Oh Snap!

Please turnoff your ad blocking mode for viewing your site content

Wisata Kuliner Khas Kalimantan Barat

Mengenal Makanan Khas Kalimantan Barat Yang Beragam

Direktori Wisata – Kuliner Kalimantan Barat banyak dipengaruhi oleh kuliner Melayu dan kuliner peranakan (China).

Mengunjungi daerah Kalimantan Barat, kita bukan hanya menemukan tempat wisata yang menarik dan indah. Bahkan kawasan ini memiliki aneka keragaman kuliner khsa yang cukup dikenal dn menarik untuk di coba.

Propinsi Kalimantan Barat berbatasan langsung dengan negara tetangga yaitu Kucing yang merupakan bagian dari Malaysia. Ada 12 Kabupaten dan 6 kota yang berada di Wilayah Kalimantan Barat. Ke delapan belas daerah Kabupaten dan kota itu diantaranya :

  1. Kabupaten Bengkayang dengan ibukota di Bengkayang.
  2. Kabupaten Kapuas Hulu dengan ibu kota di Putussibau
  3. Kabupaten Kayong UTara dengan ibukota di Sukadana
  4. Kabupaten Ketapang dengan ibukota di Tumbang Titi
  5. Kabupaten Kubu Raya dengan ibu kota di Sungai Raya
  6. Kabupaten Landak dengan ibukota di Ngabang
  7. Kabupaten Melawi dengan ibukota di Nanga Pinoh
  8. Kabupaten Mempawah dengan ibukota di Sungai Kunyit
  9. Kabupaten Sambas dengan ibukota di Pemangkat
  10. Kabupaten Sanggau dengan ibukota di Sanggau
  11. Kabupaten Sekadau dengan ibukota di Sekadau
  12. Kabupaten Sintang dnegan ibukota di Sintang
  13. Kota Ketapang
  14. Kota Mempawah
  15. Kota Pontianak
  16. Kota Sambas
  17. Kota Sintang
  18. Kota Singkawang.

Dari beberapa kuliner Khas Kalimatan Barat yang Direktori Wisata pernah coba, kami telah mengumpulkan beberapa makanan khas unik dan menarik untuk menu makanan dari Kalimantan Barat yang lezat.

Berikut ini adalah beberapa kuliner Kalimantan yang bersal dari beberapa daerah seperti Pontianak juga Singkawang.

Kuliner Khas Kalimanatan Barat:: Sate Sapi Melayu

sate-melayu

Kuliner sate sapi Melayu yang menjadi makanan khas Kalimantan Barat ini selain menggunakan daging sapi, sate Melayu ini bisa diganti dengan daging ayam. Yang uniknya adalah saus yang digunakan bukanlah saus kacang atau kecap seperti sate-sate di Pulau Jawa. Sate Melayu ini menggunakan kuah dari kaldu dagingnya. Kalau sate sapi ya menggunakan kaldu sapi sedangkan sate ayam menggunakan kaldu ayam. Kaldu ini rasanya gurih.

Informasi yang DirektoriWisata dapatkan, Sebelum dibakar sate akan diolesi dengan jeruk kitkia, yaitu jeruk khas Kalimantan yang biasa digunakan untuk sambal. Kalau di Banjar jeruk ini namanya limau wangkang. Setelah itu baru dibakar. Sate sapi Melayu teksturnya lembut seperti sate maranggi dari Jawa Barat. Bisa jadi sebelum dibumbui daging sapi ini di pukul-pukul dulu dengan palu kayu agar empuk. Sate dibakar dengan bumbu kacang dan disajikan bersama dengan lontong.

Dalam wadah yang disediakan diisi dengan lontong yang sudah diiris-iris, kemudian letakkan sate sapi diatasnya. Baru kemudian siramkan kuah kaldu.

Kuliner Khas Kalimantan Barat:: Tengiri Asam Pedas Dengan Terung Asam Rimbang 

tenggiri-asam-pedas

Kuliner yang satu ini lumayan unik karena ada terung asam rimbang di dalamnya. Terung ini memang hanya ada di Kalimantan Barat. Bentukny abulat  jika diiris tengahnya seperti bunga lotus dan rasanya sedikit asam. Terong asam rimbang ini memang sering digunakan sebagai bumbu sumber rasa asam pada masakan suku dayak. Selain itu terung ini juga dibuat manisan Asam rimbang.

Ikan tengiri dipilih karena teksturnya lebih berserat dibanding jenis ikan lainnya. Masakan ini memiliki kuah pedas sehingga rasanya segar dengan paduan terung asam rimbang.

Kuliner Khas Kalimantan Barat:: Teripang dan Jamur Hioko Masak Jahe 

teripang-dan jamur-hioko

Hidangan ini biasanya disajikan di saat Imlek. Selain jamur hioko biasanya juga digunakan jamur abalone sebagai pelengkapnya. Teripang dan Jamur Hioko masak Jahe ini merupakan kuliner peranakan (Cina) di Kalimantan Barat. Penambahan jahe membuat tubuh kita merasa hangat setelah menikmati kuliner yang satu ini

Kuliner khas Kalimantan Barat:: Pecel Bihun Pontianak

pecel-bihun-pontianak

Sekilas mirip dengan pecel di Jawa. Bahan pelengkap yang disajikan berupa sayur-sayuran yang direbus. Seperti misalnya bayam, tauge dan juga tidak lupa bihun. Sebagai sausnya digunakan saus kacang yang disiramkan di atas sayuran dan bihun yang sudah direndam dalam air hangat hingga lunak.

Kuliner Khas Kalimantan Barat:: Acar Kuning Pontianak 

acar-kuning-pontianak

Acar kuning bisa dijadikan sebagai lauk pelengkap karena dibuat dari bahan sayuran. Untuk membuat acar kuning diperlukan bahan antara lainwortel dan mentimun yang dipotong-potong kecil memanjang. Selain itu diperlukan juga bumbu yang dihaluskan yaitu kunyit, bawang merah, bawang putih dan garam. Sediakan juga air asam jawa dan minyak goreng untuk menumis.

Pertama-tama bumbu halus ditumis hingga harum dengan menggunakan minyak goreng. Setelah itu masukkan mentimun dan wortel dan aduk hingga merata. Tambahkan air asam jawa dan masak hingga air mendidih dan hampir kering. Acar Kuning Pontianak pun siap disajikan bersama dengan mie atau hidangan lainnya.

Kuliner Khas Kalimantan Barat:: Rujak Ebi

rujak-ebi-singkawang

Rujak Ebi ini merupakan kuliner khas daerah Singkawang. Ebi merupakan udang yang dikeringkan. Untuk membuat rujak ebi ini diperlukan mangga muda yang diserut memanjang, gula merah, ebi yang ditumbuk halus, hakau atau pasta udang, air asam jawa, cabe rawit serta terasi yang sudah dipanggang atau dibakar terlebih dahulu.

GUla merah, trasi serta ebi dihaluskan. Masukkan semua bahan dan bumbu halus dalam wadah kemudian aduk hingga rata. Jika suka diatas rujak ebi Singkawang ini bisa ditambahkan kerupuk atau emping.

Kuliner Khas Kalimantan Barat:: Bubur Gunting 

bubur-gunting

Bubur gunting ini juga berasal dari daerah Singkawang Kalimantan Barat. Disebut bubur gunting karena di dalam bubur ini terdapat cakwe yang digunting-gunting. Biasanya bubur gunting dijual berkeliling kampung dengan gerobak. Ada juga yang dijual di pasar tradisional.

Dahulu bubur gunting ini merupakan jajanan khas masyarakat Tionghoa yang tinggal di Singkawang. Namun sekarang bubur gunting ini sudah menjadi jajanan bagi semua lapisan masyarakat. Bubur gunting ini terbuat dari roti goreng atau cakwe yang dipotoong-potong dengan gunting.

Bubur gunting ini memiliki kuah yang kental dan rasanya manis. Kuah bubur gunting terbuat dari kacang hijau dan tepung kanji serta gula pasir sebagai pemanisnya. Untuk membuat bubur gunting ini kita perlu menyiapkan cakwe, kacang hijau yang sudah direbus dan dibuang kulitnya, air, gula pasir, daun pandan serta tepung kanji yang sudah dilarutkan dengan air.

Air yang sudah disiapkan didihkan kemudian masukkan gula dan daun pandan. Larutan ini diaduk hingga aroma daun pandan yang harum tercium. Masukkan tepung kanji sambil terus diaduk agar tidak menggumpal. Terus aduk hingga bubur seperti lem. Tuangkan adonan bubur ke dalam mangkuk kemudian taburi atasnya dengan kacang hijau dan potongan cakwe.

Makanan khas Kalimantan Barat semua ini dapat teman-teman tatau pembaca setia Direktori Wisata temukan di restaurant hotel bintang lima atau rumah makan yang menyajikan menu spesial dari makanan khas Kalimantan Barat.

Namun, bila kita melakukan perjalanan wisata di daerah Kalimantan Barat kita bisa menemukan masakan tersebut di sana. Kalau sudah menginjakkan kaki di kaerah Kalimantan Barat sampai tidak ketemu makanan khas tersebut di atas kayanya ada yang kurang tuh, konon, menurut informasi yang kami terima, makanan ini sangat identik dengan daerah Kalimantan Barat loh. Yuk nikmati kekayaan makanan khas Kalimantan Barat yang lezat ini.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
  • stumbleupon
This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks :Ad Views :