Oh Snap!

Please turnoff your ad blocking mode for viewing your site content

Wisata Kuliner Pempek Palembang

Mengenal Kuliner Indonesia Pempek Palembang Dari Dekat

Direktori Wisata – Pempek merupakan salah satu kuliner Palembang yang cukup dikenal dikalangan wisatawan domestik maupun macanegara. Makanan yang terbuat dari adonan tepung yang dicampur dengan bumbu resep khas tradisional Palembang dengan gilingan daging ikan.

pempek-palembang

Kuliner Pempek asli Palembang dikenal dengan proses pembuatan dari adonan bahan dasar tepung tepung sagu dan ikan, disajiakn dengan kuah cuka yang terbuat dari gula merah, asam jawa dan cuka yang dicampur dengan sedikit bumbu khas yang menjadi ciri identitas rasa dari kuliner pempek ini di dalam kuahnya.

Informasi yang Direktori Wisata dapatkan, bahwa daging ikan yang digunakan untuk pembuatan pempek asli Palembang yang enak dan nikmat terbuat dari ikan tenggiri. Rasa ikannya pun sangat beda dengan pempek yang hanya dibuat dari daging ikan yang lainnya. Sedangkan untuk kuahnya sendiri terlihat sangat kental, dan rasa cuka nya pun tidak terlalu menyengat di mulut dan lidah. Rasa kuahnya pun lebih seimbang campurannya tidak ada yang terasa lebih dominan manis pedas dengan asam gula jawa-nya. Perpaduan bumbu dan teknik memasak kuliner Indonesia yang sangat melekat dan menjadi ciri khas.

Pempek asli Palembang yang kami olah pun, langsung di datangkan dari Palembang, dan ternyata rasanya sangat berbeda dengan makanan pempek Palembang yang ada di Jakarta. Walau terlihat sama namun rasanya tetap berbeda. Mungkin yang ada di Jakarta telah melalui proses inovasi pengembangan dari kuliner pempek Palembang itu sendiri.

pempek-goreng-palembang

Untuk proses goreng pempek Palembang yang kami lakukan sendiri tidak sulit, karena kami dapatkan jajanan khas pempek Palembang ini tinggal digoreng saja. Untuk proses penggorengan pempeknya pun tidak terlalu lama, tinggal panaskan minyak goreng dalam penggorengan dengan temperatur yang cukup, lalu pempek dimasukan di dalam minyak goreng yang telah panas dan siap menggoreng. Dari jenis pempek kapal selam, pempek isi telor, dan pempek yang isi daging ikan tenggiri.

Dalam menggoreng pempek Palembang, di usahakan agar api jangan terlalu besar, stel dengan ukuran sedang, agar minyak tidak terlalu panas dan juga hasilnya pun tidak gosong. Bila warna pempeknya sudah terlihat agak menguning dan matang, maka pempek tersebut telah matang dan siap diangkat.

pempek-isi-telor

Setelah diangkat dari penggorengan, pempek dapat ditiriskan minyaknya terlebih dahulu. Setelah itu baru dapat disajikan dalam bentuk utuh atau di potong kecil-kecil tergantung selera kita. Untuk pempek yang isinya telor dapat kita lihat kuning telor yang berada di dalam adonan pempek terlihat bagus dan sempurna. Telor yang terdapat di dalamnya pun tidak terpengauh dengan proses minyak goreng yang terlalu panas.

Pempek asli Palembang ini nikmat bila di makan dalam keadaan masih hangat. Kita bisa merasakan paduan rasa adonan tepung dan daging ikan tenggiri yang legit dan enak, dengan bumbu kuah pempek yang khas. Baluran bumbu kuah cuka dan gula jawa dengan asam jawa yang diberi ebi sedikit menambah sensasi kenikmatan dari hasil olahan kuliner khas jajanan Palembang ini.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
  • stumbleupon
This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks :Ad Views :