Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Jakarta / Wisata Kuliner Pecak Gurame Betawi Jagakarsa

Wisata Kuliner Pecak Gurame Betawi Jagakarsa

Menikmati Sajian Kuliner Tradisional Pecak Gurame Betawi di Kawasan Jagakarsa. Jakarta Selatan

Direktori Wisata – Sajian kuliner tradsional Pecak Gurame Betawi nikmat dan lezat di daerah Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Selain bentuk kemajuan Kota jakarta juga masih banyak menyimpan jejak kisah dan sejarah. Kota ini pernah berjulukan sebagai Kota  Batavia, Bahkan Ibu Kota negara ini menjadi tempat bertemunya berbagai tradisi,i budaya, dan etinis.

Pecak Gurame

Semua berpadu dan bermetamorfosa yang di dalamnya tetap terjaga hingga sekarang. Hal ini bisa dilihat dalam berbagai bentuk wujud yang diaplikasikan daribenruk fisik bangunan singga berbagai ragam kuliner khasnya.

Diantaranya bila kita berkunjung dan berlibur di Kota Jakarta banyak sekali obyek wisata yang bernilai sejarah yang bisa kita temukan di kota ini. Dan tidak ketinggalan berbagai bentuk kulinernya yang cukup dikenal dikalangan masyarakat dulunya yang hingga kini belum banyak para generasi muda yang mengetahui tentang kuliner Betawi yang khas satu ini.

Kuliner ini terlihat sangat sederhana namun kaya cita rasa segar sekaligus gurih dan menggoda selera. Nama kuliner ini yaitu “Pecak Gurame”. Makanan khas betawi Pecak Gurame ini tersaji di bilangan Jagakarsa, Jakarta Selatan menu tradisional nan sedap dan cukup melegenda ini masih ada di tempat warung yang sama, yaitu Rumah Makan H.Nasun.

Rumah Makan H.Nasun Jagakarsa

Informasi yang Direktori Wisata terima di lokasi, meskipun terjadi beberapa kali perombakan warung H. Nasun di bilangan Jagakarsa, Jakarta Selatan ini, bangunan aslinya masih tetap dipertahankan hingga sekarang dan masih tetap menyajikan menu masakan Pecak Gurame yang cukup dikenal lezat dan nimat.

Pecak Gurame Betawi almarhum H.Nasun ini tersaji sejak tahun 1982 dengan cita rasa lezat dan nikmat tetap terjaga hingga kini. sederhana namun kaya cita rasa, juga menjadi pemuas rindu bagi para pemburu makanan tradisional khas Betawi.Hal inilah yang menjadi salah satu alasan bagi para pelanggan waung Pecak Gurame tidak pernah bosen untuk bertandang di tempat ini.

Untuk kelebihan kuliner Pecak Gurame almarhum Pak H.Nasun di Jagakarsa, setelah kami mencoba untuk kuahnya terasa kental dan bumbunya cukup berani, dan rasanya pun sedap benar. Paduan rasa aroma dan rempah bumbunya  sangat terasa dilidah hingga membuat nafsu makan menjadi bergairah.

Pecak Gurame

Bila dimakan dalam keadaan hangat Pecak Gurame Betawi ini maka kita ankan dapat merasakan rasa gurih ikannya dengan hangat kuahnya dan membuat santapan siang hari kami pun menjadi terasa puas dan kenyang. Itulah sebabnya bukan hanya kami bahkan orang yang bertandang ke rumah makan ini pun dan yang telah mencoba menu masakan Pecak Gurame ini merasa terpikat oleh lezat dan nikmatnya menu yang satu ini.

Bicara tentang rahasia kelazatan menu kuliner Pecak Gurame Betawi ini, tentu semua kembali kepada resep sang pioner almarhum H.Nasun. Bahan dan bumbu masih terjaga sama. Dimana rempah kuahnya yang terdiri dari jahe, kencur, kacang tanah, bawang merah, cabe merah, dan kemiri. Selain hadirkan lezat jahe dan kencur dengan takaran mewah dan pas ini berhasiat menyajikan hangat dimulut juga di perut.

Menjaga tekstur dan aroma, bumbu dihaluskan dengan cara diulek dengan cara tradisional. Bila bumbu diolah dengan menggunakan cara modern dengan menggunakan blender maka hasilnya pun akan beda. Dan kunci spesial lainnya terletak pada bahan baku utama dari masakan Pecak Gurame Betawi, yaitu ikan gurame segar.

Lanjut…….
Informasi yang diterima Direktori Wisata di lokasi, untuk cara pengolahan masakan Pecak Gurame Betawi adalah sebagai berikut, ikan gurame segar yang telah dibersihkan lalu diolah dengan digoreng. Hal ini untuk dapat menjaga rasa manis, gurih dan kesegaran alami ikan terasa hingga terhidang.

Konon, Pecak Gurame Betawi terkenal disebabkan dari kuah handalannya. Gurih ringan santan yang digunakan tidak lain berasal dari parutan kelapa pilihan.

Lalu proses terakhir dari membuat menu makanan Pecak Gurame Betawi adalah mencampurkan bumbu yang telah dihaluskan dengan santan kelapa lalu diaduk hingga rata dan mendidih matang.

Kesetiaan dan kesabaranlah yang menjadi kunci paling akhir dari proses perjalanan memasak makanan Pecak Gurame Betawi hingga menghasilkan aroma yang nikmat dan cita rasa yang lezat. Hal inilah yang menjadi masakan Pecak Gurame enak di kawasan Jagakarsa, jakarta Selatan menjadi dikenal oleh penggemarnya.

Untuk harga seporsi utuh Pecak Gurame Betawi ini dibandrol dengan harga Rp. 90.000,-  Untuk rasa masakan Pecak Gurame Betawi ini kita bisa menikamti tektur pada kuah yang akan merasakan bumbu kacang yang masih terasa brintil-brintil yang tidak haus dan masih bisa dikunya.

Hal inilah yang menimbulkan sensasi rasa yang gurih dan nikmat, dan untuk lebih nikmat lagi kita bisa memakannya dengan sambel, tempe, sayuran dan nasi putih yang hangat sebagai pelengkap.

Untuk menuju tempat wisata kuliner warung Pecak Gurame Betawi milik almarhum H.Nasun di daerah Jagakarsa, Jakarta Selatan ini kita bisa mengikuti arah jalan yang terdapat dalam peta di bawah ini.

Menikmati hidangan kuliner Pek Gurame Betawi ini bagaikan kita mencicipi Jakarta dalam sebuah dimensi yang berbeda. Sederhana namun kaya akan cita rasanya. Dan salah satu wisata kuliner tradisional ala Betawi ini bisa menjadi salah satu alternatif hidangan makanan yang bergizi yang bisa kita nikmati bersama teman maupun keluatrga saat kita berlibur di Kota Jakarta.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :