Oh Snap!

Please turnoff your ad blocking mode for viewing your site content

Wisata Kepulauan Derawan, Kalimantan

Liburan Di Kepulauan Derawan Nan Eksotis Di Kalimantan Timur

Direktori Wisata – Jelajah surga tersembunyi di tempat wisata kepulauan derawan yang eksotis dan indah di Pulau Kakaban, Maratua,

Perjalanan wisata menuju kepulauan Derawan ini Direktori Wisata bersama rekan-rekan dari Jakarta menuju ke Kabupaten Berau Kalimantan Timur melalui Balikpapan. Sedangkan penerbangan dari Jakarta menuju Balikpapan menempuh jarak waktu +/- 2 jam, lalu kami lanjutkan penerbangan menuju bandar udara Kalimarau.

wisata-wakatobi

Sampai kami di Bandar Udara Kalimarau, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur,. Perjalanan jelajah wisata Kepulauan Derawan ini kami lanjutkan dengan melalui jalan darat menuju Pelabuhan Tanjung Batu yang memakan waktu perjalanan +/2 jam. Dari pelabuhan kami pun melanjutkan penyeberangan dengan menggunakan speadboat untuk menuju Pulau Derawan.

Memasuki kawasan destinasi wisata bahari Kepulauan Derawan mata terasa disapu oleh angin yang menghalau rasa lelah selama perjalanan jelajah wisata derawan yang  kami lakukan. Dimana wisata bahari derawan memiliki pesona keindahan alam yang sangat menakjubkan dan memikat yang menjadi daya tarik tersendiri bagi kehadiran kami di daerah Kepulauan Derawan.

Pulau Derawan ini merupakan pulau yang berpenghuni, konon informasi yang Direktori Wisata terima, penduduk yang mentap di Pulau Derawan ini merupakan sebagain besar masyarakat dari Suku Bajo.Walau ada di Kalimanatan Timur masyarakat di sini  bukanlah orang dayak.

Dari pengalaman kami melakukan perjalanan jelajah wisata Indonesia hampir semua daerah di Indonesia rata-rata orang dari suku Bajo yang kami temukan dan tinggal di pesisir pantai., dan salah satunya di Pulau Derwan. Bukan hanya itu saja, pulau ini juga dikenal memiliki keindahana pantai dan juga banyak kehidupan biota laut yang menawan.

Pulau Derawan ini hanya terdapat satu perkampung kecil dan jaraknya pun hanya +/- 3 km dari ujung ke ujung pulaunya, dan letaknya bersisihan dengan lautan. Konon, bagi suku Bajo sendiri laut bagaikan seorang ibu yang memberi mereka makan dan kehidupan. Dimana masyarakat nelayan di Derawan ini dikenal dengan anak turunan nenek moyang seorang pelaut yang handal dari ratusan tahun silam.

Penginapan Pulau Derawan

Untuk sarana dan fasilitas di Pulau Derawan sendiri sudah bisa dengan mudah kita menemukan beberapa penginapan yang ada di pulau ini. Konon, pada umumnya para wisatawan lokal dan mancanegera yang berkunjung  ke Derawan hanya menikmati wisata bahawi seperti pantai dan taman laut Derawan yang indah. Namun, untuk kunjungan kami kali ini kami barulah menginap di Derawan setelah dari keliling jelajah wisata Derawan sebalum kembali ke Jakarta nanti.

[the_ad id=”13726″]

Perjalanan jelajah wisata Kepulauan Derawan pun kai lanjutkan untuk menuju destinasi wisata Derawan berikutnya yang telah dipersiapakan untuk kami telusuri. Setalah kami beristirahat dan bersilaturahmi sejenak di Pulau Derawan maka kami pun segera bergegas menuju speedboat yang telah siap untuk menghantarkan perjalanan kami kali ini untuk berkeliling Kepulauan Derawan.

Pulau Sangilaku Derawan

Dengan menggunakan speedboat perjalanan kami menuju Pulau Sangalaki yang memakan waktu +/- 1 jam perjalanan untuk menembus laut berwarna hijau toska akhirnya kami pun sampai di bibir pantai berpasir putih yang bersih. Rasa takjub tidak bisa kami tutupi di raut muka kami semua, saat kami menginjakkan kaki pertama di daratan pantai Pulau Sangalaki yang terkenal sebagai kawasan Taman Nasional Konservasi laut berbasis penyu laut ini.

Bawah Laut Pulau Sangalaki Derawan

Selain perairan lautnya yang terlihat eksotis, Pulau Sangalaki merupakan tempat wisata bahari di Kepulauan Derawan bisa menjadikan tempat yang tepat untuk dijadikan spot snorkling. Kita bisa menikmati pemandangan surga bawah laut dengan mudah di pulau ini tanpa diving atau menyelam. Dan salah satu pemandangan bawah laut Pulau Sangalaki yang bisa kita bikmati seperti yang terdapat di foto tersebut di atas.Selain sebagai tempat konservasi penyu, Pulau Sangalaki Derawan juga dihuni oleh satwa burung, dan biawak yang bebas berkeliaran di pulau ini.

Danau Kakaban

Saat matahari mulai meninggi perjalanan jelajah wisata Derawan pun kami lanjutkan menuju Pulau Kakaban yaitu sebuah pulau yang memiliki hutan yang lebat dan pepohonan yang menyimpan keindahan surga tersembunyi di tempat wisata Derawan yang cukup dikenal dengan dnau payaunya yang ada di tengah pulau. Danau dengan 4 jenis ubur-ubur yang tidak menyengat yang merupakan biota unik ini menjdi salah satu wahana wisata kepulauan Derawan yang menarik di kunjungi.

[the_ad id=”13728″]

Dari Pulau Kakaban hanya membutuhkan waktu perjalanan +/- 1 jam kami menuju tempat wisata Derawan yang banyak diminati wisatawan untuk menghabiskan waktu liburan mereka di Pulau Maratua yang begitu indah. Hamparan pasir putih yang luas dan air lautnya yang memancarkan warna hijau toska membuat siapa saja yang datang ke pulau ini akan dibuatnya terlena.

Wisata Maratua Kepulauan Derawan

Pulau Maratua juga memiliki destinasi wisata yang dikenal dengan surganya diving,  di sini kita dapat menemukan spot titik penyelaman yang menarik untuk dijelajahi bagi para pecinta diving yang diumbuhi terumbu karang dan ikan-ikan laut yang unik dan menjadi daya tarik tersendiri di kawasan tempat wisata Pulau Maratua Derawan.

[the_ad id=”13726″]

Sejauh mata memandang di tengah hamparan laut nan biru lengkap sudah setelah kami bermalam dan melakukan segala aktifitas kegiatan perjalanan jelajah wisata Kepulaun Derawan dengan menyaksikan segerombolan lumba-lumba dalam perjalanan kembali menuju Pulau Derawan yang menjadi titik point keberangkatan awal perjalanan liburan di Derawan.

Sore hari kami pun tiba di Pulau Derawan untuk menghabiiskan hari dengan menghabiskan petang dengan menyaksikan psona indahnya sunset yang menawan di Pulau Derawan Dan untuk berakhir pula perjalanan jelajah wisata Kepulauan Derawan kami bersama rekan-rekan pada hari. Untuk mempersiapkan diri kami untuk kembali ke Jakarta.[]

• Linkedin
  • stumbleupon
This div height required for enabling the sticky sidebar