Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

 
Home / Kuliner / Wisata Kuliner Pempek Palembang

Wisata Kuliner Pempek Palembang

 

Mengenal Kuliner Indonesia Pempek Palembang Dari Dekat

Direktori Wisata – Pempek merupakan salah satu kuliner Palembang yang cukup dikenal dikalangan wisatawan domestik maupun macanegara.

Makanan yang terbuat dari adonan tepung yang dicampur dengan bumbu resep khas tradisional Palembang dengan gilingan daging ikan.

pempek-palembang

Kuliner Pempek asli Palembang dikenal dengan proses pembuatan dari adonan bahan dasar tepung tepung sagu dan ikan, disajiakn dengan kuah cuka yang terbuat dari gula merah, asam jawa dan cuka yang dicampur dengan sedikit bumbu khas yang menjadi ciri identitas rasa dari kuliner pempek ini di dalam kuahnya.

Informasi yang Direktori Wisata dapatkan, bahwa daging ikan yang digunakan untuk pembuatan pempek asli Palembang yang enak dan nikmat terbuat dari ikan tenggiri. Rasa ikannya pun sangat beda dengan pempek yang hanya dibuat dari daging ikan yang lainnya.

Sedangkan untuk kuahnya sendiri terlihat sangat kental, dan rasa cuka nya pun tidak terlalu menyengat di mulut dan lidah. Rasa kuahnya pun lebih seimbang campurannya tidak ada yang terasa lebih dominan manis pedas dengan asam gula jawa-nya. Perpaduan bumbu dan teknik memasak kuliner Indonesia yang sangat melekat dan menjadi ciri khas.

Pempek asli Palembang yang kami olah pun, langsung di datangkan dari Palembang, dan ternyata rasanya sangat berbeda dengan makanan pempek Palembang yang ada di Jakarta. Walau terlihat sama namun rasanya tetap berbeda. Mungkin yang ada di Jakarta telah melalui proses inovasi pengembangan dari kuliner pempek Palembang itu sendiri.

 
pempek-goreng-palembang

Untuk proses goreng pempek Palembang yang kami lakukan sendiri tidak sulit, karena kami dapatkan jajanan khas pempek Palembang ini tinggal digoreng saja. Untuk proses penggorengan pempeknya pun tidak terlalu lama, tinggal panaskan minyak goreng dalam penggorengan dengan temperatur yang cukup, lalu pempek dimasukan di dalam minyak goreng yang telah panas dan siap menggoreng. Dari jenis pempek kapal selam, pempek isi telor, dan pempek yang isi daging ikan tenggiri.

Dalam menggoreng pempek Palembang, di usahakan agar api jangan terlalu besar, stel dengan ukuran sedang, agar minyak tidak terlalu panas dan juga hasilnya pun tidak gosong. Bila warna pempeknya sudah terlihat agak menguning dan matang, maka pempek tersebut telah matang dan siap diangkat.

pempek-isi-telor

Setelah diangkat dari penggorengan, pempek dapat ditiriskan minyaknya terlebih dahulu. Setelah itu baru dapat disajikan dalam bentuk utuh atau di potong kecil-kecil tergantung selera kita. Untuk pempek yang isinya telor dapat kita lihat kuning telor yang berada di dalam adonan pempek terlihat bagus dan sempurna. Telor yang terdapat di dalamnya pun tidak terpengauh dengan proses minyak goreng yang terlalu panas.

Pempek asli Palembang ini nikmat bila di makan dalam keadaan masih hangat. Kita bisa merasakan paduan rasa adonan tepung dan daging ikan tenggiri yang legit dan enak, dengan bumbu kuah pempek yang khas. Baluran bumbu kuah cuka dan gula jawa dengan asam jawa yang diberi ebi sedikit menambah sensasi kenikmatan dari hasil olahan kuliner khas jajanan Palembang ini.[]

 
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
 
 

41 Comments

  1. Namanya sama koq Pempek tapi rasanya bisa berbeda ya kang yang langsung didatangkan dari Palembang sama yang ada di Jakarta, atau mungkin resep dan cara pengolahannya ada yg berbeda sedikit kali yah hehehe…

    • Mungkin dari cara pengolahannya dengan resep dasarnya kali yang berbeda Kang, biasanya lain tangan lain hasil rasanya sih. Itu sih menurut saya loh ya…. 😀

      • Iya Kang, saya juga kalo Beli tongseng atau gado-Gado misalnya beda tempat membelinya saja sudah beda rasanya. Bisa jadi juga cara pengolahan dan resep dasarnya ada yg beda ya Kang … 🙂

  2. Pempek kapal selam, kang. Lezat haaa

    • Besok bikin pempek kapal tempur yang lain Kang 😀

      • besoknya lagi bikin pempek kapal jet ya mas 😀

  3. memang sih kalau lain tempat lain tangan lain lidah yang bikin suka beda di rasa.
    faktor U ituh. 😀

  4. Iya begitulah Kang, lain tangan, lain hasilnya juga sih kalau untuk proses pembautan kuliner, apalagi pempek palembang ini. 😀

  5. segala sesuatu jika benar-benar dari karuhunnya pasti enak dan lezat,demikian juga jika pempek palembangdimakannya di palembang yang nyuguhin gadis palembang nan cantik rupawan…pasti makjleb deh pempek nya

    • Oooo…. gitu ya Mang, boleh dong dikirim pempek Palembangnya. 😀

      • kirim ke padang aja mas, lebih deket

        • ha,,, ha,, ha,,, tukaran ya mas sama sate padang pempek Palembangnya. 😀

        • ke asam asam saja kang. nanti tukeran sama asem

  6. pempek emang enak ya mas, saya juga sangat suka, di Padang juga beranekaragam bahan-bahannya, dan menciptakan cita rasa yang tinggi bagi penikmatnya..

    • Kalau adonan tepung sama ikannya pas, memang beda banget mas rasanya, apalagi dengan kuahnya yang kental dan eunak banget jadinya pempek Palembang ini. 😀

  7. pempek rasanya nikmat enak, saya setiap malam selalu makan mpek2

    • pecinta pempek juga ya mba ? 😀

    • ga bosen tiap malam mba

  8. wah empek2 salah satu makanan favorit saya ini, yummy! info yang keren 🙂 salam kenal ini

    • Yuk bisa langsung di coba pempek Palembang-nya mas. 😀

  9. pempek palembang memang menggoda lidah :G aku suka pempek hehehe

    • Apalagi kalau makannya berdua sama si dia ya mba 😀

      • yuk kita makan pempek bersama 🙂

  10. jadi ngiler nih, udah lama ga makan pempek palembang, biasanya saya beli di tetangga yang asli palembang.tapi skrg sudah ga jualan lagi sih, kalo di tempat lain kurang enak.hehe

  11. Muhammad Adam Hussein, S.Pd, CM berkata:

    Itu yang asli pak?

    Berapa ya seporsinya?

    Banyak dimana-mana memang tapi kualitas suka berbeda jauh dengan harapan.

    • seperti yang ada di saya kang. kurang pool rasanya

  12. Dulu lagi masih tugas di cikini, saya sering mampir ke empe2 palembang megaria mas 🙂

  13. HWaaah jadi pengin. Biasanya beli via telpon ke pempek Candy Palembang. TIKI ngepos didepan tokonya. Di Jogja belum nemu yg pas di lidah.

  14. Sudah lama rasanya ngga makan yang namanya ‘pempek’ kangen banget. Tapi melihat gambar diatas ko beda yaa mas dari hasil yang sudah di gorengnya? hmmmm

  15. Yang namanya empek2 emang gak ada matinya…selalu menggugah selera…kadang kalau ga beruntung goreng empek2 bisa atos hasilnya hehe…

  16. Kuliner kesukaan saya tuh mas biasanya beli yang lenjer ditambah adaan kalau disini harganya Rp.9000/biji.Tapi herannya setiap pedagang empe empe rasanya beda beda makanya kudu pintar pintar nyari yang enak dan itulah seninya jadi suka keliling nyari empe empe yang enak.

  17. ini dia yang lucu…
    dulu pernah saya nyoba bikin sendiri pempek itu,trus giliran di goreng alot gak ketulungan gak bisa dimakan….hahahaha
    namanya juga ge bapak2 yg buat.

  18. masakan indonesia memang ribuan ragam ya, saya baru dengar kuliner yang satu ini

  19. di daerah saya juga ada pempek mas, tapi beda, mungkin rasa dan juga bentuknya, tapi namanya sama..

  20. jadi laper baca postingan ini hehe.. pempek palembang emang maknyuss 🙂

    • kalo lapar itu ya tidur

  21. Coretan Tentang Kesehatan berkata:

    pempek banyak jenis nya ya.. yang menurut aku paling enak tuh pempek kapal selam deh hehe

    • kayak di misi taliban aja

  22. rasa yang gurih dan sedap membuat pengen lagi dan pengen lagi makan pempek

    • pasti lagi pengen nih

  23. Tenggiri emang enak, tapi yang dari ikan gabus lebih nikmat.
    Di palembang sendiri banyak yg suka kalau dari gabus, hasil olahannya juga putih bersih nggak kayak ikan lain yang sedikit buram warna putihnya.

    dari harga juga mahal yang gabus, jika tenggiri 1200 maka gabus bisa 1500 atau lebih.

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :