Oh Snap!

Please turnoff your ad blocking mode for viewing your site content

Wisata Ke Rumah Produksi Kopi Aroma Bandung

Intip Rumah Produksi Kopi Aroma Bandung Yang Terkenal Kenikmatannya

Direktori Wisata. – Toko Kopi Aroma Bandung merupakan salah satu toko kopi legendaris yang terdapat di Jalan Banceuy No. 51, Kota Bandung. Toko ini dikelola oleh Bp. Widya Pratama generasi kedua dari ayahnya.

kopi-aroma

Perjalanan wisata ke Bandung, Direktori Wisata mencoba mengunjungi sebuah rumah produksi Kopi Aroma. Sepintas dari luar toko ini terlihat sangat sederhana. Letaknya yang berada di pinggir jalan, menjadikan toko ini mudah dijumpai. Kehadiran kami di sambut hangat oleh Bp. Widya Pratama si pemilik dari generasi ke dua Toko Kopi Aroma Bandung, selanjutyan kami diajak ke dalam untuk melihat dari dekat dapur pengolahan kopi yang memiliki nama besar di jagad maestro para pecinta kopi yang terbuat dari kopi alami tanpa bahan campuran kimia apapun.

kayu-karet-untuk-pembakaran-kopi aroma-bandung

Pak Widya Pratama meunjukan kepada Direktori Wisata sebuah tumpukan kayu karet yang dipergunakan sebagai bahan baku untuk membakar proses kopi. Untuk jenis bahan kayu karetnya pun beliau mengatakan tidak ada yang berubah, masih dari jenis kayu karet yang sama seperti awal pada saat di pegang oleh papahnya pertama kali hingga sekarang.

kopi-aroma-bandung

Sedangkan untuk mesin pembakaran kopi, di tempat kopi aroma Bandung ini masih menggunakan mesin pembakaran kopi yang masih kuno dan tradisional yang diimport langsung dari eropa pada tahun 1930. Alat pembakar kopi ini bernama “roaster”, walau terlihat kuno, alat ini sangat berbeda dalam menghasilkan panas dari pada alat roaster yang modern.

Jadi jangan heran bila proses pembakaran dengan menggunakan roaster ini memerlukan waktu yang lebih lama dari alat roster modern yang hanya membutuhkan waktu 10-20 menit, sedangkan untuk roaster jenis kuno ini waktu yang dibutuhkan untuk pembakaran sekira 2 jam lebih untuk memproses biji kopi sebanyak 3 kaleng minyak tanah.

Konon informasi yang Direktori Wisata terima di lokasi dari Bapak Widya Pratama si pemilik rumah produksi Kopi Aroma Bandung, temperatur pembakaran saat proses pembuatan kopi ini yang rendah dan dihasilkan dari roaster kuno ini bercampur dengan aroma pembakaran kayu karet pilihan. Proses pembuatan tersebut menghasilkan harum aroma kopi menjadi khas dan sedap dari Kopi Aroma Bandung yang kini dikenal banyak orang.

kopi-aroma-bandung

Sayangnya pada saat Direktori Wisata sampai di lokasi proses pembakaran kopi Aroma di dapur rumah produksi kopi ini telah selesai, jadi kami hanya dapat mengabadikan foto-foto gambar mesin yang habis dipakai untuk proses pembuatan kopi aroma dan biji kopi yang siap di masukan dalam mesin untuk diproses esok hari. Namun, Pak Widya tetap semangat melayani Direktori Wisata di dapur produksi kopi aroma miliknya.

kopi-aroma-bandung

Sebuah gudang kopi untuk tempat penyimpanan biji kopi aroma terlihat jelas. Dan menurut informasi yang Direktori Wisata terima, bahwa tumpukan kopi yang berada di dalam gudang penyimpanan tersebut adalah biji kopi mentah yang disimpan dulu sebelum dipanggang. Proses tersebut akan menurunkan keasaman pada kopi, dan memberikan rasa kopi yang khas.

biji-kopi-aroma-bandung

Bapak Widya Pratama menjelaskan kepada Direktori Wisata, “Bahwa untuk Kopi Aroma yang terbuat dari jenis Arbika, biji kopi mentahnya akan disimpan selama 8 tahun, sedangkan untk jenis kopi Robusta untuk kopi mentahnya sendiri disimpan selama 5 tahun”.

Dari pengamatan Direktori Wisata di lokasi rumah produksi Kopi Aroma Bandung ini, kita dapat menemukan berbagai macam jenis kopi yang berasal dari daerah di Indonesia. Baik jenis Robusta atau Arabika. Selain kopi racikan mereka sendiri, Toko Kopi Aroma Bandung juga menjual biji kopi murni yang berasal dari Toraja, Aceh Gayo, Bengkulu dan Jawa. Di mana nama-nama bibit kopi terebut memang telah memiliki penggemar dari para pecinta kopi yang benar-benar mengetahui kopi nikmat dan berkualitas dari Indonesia.

Rumah Produksi Kopi Aroma Bandung ini bukan hanya sebuah dapur produksi kopimurni dengan aroma yang khas, namun di dalam area lokasi kita dapat menyelami sebuah museum kopi kuno yng memiliki nama besar dari para pecinta kopi hingga mancangera.

kopi-aroma-bandung

Sisi-sisi bangunan yang unik dan klasik ini, masih terlihat rapih, dan di sudut atas dapur, kita masih dapat menemukan sebuah sepeda onthel milik sang pelopor Kopi Aroma bandung dari papahnya Pak Widya Pratama yang menjadi pajangan.

Untuk menjaga kualitas aroma kopi, Pak Widya Pratama tidak pernah mengubah tradisi proses penerapan yang diajarkan oleh orang tuanya. Hal inilah yang menjadikan toko kopi aroma di Bandung ini memiliki pelanggan dari berbagai kalangan pecinta kopi, bahkan ada juga yang berasal dari luar negeri.

Sebagai informasi Toko Kopi Aroma ini di buka dari jam 08.00 WIB hingga 16.00 WIB. Dan untuk pembelian kopi di TOKO KOPI AROMA dibatasi maksimal hanya 5 kilogram saja. Sedangkan untuk hari Minggu TOKO KOPI AROMA tutup, dan waktunya bagi Pak Widya Pratama mengurus anak-anak asuhnya yang berada di sekitaran daerah Bandung.

Baca juga : Menyusuri Tempat Wisata Kota Bandung

Hal menarik dalam perjalanan wisata ke rumah produksi KOPI AROMA Bandung ini, Direktori Wisata mendapatkan sebuah pelajaran, “Bahwa Kejujuran akan mebentuk sebuah kualitas yang matang, dan sebuah komitmen akan menghasilkan sebuah prestasi, sedangkan rejeki sudah di tetapkan Tuhan untuk kita.”[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
  • stumbleupon
This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks :Ad Views :