Wisata Konservasi Alam Pulau Pramuka

posted in: Jakarta, Wisata Alam | 6

Mengunjungi Tempat Wisata Konservasi Alam Di Pulau Pramuka

Direktori Wisata. – Pulau Pramuka merupakan tempat wisata bahari dan konservasi alam yang eksotis dikenal wisatawan domestik dan mancanegara.

Dari pengalaman Direktori Wisata melakukan perjalanan wisata di Pulau Pramuka, di area lokasi ini kami banyak menemukan berbagai macam informasi yang tertulis di dalam papan reklame, foto-foto dan hewan laut yang telah diawetkan. Tempat lokasi area tersebut berada di sebelah pusat informasi penangkaran penyu sisik (Erermochelys imbricata).

wisata-konservasi-alam-pulau-pramuka

Bila kita menuju area di lokasi belakang Pulau Pramuka, kita akan menemukan salah satu tempat wisata konservasi alam yang ada di pulau tersebut. Salah satunya adalah tempat penangkaran penyu sisik. Konon menurut informasi pemandu wisata lokal Pulau Pramuka yang mendampingi kami berkunjung ke area lokasi tersebut, penyu-penyu sisik tersebut merupakan salah satu hewan langka yang dilindungi oleh pemerintah.

Pada saat kami masuk ke dalam ruangan penangkaran penyu sisik tersebut, kami menemukan sebuah kolam buatan yang tersusun rapih yang di dalamnya terdapat penyu-penyu yang dikelompokan sesuai usia, dari yang kecil hingga yang besar.

wisata-konservasi-alam-pulau-pramuka

Untuk kolam yang berada di paling depan dekat pintu masuk, kami menemukan sebuah kolam yang berisikan anak-anak penyu sisik atau yang disebut dengan anakan penyu sisik. Dari informasi yang kami dapatkan di lokasi, penyu-penyu tersebut ditetaskan secara almiah. Dan mendapatkan perawatan dan pengawasan ketat dari para petugas untuk selalu memantau perkembangan hewan tersebut hingga waktu usia yang telah cukup, hewan-hewan tersebut dilepaskan ke alam bebas.

Sedangkan untuk dikolam lainnya, kami menemukan penyu sisik yang sudah cukup besar. Kami para wisatawan yang berkunjung ke lokasi bisa menyaksikan hewan langka penyu sisik tersebut dari dekat, bahkan banyak yang menggendong hewan tersebut. Tubuh hewan tersebut terbungkus oleh kerapas yang berbentuk pipih dan dilapisi zat tanduk.

wisata-pulau-pramuka

Konon informasi yang kami terima, kerapas tersebut memiliki fungsi untuk melindungi diri penyu tersebut dari para predatornya. Sedangkan untuk di bagian dada dan perut hewan penyu tersebut dilindungi lapisan yang disebut plastron. Bila kita perhatikan, hewan penyu sisik memiliki tangan dan kaki sebagai alat dayung untuk berenang di bagian depan dan belakang.

Dari informasi tambahan yang kami terima di tempat wisata konservasi alam di tempat penangkaran penyu sisik Pulau Pramuka, lokasi area ini hanya merupakan tempat penetasan telur bagi penyu sisik, dan hewan-hewan tersebut tidak pernah mendarat di pulau ini dengan sengaja untuk bertelur. Namun, penyu sisik di Pulau Pramuka ini menjadi salah satu tempat konservasi alam dan penangkaran terpenting bagi hewan penyu sisik tersebut di samping yang ada di area kawasan daerah lainnya yang ada di Indonesia.

Untuk mengunjungi area lokasi tempat wisata konservasi alam di tempat penangkaran penyu sisik Pulau Pramuka ini tidak dipungut biaya. Namun, bagi para wisatawan yang hadir di area lokasi yang akan memberikan donasi atau pun sumbangan kepedulian, bisa langsung memasukan donasinya di dalam kotak yang tersedia di tempat tersebut. ( Baca : Wisata Di Pulau Pramuka)

Mengsisi liburan di tempat wisata konservasi alam di Pulau Pramuka dapat memberikan pengalaman yang menarik bagi kita untuk mengenal betapa pentingnya keseimbangan dan kelangsungan habitat hewan atau pun tumbuhan bagi di alam semesta ini. Happy travelling.[]

Follow Indra Kusuma Sejati:

Seorang blogger biasa yang mencoba melihat fakta dengan cara pandang baru untuk berbagi informasi melalui digital internet.