Oh Snap!

Please turnoff your ad blocking mode for viewing your site content

Wisata Keliling Kebun Raya Bogor

Liburan Menyenangkan Sambil Belajar di Kawasan Kebun Raya Bogor

Direktori Wisata – Wisata edukasi Kebun Raya Bogor yang membuat kamu betah.

Hutan kota yang menjadi kebanggaan masyarkat Kota Bogor dengan ribuan jenis tanaman dan panorama menawan yang bisa kita nikmati ragam sajian wisata alamnya dengan nuansa eropa masa silam, kawasan ini terletak di pusat Kota Bogor dan menjadi salah satu destinasi wisata Bogor yang asik di sambangi untuk berlibur dan menghabiskan wkatu liburan.

Kebun Raya Bogor merupakan destinasi wisata alam Bogor terpopuler ini menyajikan pesona alam yang tumbuh subur di tanah Indonesia. Kita akan terpana menyaksilan taman dengan beragam tumbuhan tropis sekaligus terkesima melihat tanaman angrek, tanaman obat, tanaman-tanaman langka hingga tanaman teratai raksasa yang akan membuat kita merasa betah menikmati nuansa alam Bogor.

Dari penglaman Direktori Wisata di lokasi, oksigen yang dihasilkan dari ribuan pohon dan tanaman yang ada di Kebun Raya Bogor ini tidak bisa kami dapatkan pada saat di Kota lain. Selain bisa menikmati liburan, kita kita juga bisa mengenal sejarah dan belajar ilmu pengetahuan alam. Destinasi wisata ini merupakan salah satu obyek wisata Bogor terpopuler saat ini untuk dikunjungi.

Perjalanan wisata menuju Bogor kali ini Direktori Wisata menggunakan transportasi kereta api KLR dari stasiun Depok menuju Stasiun Bogor yang hanya memakan waktu +/- 45 menit. Sesampainya kami di Stasiun Kereta Api Bogor, perjalanan kami lanjutkan dengan berjalan kaki sambil menikmati pesona wisata Bogor.

Dengan membayar tiket masuk Kebun Raya Bogor sebesar Rp. 15.000, – selanjutnya Direktori Wisata siap melangkahkan kaki menuju mobil wisata yang siap menghantarkan kami untuk keliling kawasan Kebun Raya Bogor dengan dipandu oleh petugasnya.  Dengan membayar Rp. 10,000,- / orang kita akan diajak berkeliling tempat wisata alam Bogor selama +/ 25 menit. Jadi kita tidak perlu berjalan kaki untuk bisa keliling di tempat wisata Bogor ini.

wisata keliling Kebun raya Bogor

Sambil berkeliling kita juga bisa mendapatkan berbagai inormasi dari pemandu wisata yang menemani perjalanan wisata keliling Kebun Raya Bogor. Satu demi satu obyek wisata yang kita lalui kita bisa mendapatkan penjelasan dari petugas yang bersangkutan dengan segala informsi yang diterangkan olehnya.

Penglaman Direktori Wisata melakukan wisata keliling Kebun Raya Bogor dengan menggunakan kendaraan mobil wisata, informasi yang kami dapatkan  ternyata mobil wisata Kebun Raya Bogor memiliki fungsi tugas utama yaitu memberikan pelayanan kepada masyarakat atau pengunjung Kebun Raya Bogor dan memberikan informasi tentang tempat wisata alam Kebun Raya Bogor itu sendiri. Enak kan kalau mau keliling di Kebun Raya Bogor ?

Puas berkeliling kini saatnya Direktori Wisata menikmati taman-taman istimewah yang ada di dalam area Kebun Raya Bogor. Dan berikut ini merupakan ulasan yang kami catat dalam perjalanan melakukan wisata keliling Kebun Raya Bogor dengan mengunjungi beberapa taman-taman yang berada di dalam area tersebut.

Wisata Keliling Kebun Raya Bogor:: Taman Anggrek
Taman Anggrek Kebun Raya Bogor atau yang dikenal dengan Rumah Anggrek ini menyediakan puluhan ribu spesiemen tanaman bunga anggrek yang bisa kita nikmati. Di Rumah Anggrek terdapat dua rumah kaca, satu berisi koleksi anggrek hibrida, dan satunya lagi berisi koleksi anggrek alam.  Dari infomrasi yang Direkori Wisata dapatkan di lokasi, koleksi Rumah Anggrek Kebun Raya Bogor ini berjumlah lebih dari 500 jenis, berasal dari ujung barat sampai ujung timur Indonesia. Di Rumah Angrek Kebun Raya Bogor ini juga ada lahan yang dikhususkan untuk mempelajari dan mengembangkan tanaman anggrek.

Taman Anggrek Kbun Raya Bogor

Rumah Anggrek Kebun Raya Bogor terbagi beberapa ruangan yang bisa kita kunjungi. Untuk Ruangan bagian tengah terdapat sejumlah poster tentang tanaman anggrek, beberapa tempat duduk batang kayu, dan kuntum bunga anggrek yang diletakkan di atas sebuah meja di tengah ruang. Ruangan ini terhubung dengan rumah kaca yang ada di bagian sayap kanan dan kiri bangunan.

Bil kita melihat di bagian pojok sebelah kiri ruangan dekat pintu masuk, di sana terdapat “Information Desk”,. Untuk bagian depannya ada toko suvenir yang menjual pernak-pernik untuk kenang-kenangan. yang bisa dibawa pulang Ada pula botol-botol pupuk perawatan anggrek di meja pajang.

Bergeser di ruangan kaca Rumah Anggrek Kebun Raya Bogor yang berada di sebelah sayap kiri yang disebut Tropical Forest yang menjadi tempat perlindungan bagi anggrek alam Indonesia. Hutan hujan tropis pada masa yang lalu menjadi rumah hampir 5.000 jenis anggrek alam, namun dengan kerusakan hutan yang luar biasa, entah tinggal berapa yang sekarang masih ada. Konon di dunia sendiri masih ada 25.000 spesies anggrek.

Bila kita berkujung ke rumah kaca ini terdapat sebuah pancuran kecil yang airnya terus mengalir. Sura germecik airnya dapat  memberi suasana yang berbeda. Konon, informasi yang Direktori Wisata terima Rumah Anggrek ini dibuat atas prakarsa Yayasan Kebun Raya Indonesia dan LIPI, dan diresmikan pada tanggal 25 Mei 2002 oleh Presiden Megawati Soekarnoputri dengan nama “Griya Anggrek”. Nama yang indah untuk sebuah rumah taman di tengah Kota Bogor.

Perjalanan wisata keliling Kebun Raya Bogor di Rumah Anggrek kami lanjutkan ke bagian sayap kanan bangunan yang menjadi surga untuk Orchid Hybrid (anggrek hibrid), yaitu silangan anggrek hasil perkawinan antara dua jenis anggrek berbeda. Yang dipilih sebagai induk silangan biasanya adalah anggrek bersifat unggul agar menghasilkan keturunan bervariasi dan sifat yang dikehendaki.

Konon keunggulan dari tanaman anggrek hibrid adalah pada perawatannya yang lebih mudah dan memiliki tampilan yang lebih menarik ketimbang induknya. Anggrek hibrid ini harus terdaftar di Royal Horticultural Society sebagai lembaga yang ditunjuk untuk mendata semua jenis anggrek hibrid di dunia. Ada perasaan nyaman saat berada di tengah lingkungan seperti di Rumah Anggrek ini, meskipun tidak semua anggrek tengah berbunga ketika kami mengunjungi.

Wisata Keliling Kabun Raya Bogor:: Taman Meksiko
Taman Meksiko Kebun Raya Bogor yang terletak di dalam kawasan area wisata alam Bogor ini  merupakan taman yang indah. Di rancang untuk berbagai tanaman yang hidup di ruang yang gersang. Namun, hebatnya di sini kita bisa melihat bahwa beberapa jenis tanaman dari lahan tandus ini bisa hidup di  alam tropis Indonesia.

Taman Meksiko Kebun Raya Bogor

Seperti tanaman Kaktus, Agave dan tumbuhan khas Meksiko lainnya yang dapat tumbuh di Kebun Raya Bogor. Hal ini diebabkan dari trik cara menanam di atas batu koral membuat tanaman beriklim panas ini sukses dikembangbiakan di iklim trops.

Wisata Keliling Kebun Raya Bogor:: Taman Teisjmann
Taman Teisjmann Kebun Raya Bogor merupakan taman bergaya formal ala eropa. Taman ini dibangun pada tahun 1889 salah satu pemimpin Kebun Raya Bogor Johannes Elias Teisjmann.

Taman Teisjmann Kebun Raya Bogor

Konon informasi yang Direktori Wisata dapatkan di lokasi Taisjmann inilah yangmerancang Kebun Raya Bogor ini membagi are tempat sesuai jenis dan suku dari tenaman yang ada di are tempat wisata Bogor .

Puas menyaksikan tanaman anggrek dan tanaman Meksiko, kami pun bergeser untuk melihat dan menyaksikan tanaman yang unik lainnya di Kebun Raya Bogor seperti tanaman Kantong Semar.

Tanaman Knatong Semar Kebun Raya Bogor

Tanaman Knatong Semar yang berbahasa ilmiah Genus Nepenthes masuk dalam tumbuhan karnivora. Konon informasi yang Direktori Wisata dapatkan di lokasi, uniknya tanaman ini bisa memangsa serangga hinga tikus. Bahkan dihabitat aslinya tanaman Kantong Semar ini bisa mencapai 20 meter.

Salah satu yang menyebabkan serangga masuk ke dalam tanaman Kantong Semar ini karena ada lapisan nektar yaitu sejenis kelenjar madu di dalamnya. Sekali masuk ke dalam kantong semar serangga-serangga tersebut tidak bisa keluar lagi karena yang disebabkan bentuknya dan lapisan lilin yang membuat licin. Bagi kita yang ingin melihat tanaman Kanotng Semar ini harus berhati-hati untuk menhindari cairan yang keluar dari tanaman ini, karena baunya tidak sedap. Tapi tenang saja, karena tanaman Kantong Semar ini tidak akan memangsa manusia ko. ha,,, ha,, ha,,

Perjalanan wisata keliling Kebun Raya Bogor kami lanjutkan ke lokasi area yang konon di tempat ini terdapat tiga jenis tanaman tertua yang ada di Kebun Raya Bogor. Setelah kami melewati jembatan penyebrangan yang cukup dikenal di area tempat wisata Bogor ini yaing bernama jembatan merah Kebun Raya Bogor sampailah kami di area lokasi tersebut.

Jembatan merah Kebun Raya Bogor

Dari informasi yang kami dapatkan, tanaman tertua yang berada di Kebun Raya Bogor ini  bernama Shore Leprosula, Kenari Bagi, dan pohon Litchi Chinensis Sonn konon umur ketiga phon tersebut hampir dipastikan hampir 200 tahun. Dan yang tercatat yang tertua adalah Litchi Chinensis yang berasal dari China.

Setelah hampir seharian kami keliling di tempat wisata alam Kebun Raya Bogor, kami memutuskan untuk kembali dengan beberapa data yang bisa diperoleh dari kawasan tempat wisata Bogor ini yang menyediakan berbagai macam sarana informasi yang bersifat edukatif pada saat kami jalan-jalan di kawasan Bogor.

Untuk mengisi hari liburan kita untuk mengenal alam dan kekayaan Indonesia lainnya, kita bisa dapat mengisi waktu liburan kita dengan cara yang cerdas dan yang terpenting kita harus bisa menikmati arti dan fungsi liburan itu sendiri. Jangan sampai liburan tapi tidak bisa kita nikmati dan memberikan manfaat. Yuk Keliling wisata Bogor. []

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
  • stumbleupon
This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks :Ad Views :