Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

 
Home / Indonesia / Jawa Barat / Bogor / Wisata Kuliner Bogor Khas Olahan Sumsum

Wisata Kuliner Bogor Khas Olahan Sumsum

 

Tempat Wisata Kuliner Bogor, Dari Olahan Sumsu Sapi Yang Patut Di Coba

Direktori Wisata – Ragam kuliner Rumah Sumsum Bogor yang menjadi salah satu detinasi wisata kuliner Bogor yang banyak diminati wisatawan.

Kota Bogor yang memiliki julukan sebagai kota hujan da terletak sekitar 60 kilo meter dari Kota Jakarta . Karena letak kotanya yang sangat strategis menjadikan Kota Bogor ramai dikunjungi oleh para wisatawan, dan salah satu destinai wisata favorit Bogor adalah tempat wisata kulinernya.

Kuliner Khas Sumsum

Bukan menjadi hal yang aneh bila Bogor banyak di sambangi oleh para wisatwan yang sering mencicipi kelezatan dari kuliner khas Bogor. Terutama bagi kita yang sebagai pecinta kuliner, di kota ini banyak tempat kuliner yang menawarkan varian jeins dan rasa kuliner yang akan memanjakan serta muaskan lidah kita. Berikut merupakan kuliner Bogor yang banyak dicari banyak orang dan salah satunya adalah kuliner dari olahan Sumsum dari Rumah Sumsum Bogor.

Wiisata Kuliner Bogor:: Sate Sumsum Bogor

Tempat wisata kuliner Bogor yang menyajikan kuliner yang terbuat dari olahan Sumsu menjadi salah satu kuliner yang banyak dicari oleh wisatawan yang berkunjung di Bogor, salah satunya adalah kuliner sate sumsum Bogor. Olahan kuliner Bogor yang satu ini memancing rasa penasaran Direktori Wisata bersama rekan-rekan untuk mencobanya. dan ternyata  rasa sensasi gurih satenya sangat berbeda dibanding sate daging ayam atau kambing yang biasa kami makan.

Sebagai tambahan informasi, sumsum merupakan jaringan spon lembut yang terletak di dalam rongga interior tulang panjang, dan biasanya olahan sumsum yang bayak diketahui oleh kita adalah sop sumsu kaki sapi atau kambing. namun, di lokasi tempat wisata kuliner Bogor ni kita bisa temukan olahan kuliner sate yang terbuat dari sumsum.

Informasi yang Direktori Wisata dapatkan di lokasi, sate sumsum Bogor yang menjadi bahan olahan sate ini menggunakan sumsum dari punggung sapi. bagian ini dipilih karena memiliki tekstur kenyal yang tidak mudah hancur., berbentuk panjang serta ketebalannya pun kurang lebih sebesar telunjuk jari tangan kita.

Sebelum digunakan dalam pembuatan sate, sumsum terlebih dahulu direbus dalam sebuah air panas yang mendidih selama 10 menit. hal ini bertujuan agar mempertahankan bentuk serta menhilangkan bau amis di sumsum tersebut. Selanjutnya sumsum di gunting sebesar +/- 1 cm, dan setelah itu sumsum siap diolah menjadi kuliiner sate .

Sate sumsum sapi tidak kalah dengan sate daging, karena sumsum sapi ini kaya akan dengan kandungan gizi yang kaya akan kalsium, zat besi, fosfor dan protein di dalamnya. Dimana kandungan ini dapat mencegah oteoporosis, menguatkan tulang dan mempercepat penyebuhan cedera pada tulang.

 
Sate Sumsum Sapi

Selain gizinya yang tinggi sate sumsum sapi inipun mudah dimasak, dan waktunya sangat reltif cepat. Proses pembakarannya pun hanya membutuhan waktu +/- 3 menit, karena sebelumnya telah direbuh hingga masak. Dan sebenarnya proses pembakaran sate ini hanya memberikan aroma bakaran yang harum.

Sajian kuliner sate sumsum sapi di Bogor ini disajikan dengan dua pilihan sambel yanitu sambel kacang atau sambel kecap. yang telah diberikan potongan cabe dan bawang. Dimana kedua bumbum sabel tersebut bila menjadi pelengkap sajian menu kuliner sate sumsum sapi ini enak dan sedap di lidah.

Bukan hanya sate di lokasi tempat wisata kuliner Bogor dari Rumah Sumsum ini juga meyajikan menu hidangan lainnya yang terbuat dari bahan sumsum sapi untuk melengkapi hidangan makanan siang kami di tempat ini, yaitu nasi pepes sumsum yang menjadi salah satu menu favorit di Rumah Sumsum Bogor.

Wisata Kuliner Bogor:: Nasi Pepes Sumsum

Sanjian menu kuliner Nasi Pepes Sumsum ini memadukan gurihnya bumbu khas pepes dengan kelezatan sumsum sapi. dan ajian menu kuliener Bogor ini menjadi sajian menu nasi yang lain dari menu nasi biasanya kami temukan saat berkunjung ke tempat wisata kuliner Bogor lainnya.

Informasi yang Direktori Wisata dapatkan di lokasi bahan yang digunakan dari menu kuliner nasi pepes sumsum ini  terlihat menawarkan cita rasa yang istimewah. Dimana proes memasaknya dengan menggunakan nasi dan sumsum yang telah direbus yang di padu denagn cabe, bawang merah, bawang putuh, sereh, lengkuas, jahe dan daun kemangi. yang ditambah dengan bumbu kuning khas pepes yang telah dihaluskan dan minyak sayir serta garam dan merica.

Nasi Pepes Sumsum

Konon, nasi pepes ini bila dilihat dari sejarahnya berasal dari daerah Serang, Jawa Barat. Bila orang Jawa Barat menyebut nasi pepes ini dengan sebuatan nasi buri. Sedangkan untuk penambahan menu sumsumnya sendiri merupakan modofikasi dari pengembangan cita rasa kuliner yang membuatnya berbeda dan menjadi lebih spesial.  Tidak hanya lebih lezat rasanya, namun penambahan sumsum juga bisa menjadi hidangan kuliner pepes nasi ini lebih bernutrisi.

Lanjut informasi…..
Cara membuat nasi pepes sumsum sangatlah mudah, semua bahan dan bumbu dimasukan dalam mangkok nasi lalu diaduk sampai rata. Setelah itu campuran nasi dibungkus dalam daun pisang dengan rapih, lalu dimasukan ke dalam oven agar semua bumbu menyatu sempurna. Setelah +/- 10 menit, nasi pepes sumsum bisa langsung disajikan.

Harumnya nasi berbumbu dalam daun pisang yang terhidang di hadapan kami kontan langsung membuat air liuar tak tertahankan lagi. Rasanya nikmat banget lo….. bagi kita yang suka dengan sajian kuliner sumsum ala Sunda Jawa Barat tidak salahnya mencoba makanan kuliner nasi pepes sumsum yang satu ini. Tidak heran bila menu kuliner nasi pepes sumsum ini menjadi salah satu menu favorit para pecinta kuliner Nusantara.

Untuk sajian makanan kuliner sumsum berikutnya kami mencoba hidangan makanan yang memiliki julukan nama Sumsum Dabu-Dabu. Konon sajian menu kuliner ini merupakan sajian menu makanan modifikasi khas dari Manado. Karena sumsum sapi yang terhidang dan disajian dengan sambel dabu-dabu. Sambal dabu-dabu yang merupakan sambel khas dari Manado.

Wisata Kuliner Bogor:: Sumsum Dabu-Dabu

Sajian menu kuliner Sumsum Dabu-Dabu ini menggunakan sumsum sapi bagian punggung sebagai bahan dasar pemeran utama dalam sajian kuliner khas sumsum tersebut. Semenatara bahan lainnya dari menu kuliner ini adalah tepung terigu, tepung roti dan telor ayam.

Sumsum Dabu Dabu

Sedangkan untuk sambel dabu-dabunya menggunakan cabe rawit, tomat, kemangi, saus tomat, garam, gula serta lada. Sebelumnya sumsum dibumbui dengan garam dan lada, yang kemudian tepung terigu dibalurkan keseluruh  permukaan sumsum sapi yang telah rebus masak hingga matang. dan telor ayam yang dikosok menjadi pelapis berikutnya.  Dan yang terakhir sumsum di baluri oleh tepung roti sampai tertutup rata.

Konon, tepung roti tersebut akan memberikan rasa renyah dan warna keemasan yang indah pada hasil masakan makanan sumsum dabu-dabu tersebut. Selanjutnya sumsum digoreng hingga berwarna kecokelatan. Konon  kandunagn gizi pada sumsum akan dapat menambah nafsu makan dan dapat menambah kinerja pada otak anak agar lebih aktif dan pintar, jadi makanan ini sangat cocok untuk anak-anak juga, tinggal di sesuaikan saja dengan rasa pedasnya menurut selera.

Sajian kuliner sumsum dari kegita makanan tersebut diatas sangat lezat rasanya. Dan menjadikan ciri khas tersendiri dalam rasa kekhasan dari masing-masing makanan. Ketiga menu makanan tersebut bisa kita nikmati dengan harga yang sama, masing-masing menu tersebut di patok dengan harga Rp. 33.000,- / porsi. Harga sewaktu-waktu dapat berubah sesuai kebijakan pengelola.

Untuk dapat menikmati sajian menu kuliner Sumsum,  kita dapat menyambagi tempat wisata kuliner Bogor di Rumah Sumsum yang lokasinya dapat dilihat dalam Google Map di bawah ini.

Sajian lezat dengan cita rasa masakan khas Jawa Barat di tempat wisata Kuliner Rumah Sumsum Bogor bisa menjadi salah sau detinasi wisata kuliner para sahabat dan pembaca setia Direktori Wisata yang akan mengisi liburan di bogor sambil menikmati pesona wisata Bogor yang dikenal sebagai destinasi wisata yang terpopler dan banyak dikunjungi oleh para wisatwan. Selamat Liburan di Bogor.[]

 
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
 
 

6 Comments

  1. Asyik paling duluhan niih , Bogor adalah kota yang bersebelahan dengan ibu kota Jakarta yang menyimpan sejuta aneka menu kuliner dan beberapa tempat wisata , tak heran jika banyak para wisatawan asing maupun domestik sering memadati kota bogor yang biasa disebut kota hujan ini , dan satu lagi yang khas di kota ini adalah Wisata Kuliner Bogor Khas Olahan Sumsum

    • Mas admin lagi kerokan karna habis ujan-ujanan masuk angin….ni sepertinya

      • Indra Kusuma Sejati berkata:

        tahu aja si akang, maklum habis kekenyangan makan sumsum eunak tenan…. he,, he,, he,

    • Indra Kusuma Sejati berkata:

      Benar-benar-benar baget mas. Makanaya salah satu yang membuat orang jalan-jalan di tempat wisata kuliner Bogor mereka juga mencari olahan makanan sumsum biar seger……

  2. Pepes sumsum itu rasanya gimana ya? belum pernah kayaknya nyicipi 🙁

    • Indra Kusuma Sejati berkata:

      pokoknya rasanya jelimet maknyus kang, apalagi kalau aromanya itu yang ga nguatin banget deh……..

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :