Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Kuliner / Wisata Kuliner Angkringan

Wisata Kuliner Angkringan

Pesona Wisata Kuliner Tradisional Angkringan Indonesia

Direktori Wisata. – Beragam keunikan wisata kuliner tradisional Indonesia yang disajikan ditempat jajanan angkringan yang memberikan kesan natural dan selalu dikangenin wisatawan domestik maupun mancanegara.

wisata kuliner angkringan

Menghabiskn waktu liburan di daerah Indonesia, kita akan menemukan banyak tempat jajanan, dan salah satunya adalah tempat wisata kuliner angkringan. Lokasinya biasanya berada di pinggir jalan dengan gerobak khas angkringan dan buka mulai menjelang sore hari hingga larut malam.

Dari sebuah kisah tradisi masyarakat yang membutuhkan tempat nongkrong untuk kongko-kongko sambil duduk nangkring di atas bangku yang terbuat dari kayu, maka banyak orang menyebutnya menjadi “angkringan”.

menu kuliner angkringan

Sajian menu makanan tradisional yang disajiakan di tempat wisata angkrinngan biasanya terdiri dari berbagai banyak menu jajanan tradisional yang telah siap disediakan untuk dipilih para pembeli yang hadir di tempat wisata angkringan tersebut. Dari tempe dan tahu goreng, berbagai macam sajian menu sate dari sate kerang, sate usus, sate ati ampela ayam, sate telor, dan berbagai menu pilihan sego kucing.

ceret angkringan

Bila kita mengunjungi tempat wsata angkringan di daerah, kita akan menemukan beberapa hal unik dari peralatan yang digunakan yang dibaa oleh pedagang angkringan tersebut. Contohnya dalah ceret atau tempat memasak air yang bentuknya unik, dan kebradaannya terus berada di atas tunggku api bara yang selalu menyala.

kuliner sego kucing angkringan

Untuk sajian menu kuliner di tempat wisata angkringan yang Direktori Wisata coba salah satunya adalah menu makanan sego kucing dengan sate kerang. Namanya unik namun untuk kualitas rasa menu yang satu ini tidak kalah. Disebut dengan sego kucing karena nasi dan lauknya seikit sekali, dan untuk harganyapun sangat bersahabat di kantong.

menu minuman angkringan wedang jahe

Sedangkan untuk sajian menu minuman tradisional di tempat wisata kuliner angkringan, kita dapat memilih sesuai selera dan kebutuhan kita. Seperti wedang jahe gula aren, kopi susu, kopi hitam, kopi joss, teh manis, air jeruk dan lain sebagainya. Sedangkan untuk munu minuman kali ini Direktori Wisata memesan minuman wedang jahe gula aren hangat.

Walau tergolong sederhana dengan sajian menu makanan dan minuman tradisional Indonesia, tempat wisata kuliner angkringan seperti ini selalu menjadi tempat yang dikangenkan oleh para wisatawan domestik maupun mancangera untuk menyambanginya. Usut demi usut, hal yang kami temukan jawabannya adalah, karena tempat angkringan ini yang sulit dicari dan ditemukan adalah suasananya yang selalu dirindukan oleh halayak ramai dengan menu yang khasnya.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

6 Comments

  1. maaf nih kang keluar dari temanya, mau ngucapin selamat hari raya idul fitri mohon maaf jika saya banyak salah atau ngerepotin akang atau ada tingkah laku yang kurang sopan dari saya.

  2. sego kucing kalau buat saya pas ukurannya

    • Kalau saya bisa dua atau tiga untuk ukuran sego kucing Mba, karena enak sih…. 😀

  3. kok gak dicantumin asal daerahnya sih. kalo gak salah itu kan kuliner khas jogjakarta.

    • Yang saya tahu angkringan tidak hanya berasal dari Kota Yogya gan, karena tidak ada data yang valid tentang hal itu, dan tradisi angkringan ada di beberapa daerah khususnya di Pulau Jawa yang bisa kita temukan dan telusuri langsung di beberapa daerah. Itu dari pengalaman saya menemukan langsung di beberapa daerah di Pulau Jawa tenantang angkringan seperti ini.

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks :Ad Views :