Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

 
Home / Kuliner / Wisata Kuliner Lampung:: Pepes Ikan Tempoyak

Wisata Kuliner Lampung:: Pepes Ikan Tempoyak

 

Menikmati Makanan Khas Lampung Pepes Ikan Patin Tempoyak

Direktori Wisata– Pepes ikan dengan sambel hasil fermentasi durian makanan khas lampung yang menjadi hidangan lezat untuk disantap bersama.

wisata-kuliner-lampung

Lampung tidak hanya dikenal dengan pesona wisata alam dan budayanya indah, namun daerah ini juga dikenal dengan beragam kuliner khas yang menjadi ciri kota yang menjadi tempat alkuturasi budaya.

Sehingga tidaklah heran bila kita mengunjungi Bandar Lampung kita akan menemukan banyak sekali makanan khas Lampung yang juga menjadi makanan yang memperpadukan unsur tradisi dan ciri khas dari daerah lain.

pepes-ikan-patin-tempoyak

Salah satu contoh makanan khas Lampung yang cukup dikenal adalah Pepes Ikan Patin Tempoyak.Kehadiran kami ke salah satu rumah makan di kawasan Bandar Lampung sebelum kami menghadiri acara Festival Krakatau. Ada beberapa kuliner khas Lampung yang kami coba.

Menurut informasi yang Direktori Wisata dapatkan di lokasi, tempoyak berasal dari buah durian yang difermentasi dengan cara menyiapkan daging durian yang tidak terlalu banyak mengandung gas dan air.

Sedangkan untuk pemilihan duriannya itu sendiri dipilih dan diusahakan agar buahnya yang benar-benar sudah asak, lalu dipisahkan dari bijinya dan diberi sedikit garam. Setelah itu ditambah dengan cabe rawit yang bisa mempercepat proses fermentasi yang ditaruh di tempat yang rapat untuk disimpan.

Lanjut…..
Biasanya proses penyimpanan fermentasi untuk menjadi tempoyak dibutuhkan waktu 3 sampai dengan 5 hari, lalu dibuat sambalnya. Karena waktu tersebut sudah termasuk aman untuk dibuat sambal yang rasanya cukup asam, namun rasanya masih terdapat rasa manis durian.

 

Sedangan untuk membuat sambalnya hasil dari pembuatan tempoyak, bisa diambil secukupnya lalu dicampurkan dengan bawang putih, bawang merah, dan cabe yang lebih dahulu dihalluskan atau dipotong kecil-kecil, dan tambahkan gula ddikit sebagai pengganti penyedap rasa. Stelah itu barulah disajikan dengan pepes ikan patin yang akan disajikan.

Untuk rasa makanan khas Lampung pepes ikan tempoyak sangat luar biasa. Rasa bumbu yang meresap di daging ikan pepesnya cukup sempurna meresap. Apalagi pada saat kami menyantapnya dengan nasi panas. Rasa durian, pedas dan masam yang menyatu dengan gurihnya daging ikan segar ini, mengundang nafsu makan kami untuk menghabiskan hidangan kuliner khas Lampung pepes ikan tempoyak.

Sebagai informasi tambahan, makanan tempoyak ini juga bisa di dapat beberapa daerah Indonesia, khususnya daerah Sumatera bahkan sampai ke Malaysi dan Singapura. Namun, untuk rasanya satu daerah dengan daerah yang lainnya pasti berbeda racikan hasil maskannya. Karena lain tangan, lain pula hasil olahannya.

Wisata kuliner Lampung Pepes Ikan Patin Tempoyak membuat kami mengenal lebih dekat dengan kelezatan bumbu racikan masakan khas Lampung yang cukup lezat. Untuk sajian kuliner tempoyak pepes ikan patin yang lezat ini bisa kita temukan pada saat kita mengunjungi Bandar Lampung atau di restauran dan rumah makan dekat daerah sekitaran kita yang menyajikan makanan khas Lampung ini. Selamat mencicipi sajian menu khas pepes ikan patin tempoyak..[]

 
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
 
 

3 Comments

  1. kalau masalah makanan saya gak banyak bacot kang…maunya langsung makan….
    udah lama juga gak makan tempoyak….kalau ditempat saya biasanya di campur ikan teri dan sambel…maknyus kang
    tapi kalau dilampung malah di pepes ya kang? krim satu kang mau nyobain…heee

    • mana pake ikan patin lagi…itu ikan sungai kesukaan sayaaaa….aaaakkkkkhhhhhh….jadi lapppeeerrrrrrrr

      • Benar-benar enak loh Mba, pokonya nampol banget… wkwkwkwkwk…… 😀

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :