Oh Snap!

Please turnoff your ad blocking mode for viewing your site content

Wisata Kuliner Khas Makassar Yang Membuat Lidah Bergoyang

Berkeliling Menjajal Pemanja Lidah Khas Kota Makassar

Direktori Wisata – Kuliner khas Makasar yang dapat memanjakan lidah dengan beragam ciri khas dan rasanya yang lezat hingga menggoyang lidah.

Kota Makassar yang berada di Provinsi Sulawesi Selatan menjadi salah satu surga kulner enak bagi para pecinta dunia makanan. Karena di kota ini kita dapat menemukan aneka makanan yang terbuat dari olahan ikan dan daging yang menjadi andalannya, terutama olahan hidangan laut dan konronya yang menjadi ikon kuliner yang banyak dkenal oleh masyarakat.

Kuliner Khas Makassar

Bila kita mengunjungi Kota Makassar rasanya belum sah bila kita belum mencoba kuliner ikan bakar dan aneka hidangan lautnya. Di kota ini kita akan mudah menemukan rumah makan yang menyajkan menu makanan yang menghidangkan jenis makanan yang terbuat dari aneka hidangan laut.

Diantara banyaknya rumah makan dengan menu andalan ikan bakar , rumah makan ikan bakar Poetere inilah yang cukup dikenal dan melegenda di Kota Makassar. Letaknya di Jl. Sabutung No. 46 Makassar. Di rumah makan ini kita dapat memilih berbagai jenis  puluhan jenis ikan yang bisa menjadi pilihan untuk bersantap. Buka dari pukul 10.00 pagi hingga 22.00 malam waktu setempat.

Konon infromasi yang Direktori Wisata Indonesia terima, setiap harinya tidak kurang dari 150 kilo gram ikan segar dari berbagai ukuran dan jenis ludes terjual di Rumah Makan Poetere ini. Rumah makan ini sudah ada sejak tahun 1980– an, dan tidak pernah sepi dari pengunjung. Apalagi pada jam makan siang.

Olahan menu makan yang menjadi jawara rumah makan ini adalah ikan bakar, seperti ikan bakar kudu-kudu yang menjadi salah satu menu kulner favorit khas Sulawesi. Konon ikan laut ini merupakan salah satu ikan yang menjadi ciri khas perairan yang ada di perairan laut Sulawesi.

Ikan Kudu - Kudu Bakar Makassar

Menu ikan bakar kudu-kudu memiliki ciri khas dengan bentuk segi enam dan berdaging tebal yang rasanya hampir sama dengan daging ayam bila kita santap. Secara fisik ikan ini terlihat sepintas menyeramkan. Karena kepala dan mata ikannya. Namun soal rasa makanan dan dagingnya ikan ini akan membuat lidah kita selalu bergoyang menikmati setiap kelezatan daging ikan yang akan memanjakan lidah kita loh…..

Nah, bila kita menyantap ikan bakar kudu-kudu kulit ikannya terasa sangat keras, jadi seperti kita makan kepiting. Namun, untuk isi daging ikannya sangat lembut, guruh dan lezat. Kita bisa menikmati sajian menu ikan kudu-kudu bakari dengan sambal khas rumah makan ini akan memberikan sensati rasa kelezatan yang akan menemani makan kita.

Ikan Tapi-Tapi Bakar Makassar

Selain ikan kudu-kudu bakar, kita juga bisa mencob sajian kuliner khas Makasar dari olahan ikan lainnya, seperti ikan tapi-tapi bakar. Konon informasi yang Direktori terima, ikan ini juga menjadi favorit di rumah makan ikan bakar perintis di Makasar.

Kita juga bisa memesan menu tambahan lainnya, seperti cumi bakar yang terlihat penampakannya hitam pekat. Warna kehitaman pekat yang terdapat di cumi bakar ini disebabkan oleh tinta bagian dalam cumi yang lumer serta menyatu saat proses pembakaran. Walau terlihat hitam pekat, namun rasanya lezat dan kita pun tidak akan pernah sanggup memberhentikan gyangan lidah saat mengunyahnya.

[the_ad id=”13728″]

Rahasia dari hidangan  kulier khas Makasar di rumah makan ini bersala dari pemilihan bahan baku yang segar dengan kualitas ikan terbaik tentunya.Tidaklah heran bila pasokan hidangan laut di rumah makan ini semuanya segar dan melimpah. Karena lokasi rumah makan ini berada di Pelabuhan Paotere Makasar.

Sedikt tips dan informasi bagi para sahabat dan pemabca setia Direktori Wisata Indonesia bagi yang suka mengkonsumsi hidangan laut dalam jumlah banyak akan menimbulkan alergi kepada sebagian orang. Dan salah satu alergi yang mudah terdeteksi adalah ketika kulit kita berubah seketika menjadi kemerahan. Bagi kita yng alergi salah satu yang bisa membantu mengatasi permasalahan ini adalah dengan mengkonsumsi segelas jehe hangat. Karena jahe berguna untuk mengurangi warna merah di kulit serta gatal yang muncul

Rumah makan khas Makasar ini ramai dikunjungi pengunjungi bukan hanya kualitas ikan dan rasa olahan makanannya. Namaun hal yang menarik dari menu di rumah makan ini harganya terbilang relativ murah dan ramah dikantong. Kita cukup mengeluarkan uang Rp. 30.000,- hingga  Rp. 65.000, / porsi hidangan lautnya.

Baca juga : Gado-Gado Pak Rokhim Cibubur

Setelah puas mencoba hidangan kuliner khas Makasar yang terbuat dari bahan olahan ikan, tim jelajah kuliner Direktori Wisata Indonesiapun menconba kuliner khas Makasar yang tidak kalah populernya yang terbuat dari bahan olahan daging, yaitu konro atau iga sapi.

Untuk informasi yang Direktori Wisata terima, dalam satu ekor sapi biasanya iga bisa diolah menjadi 7 porsi konro bakar, atau sop konro. Konro sendiri sebenarnya daging yang letaknya bersal dari tulang sekitar iga sapi atau yang kita kenal dengan tulang rusuk sapi.

Sop Koro Bakar Makassar

Sop konro dBakar an konro bakar menjadi salah satu menu yang wajib kita coba saat bertandang di Kota Makasar. Namun, salah satu rumah makan yang menyediakan menu kuliner khas Makasar ini yang kami sambang adalah sebuah rumah makan Karebosi yang letaknya tidak jauh dairi lapangan Karebosi, terlatak di Jalan Gunung Lompobattang No. 42 – 43 Makassar. Konon rumah makan ini telah berdiri sejak tahun 1968 hingga sekarang, dan memiliki pelanggan setia yang cukup ramai dikunjungi.

[the_ad id=”13728″]

Di rumah makan ini sop konro dan konro bakar menjadi puluhan menu bersantap d rumah makan yang menjadi jawaranya konro bakar di Kota Makasar. Seporsi sop konro di rumah makan sop konro Karebosi ini dihargai Rp. 38.000,- / porsi. Sedangkan untuk konro bakarnya di bandrol Rp. 40.000,-/ porsi.

Untuk menikmati sajian kuliner khas Makasar konro dirumah makan Karebosi ini kita bisa datang pada pukul 10.00 hingga 22.00 waktu setempat.

Baca juga : Wisata Kuliner Cambuk Rambak

Setelah kita mengenal dan menyantap menu kuliner khas Makasar yang terbuat dari bahan olahan ikan dandaging yang cukup lezat dan terkenal, tidak ada salahnya untk menu minuman pelengkap khas dri Kota Makasarpun bisa kita cicipi yaitu pisang ijo.

Es Pisang Ijo Makassar

Untuk jenis menu masakan khas Makasar pisang ijo ini terdapat campuran bubur dari tepung sagu yang dapat menemani serutan es batu dengan kuah sirup yang berwarna merah jambu. dengan rasa segar dan mengoda selera.

[the_ad id=”13728″]

Baca juga : Wisata Kuliner Khas Lombok

Sebagai informasi yang Direktori Wisata dapat, pada awalnya es pisang ijo dibuat sebagai minuman segar.penanda buka puasa bagi masyarakat Makasar yang beragama Isalm. Seiring perjalanan waktu es ini menjadi sangat kondang dan mudah ditemukan di Makaar setiap harinya. Yang menjajakan menu makanan es pisang ijo bisa kita temukan beragam, dari mulai penual yang menggunakan gerobak hingga restoran maupun hotel berbintang.

Pisang Epe Makassar

Konon kulner jenis pisang ijo ini merupakan pusaka kuliner dari bumi mamiri yang sealalu diburu dan diminati para pelancong yang berlibur di Kota Makasar. Bahkan beberapa daerah dan kota-kota besar seperti Jakarta makanan kuliner khas Makasar ini menjadi salah satu yang banyak peminatnya. Untuk harganya tidak terlalu maha, seporsi es pisang ijo bisa kita dapat dengan bandrol harga Rp. 10.000, – / porsi.

[the_ad id=”13728″]

Baca Juga : Kuliner Kalimantan Tengah Yang Unik

Kuliner lain yang bisa kita jumpai di Kota Makasar saat kita melakukan perjalanan liburan Kota Makasar ini adalah pisang epe, yaitu kulienr lain yang di tawarkan di kota ini. Terbuat dari bahan baku pisang jenis kepok yang tua  namun tidak lembek. Dari keterangan si penjual kuliner pisang epe, proses pembuatannya melalui dua kali proses pembakaran,yaitu pisang yang dibakar setengah matang lalu dipipihkan dan dibakar lagi. Setelah itu diberi toping coklat cair dan baluran susu kental manis di atasnya. Kelazatan pisang pepe ini dibandrol dengan harga Rp. 5.000, / porsi. Maknan jajanan khas Makasar ini bisa kita dapatkan di psepanjang pantai Lossari Kota Makassar.

Mengisi liburan sekaligusa melakukan perjalanan wisata kuliner di Kota Makassar kita akan mendapatkan sebuah sensasi kelazatan dari setiap menu makanan yang khas dan nikmat. Selain memiliki nilai gizi yang baik dengan harga kulinernya yang bersahabat. Selamat menikmati wisata kuliner khas Makassar yang eunak ini.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
  • stumbleupon
This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks :Ad Views :