Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Kuliner / Wisata Kuliner Khas Palu

Wisata Kuliner Khas Palu

Mengenal Makanan Tradisional Khas Palu, Sulwesi

Direktori Wisata – Kuliner Palu masih ada kesamaan dengan kuliner Makasar. Tentu saja ini karena kedua kota ini saling berdekatan. Selain itu kedua kota ini memiliki sejarah keturunan yang sama.

kuliner-khas-paluj.pg

Konon menurut cerita yang Direktori Wisata dpatkan, Dulu ada suku dari Makasar yang berpindah ke Palu dan sekitarnya. Dengan demikian berbagai kuliner Palu dan Makasar ada banyak kesamaan hingga sekarang.

Kuliner yang sama ini bukan saja berupa masakan rumahan yang dinikmati setiap hari, tetapi juga kue-kue tradisional yang banyak dijual di pasar tradisional. Berbagai kuliner Palu yang juga dijumpai di Makasar diantara adalah Barongko, Burasa, Palumara, Kaledo dll. Hanya saja walaupun sama, tapi ada beberapa bagian penyajian yang menyebabkan kuliner Palu dan Makasar sedikit berbeda.

Misalnya saja Barongko yang ada di Makasar tidak memakai roti tawar dalam adonannya sedangkan barongko yang ada di Palu memakai roti tawar dalam adonannya. Begitu juga dengan Palumara yang ada di Makasar dan Palu bisa saja berbeda dalam hal ikan yang digunakan sebagai bahan utama. Kalau di Palu ikan yang sering digunakan adalah ikan kakap sedangkan di Makasar lebih suka menggunakan ikan bandeng.

Kuliner Palu sering dikenal juga dengan sebutan kuliner Kaili. Beberapa kuliner khas Palu yang bisa kita nikmati diantaranya adalah Kaledo, Palumara, Sayur Wempoy, duo sale juga nasi jagung. Ciri khas dari masakan Palu adalah menggunakan bumbu berupa bawang merah, cabe dan asam jawa sehingga rasanya dominan asam dan pedas.

Wisata Kuliner Khas Palu:: Palumara

kuliner-kha-palu-palumara

Kuliner khas palu Palumera juga sering disebut sebagai sup ikan. Bahan utama yang digunakan tentu saja ikan laut seperti misalnya kakap merah, tongkol juga bandeng. Bagian yang digunakan sebagai bahan Palumara ini bisa bagian kepala ataupun daging ikan. Bumbu yang digunakan adalah cabe merah, bawang merah serta air asam Jawa.
Sumsum yang ada di dalam tulang dimakan dnegan cara menyedotnya dengan sedotan berlubang besar. Makan kaledo haruslah panas-panas karena jika dingin maka sumsum yang ada di dalam tulang akan mengental dan tidak bisa dimakan dengan sedotan. Kalau sudah demikian satu-satunya jalan adalah mengambilnya dengangagang sendok. Kaledo ini disajikan bersama nasi putih atau singkong rebus.

Rumah makan yang menjual Palumara ini bisa dengan mudah kita temui di kota Palu. Salah satunya adalah Warung Kaili yang berada tidak jauh dari Pantai Lere. Selain itu kita juga bisa mendapatkan penjual Palumara yang ada di tenda-tenda kuliner di sepanjang Pantai Lere di malam hari.

Wisata Kuliner Khas Plau:: Kaledo

kuliner-khas-palu-kaledo

Kuliner khas Palu Kaledo adalah tulang sumsum yang disajikan bersama kuah asam pedas.Dalam setiap mangkuk kaledo pasti terdapat tulang sumsum sapi. Namun jika kita memesan kaledo talang, maka yang ada di dalam mangkuk hanyalah kuah asam pedas yang berisi potongan daging tanpa tulang sumsum.

Makanan kaledo dikenal sebagai makanan khas Sulawesi yang banyak diminati di kalangan msyarkat lokal maupun wisatawan yang berlibur dan melakukan perjalan smbil berburu masakan dari daerah Palu.

Untuk menikmati makanan kaledo,kita bisa memilih isi yang ada dalam mangkuk kaledo selain tulang sumsum. Beberapa pilihan yang bisa dipilih adalah kikil, daging atau campuran kikil dan daging. Sumsum yang ada di dalam tulang dimakan dnegan cara menyedotnya dengan sedotan berlubang besar.

Makan kaledo haruslah panas-panas karena jika dingin maka sumsum yang ada di dalam tulang akan mengental dan tidak bisa dimakan dengan sedotan. Kalau sudah demikian satu-satunya jalan adalah mengambilnya dengan gagang sendok.

Kaledo ini disajikan bersama nasi putih atau singkong rebus. Kita bisa mendapatkan penjual Kaledo di jalan Diponegoro Palu. Di sini ada beberapa warung Kaledo yang telah ada sejak tahun 1970. Diantaranya depot 77 dan warung abadi.

Wisata Kuline Khas Palu:: Wempoy

kuliner-palu-wempoy

Ini adalah sayur bening ala Kaili. Yang unik dari sayur wempoy ini adalah isiannya yaitu dari buah okra. Wempoy berasal dari bahasa Kaili yaitu “We” dan “Poy”. We berarti air sedangkan poi artinya asam, jadi wempoi berarti air asam atau sayur asam. Dalam satu mangkuk wempoi kita bisa menjumpai okra, potongan labu siam dan jantung pisang.

Rasa asam yang ada pada Wempoy ini berasal dari air asam. Sedangkan jantung pisang akan dimasak secara terpisah untuk menghindari warna hitam pada bahan lainnya. Setelah matang barulah jantung pisang dicampur dengan bahan lainnya termasuk air asam. Jadi Wempoy merupakan sayur asam khas Palu.

Wisata Kuliner Khas Palu:: Sayur Daun Kelor

sayur-daun-kelor

Yang unik pada sayur kelor ini adalah pada daun yang digunakan sebagai bahan utama. Kalau di Jawa daun kelor biasanya digunakan untuk bahan campuran pada air yang digunakan untuk memandikan mayat. Namun di Palu, daun kelor menjadi bahan utama sayur. Selain daun kelor, di dalam sayur ini juga ada pisang muda yang diiris tipis-tipis.

Menurut cerita masyarakat Palu, konon kabarnya siapapun yang makan sayur daun kelor ini, maka dia pasti akan kembali lagi ke Palu. Sayur daun kelor ini enak dinikmati dengan nasi jagung dan ikan bakar.

Wisata Kuliner Palu;; Nasi Jagung

nasi-jagungIni adalah jenis nasi yang terbuat dari campuran beras dan jagung. Jagung yang digunakan adalah jagung tua yang sudah dikeringkan. Sebelum dimasak, jagung ini perlu ditumbuk kasar hingga menjadi beras jagung kemudian direndam sebentar. Beras jagung dan beras padi kemudian dicampur menjadi satu dan dimasak dengan bahan bakar kayu dan  menggunakan kukusan bambu. Setelah setengah matang, ditambahkan air secukupnya sambil terus diaduk. Adonan nasi jagung ini dikukus lagi hingga matang.

Nasi jagung yang sudah matang perlu diaduk-aduk agar tidak menggumpal. Biasanya nasi jagung ini dimakan bersama dengan sayuran maupun lauk khas Kaili seperti sayur daun kelor, wempoy duo sale juga ikan bakar.

Wisata Kuliner Palu:: Duo Sale

duo-sale
Sale adalah sejenis ikan yang dikeringkan. Ikan yang digunakan adalah ikan teri yang dikeringkan. Miirp dengan ikan asin teri Medan. Ikan teri ini digoreng kemudian dimasak dengan bumbu pedas. Bumbu yang digunakan antara lain cabe merah, tomat dan bawang merah. Semua bumbu dihaluskan kemudian ditumis hingga harum. Ikan teri yang sudah digoreng dimasukkan dalam tumisan cabe dan diaduk hingga merata. Duo Sale ini sangat nikmat dimakan bersama dengan nasi jagung.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

2 Comments

  1. pengen nyoba sayur daun kelornya kang, soalnya belum pernah nrasain seumur-umur. hehee

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks :Ad Views :