Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

 
Home / Kuliner / Wisata Kuliner Indonesia:: Tempe Gembus

Wisata Kuliner Indonesia:: Tempe Gembus

 

Mengenal Sajian Kuliner Tradisional Indonesia Tempe Gembus

Direktori Wisata. – Tempe gembus merupakan kuliner tradisional Indonesia yang terbuat dari ampas tahu yang dibuat menjadi tempe.

tempe-gembus

Walau terbuat dari bahan ampas tahu, tempe gembus ini sangat nikmat dan menjadi santapan cemilan kita pada saat waktu-waktu senggang kita.Sangat cocok disantap sebagai teman minum teh atau pun kopi di pagi hari atau sore hari. Makanan tradisional ini berasal dan dikembangkan oleh masyarakat Wonosobo, Jawa Tengah. Namun, sekarang ini kita dengan mudah menemukan kuliner tempe gembus di rumah makan atau pun restoran yang menyajikan kuliner tradisional Indonesia.

Proses pembuatan tempe gembus goreng ini pun cukup sederhana, bila digoreng tidak ada rubahnya seperti tempe yang dibalur atau diberi dengan adonan tepung lengkap dengan bumbu masakan lalu digoreng dalam wajan.  Selain memiliki nilai gizi yang tinggi kuliner tradisonal Indonesia ini sangat digemari oleh para pecintanya.

photo-bokeh

Makanan tempe gembus selalu menjadi idola cemilan yang dicari, bagi kami dan rekan-rekan yang terbiasa atau mengetahui kelezatan dari kuliner yang satu ini sering kali mencari tahu letak penjualan tempe gembus yang ada di restauran. Pada saat kami mampir di sebuah rumah makan sederhana di kawasan Bogor, kami pun menemukan kuliner tradisional tempe gembus goreng pada saat kami kami melakukan perjalanan wisata kuliner Indonesia.

Walau rasanya tidak sama dengan tempe gembus yang kami nikmati pada saat melakukan kunjungan wisata di kawasan daerah Wonosobo, menu makanan tempe gembus ini sudah bisa melepas rasa kangen kami dengan rasanya yang khas. Entahlah kenapa bisa beda rasa, pada saat kami santap, mungkin beda nuansa dan olahan tangan dari si juru masak.

 

Baca juga : Wisata Di Dusun Siyono Kertek Wonosobo

Selain harganya yang ekonomin, tempe gembus goreng yang dihidang pada saat masih hangat akan terasa renyah. Tepung yang mebalut adonan tempe, bila digigit akan menimbulkan suara yang khas, belum lagi dengan paduan rasa bumbu yang digunakan sang juru masak pada tempe gembus satu ini. Tidak ada salahnya bagi sahabat dan pembaca setia Direktori Wisata yang melakukan liburan di Indonesia untuk mencba salah satu hidangan makanan tradisonal khas Indonesia yang satu ini.

Mengenal wisata kuliner Indonesia tempe gembus yang menjadi makanan cemilan khas masyarakat Wonosobo bila tidak memiliki waktu kunjungan di Indonesia yang cukup, kita bisa mencari di rumah makan atau pun restauran yang menyajikan makanan khas Indonesia, kita bisa mendapatkan hidangan menu yang lezat ini di sana. Happy travelling.[]

 
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
 
 

15 Comments

  1. padahal bahan pembuatanya dari sisa atau ampas,tapi rasanya tetap nikmat.
    di tempat saya ini namanya tempe dages kang.
    jiah,sayang di malaysia tidak ada…..,jadi kangen

    • Jangankan Kang Reo yang di Malaysia, kemarin waktu saya ke Singapur saja baru sekarang ketemu lagi Kang dengan tempe gembus ini saja ketemunya di Bogor. Maklum kangen sama yang tradisional.

  2. iya bener kata kang reo,, di tempat saya juga kayanya namanya DAGE atau templek ,,, tapi nda tau juga,, hehehe

    • Tersrah deh namanya apa mas, yang penting tempe gembus ini enak sebagai teman minum teh atau kopi di pagi hari atau sore hari. 😀

  3. Waaaw tempe gebus,jadi ingat saat ngidam anak pertamaku. Saat itu di Ambon nggak ada yang namanya tempe gembus. Untung ada om yang dinas ke solo. Akhirnya si gembus melayang sampai di Ambon dan anakku nggak jadi ngeces 🙂

    • Makanan ini ternyata sembat mebuat orang banyak menjadi kesemsem ya Mba ? Ternyata si tempe gembus ini selalu menggoda selera dalam ingatan 😀

  4. tempe gembus emang enak, aseli indonesa bangetlah ya hihi…

  5. Ah dimakan pake lombok rawit ijoooooooo wenak tenannnnnnn *ngiler*

  6. kalo dilidah sayah emang enak makanan jenis ini. tapi sudah g ada sekarang entah kemana yang biasanya jualan.

  7. didaerah saya biasa disebut gembos, ini wajib ada kalau beli gorengan. harganya irit cepat kenyang haha

  8. Jaman dulu tempe gembus itu ngracuni, smp ada yg mati spt di novel Ahmad Tohari. Sekarang krn pengetahuan & bahan sdh bagus, gembus aman, enak kenyil2 :))

    • Kalau di Jogja tempe gembus mudah didapat ya mas, sering untuk sajian minum teh dan kopi juga. 😀

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
 
Translate »
Ad Clicks :Ad Views :