Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Jakarta / Wisata Kuliner Gondangdia Cikini Jakarta

Wisata Kuliner Gondangdia Cikini Jakarta

Jelejah Wisata Kuliner Di Kawasan Cikini Raya Jakarta

Direktori Wisata – Tempat wisata asik buat nongkrong dan berburu Kuliner di Cikini Gondangdia dengan beragam hidangan kuliner yang enak dan unik di Kota Jakarta.

Menghabiskan waktu liburan dan jalan-jalan kurang lengkap rasanya bila kita tidak berkunjung kesebuah kawasan yang cukup dikenal dan memiliki nama cukup melegenda yang berada di kawasan Cikini Jakarta.

Wisata Kuliner Cikini Jakarta

Selain dikenal sebagai tempat wisata edukatif di bidang ilmu pengetahuan perbintangan dan seni yang berpusat di Taman Ismail Marzuki, Cikini juga merupakan salah satu tempat wisata kuliner Jakarta yang memiliki menu-menu makanan yang cukup melegenda dan terkenal kelezatannya hingga sekarang.

Berikut merupakan sajian menu kuliner yang bisa di dapat dengan mudah yang berada di tempat wisata kuliner Gondangdia Cikini Jakarta.

Gado-gado Bon Bin merupakan kuliner gado-gado yang terkenal di Jakarta, ada sejak tahun 1960. Dengan menu yang menjadi favorir yaitu gado-gado yang terbuat dari beberapa sayuran seperti kol, bayam, kacang panjang, kentang dan timun serta dilengkapi dengan telur, tahu, kerupuk emping dan lontong atau nasi yang di siram dengan kuah bumbu kacang mete di atasnya.

Gado Gado Bon Bin Cikini Jakarta

Harga gado-gado Bon Bin Rp. 30.000,- / porsi. Relatif mahal untuk seporsi gado-gadonya, namun untuk rasanya memang tidak bisa dibohongi kelezatannya. Dan untuk rasa tidak bisa diukur dengan uang. Bila melihat bahan dasar bumbu kacangnya saja kita sudah tahu bahwa yang membuat beda gado-gado ini dengan yang lain terlihat dari kekentalan rasa bumbu kacang mete yang menjadi andalannya.

Konon bumbu kacang gado gado Bon Bin ini di buat dengan cara di sangrai baru kemudian di masak kembali dengan campuran bumbu tradisional resep keluarga dan barulah menghasilkan tekstur bumbu kacang yang berbeda Dinamakan gado-gado Bon Bin konon dulunya warung ini dekat dengan kebun binatang yang kini telah berubah menjadi Taman Ismail Marzuki, dan dulunya jalan yang terdapat di depan warung ini bernama Jalan Bon Bin III.

Bergeser di area sekitaran tempat wisata kuliner Cikini Jakarta lainnya kita bisa menemukan makanan yang berkuah dan menyegarkan tubuh yaitu Soto Jakarta yang lokasinya tepat di dekat stasiun kereta api Cikini. Sebuah warung soto Betawi yang cukup dikenal dan telah berdiri dari tahun 1973 ini menyajikan menu makanan soto berkuah yang terbuat dari susu muri dan santan. gurih kuah sotonyalah yang membuat pemikat hati para pengunjung yang hadir di warung soto Jakata Pak H. Yus.

Soto Betawi Cikini

Rasa soto betawi Cikini Pak Yus dikenal lezat dan gurih, dan harganya Rp. 37.000,- / porsi. Warung Soto Ciki buka pukul 08.00 hingga 17.00 sore hari. Bagi kita yang dtatang pas jam makan siang siap-siap untuk bersabar dalam menunggu antrian giliran untuk dilayani di warung soto Cikini yang terkenal ini.

Untuk sajian kuliner untuk malam hari, Cikini merupakan sebuah kawasan yang menyajikan menu kuliner yang dikenal dengan tempat makan bubur enak di Jakarta. Karena kawasan ini dikenal dengan Burcik yaitu Bubur Cikini yang menjadi andalah warung bubur H. Suleman khas Cirebon.

BurCik merupakan salah satu bubur terpopuler di Jakarta sudah ada sejak tahun 1980. Bubur nasi yang disajikan dengan sayuran ayam dan cakwe dengan telur mentah yang disajikan langsung di dalam bubur panas. Dan telur yang digunakan dan di taruh di bubur nasi adalah telur ayam kampung, telur yang di camour didiamkan dalam bubur yang panas.

Bubur Cikini

Walau bubur di campur dengan telur kampung mentah, namun bubur ini tidak terasa amis, karena di dalam bumbu buburnya menggunakan campuran bumbu jahe di dalamnya yang telah bercampur dan meresap dalam adonan bubur yag di masak selama 4 jam.

Burcik atau bubur Cikini buka dari pukul 19.00 hingga 23.30. Dan harga bubur Cikini Rp15.000,- hingga Rp.18.000 / porsi. Dan salah stu tempat wisata kuliner malam Jakarta yang menyajikan bubur nasi dengan menu spesial kita bisa mencoba bertandang di kawasan Gondangdia Cikini.

Bla kita mencari menu makan malam lainnya di tempat wisata kuliner Cikini yang memiliki kesan tradisional, kita juga bisa mendatangi sebuah warung makan yang menjajakan makanan nasi. Dan di Jalan Cikini IV, Menteng Jakarta kita bisa menemukan sebuah rumah makan yang menyediakan dan menawarkan menu kuliner yang cukup ternama dan dikenal di kalangan pecinta kuliner yaitu nasi uduk Gondangdia.

Nasi uduk Gondangdia memiliki sebuah kenggulan dari rasanya, karena nasi uduk ini menggunakan beras yang pulen, dan untuk menu andalan untuk menemani nai uduk di tempat ini adalah ayam goreng dan paru. Sedangkan harga nasi uduknya Rp. 5.500,- / buah. unikna nasi uduk di tempat ini di bungkus dengan daun pisang, dan untuk lauk pauknya di bandrol dari harga Rp. 11. 000,- hingga Rp. 45.000,- / buah.

Jakarta selain menjadi pusat Ibu Kota  yan dikenal dengan jam kesibukannya yang cukup tinggi, namun di balik kesibukan dan aktifitas keseharian di Kota Jakarta terdapat beberapa menu kuliner yang siap tersaji dan ditawarkan di beberapa tempat wisata kuliner di jakarta yang bisa kita sampangi, dan salah satunya adalah kawasan wisata kuliner Gondangdia Cikini.

Semoga informasi tempat wisata kuliner yang ada di kawasan Cikini ini bisa memberikan alternatif pilihan tepat dan menu makanan khas yang bisa memberikan solusi bagi para sahabat dan pembaca setia Direktori Wisata yang akan melakukan jalan-jalan dan sedang mencari tempat wisata kuliner di Jakarta yang bisa di sambangi bersama keluarga dan kerabat.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

3 Comments

  1. Gado-gadonya bikin kenyang hahahahhah

    • Indra Kusuma Sejati berkata:

      Masa satu porsi gado-gado segitu banyak masih laper kang ? 😀

  2. mantabbnyaa..
    namanya unik deh pakdhe.. 🙂

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :