang selalu nikmat di hidangkan ke jenis panganan apa saja 🙂

    • mendoan mah kalo digorengnya basah masih setengah mateng. kalo kering ya kripik lah…

  5. saya suka sekali peyek tempe, enak buat camilan

  6. peyek ini buat kita gk bisa berenti ngunyah, soalnya tidak mengenyangkan tapi rasanya enak dan kriuk kriuk jadi pengen nambah terus

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks :Ad Views :