Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2022 | All Right Reserved

Home / Bojonegoro / Wisata Kayangan Api Abadi Bojonegoro

Wisata Kayangan Api Abadi Bojonegoro

/

Pesona Wisata Kayangan Api Abadi Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur

Direktori Wisata – Wisata alam di tempat wisata Kayangan Api Abadi Bojonegoro yang merupakan api abadi yang tidak pernah padam terbesar di Asia Tenggara.

Kayangan api merupakan sebuah julukan yang diberikan kepada api abadi yang tidak pernah padam mesti diguyur hujan yang berlokasi di Desa Sendang Harjo Ngasem Kabupaten Bojonegoro, dan menjadi api terbesar di Asia Tenggara. Fenomena geologi berupa gas api dari dalam tanah menjadikan api ini tidak pernah padam.

Kayangan Api Abadi Bojonegoro

Menurut informasi cerita yang Direktori Wisata dapatkan, konon obyek wisata alam Kayangan Api Abadi merupakan tempat persemayaman Mbah Kriyo Kusumo atau Mpu Supa atau yang lebih dikenal dengan sebutan Mbah Pande yang berasal dari Kerajaan Majapahit. Konon beliau merupakan seorang pande besi yang biasa membuat alat-alat pertanian dan senjata pusaka.

Tempat wisata Kayangan Api Abadi juga pernah menjadi api pembuka dalam PON tahun 2000 setahun sebelumnya kawasan ini telah resmi menjadi tempat wisata di Bojonegoro. Api yang menyembur terlihat memukau bagi satiapa saja yang melihatnya, apaagi bila api ini dilihat waktu malam hari. Liukan obak kobaran api nampak indah menjulang.

Wisata Kayangan Api Abadi Bojonegoro

Di sisi lain tempat wisata alam Kayangan Api Abadi ini juga terdapat sebuah kolam kecil yang berisikan air yang nampak mendidih meski tidak terdapat api di bawahnya. Fenomena ini menarik perhatian wisatawan lokal maupun mancangera yang mengisi liburan di Bojonegoro untuk mengunjungi obyek wisata alam yang menarik ini.

Selain menjadi tempat wisata alam yang menarik, obyek wisata Kayangan Api Abadi ini juga menjadi salah satu tempat wisata heritage di Bojonegoro yang unik dan menarik. Dengan keindahan fenomena alam yang bisa dinikmati oleh setiap pengunjung yang hadir di lokasi Kyangan Api Abadi. Namun kita akan menjadi lebih tahu salah satu tempat bernilai sejarah yang menjadi salah satu peninggalan yang berhubungan dengan kisah kebesaran sejarah dari Kerajaan Majapahit tempo dulu di tempat ini.

Untuk mejaga dan kebanggaan akan kelestarian kearifan lokal, tiap tahun api yang bersumber dari Kahyangan Api Abadi diambil untuk diarak saat hari jadi Kota Bojonegoro. Dari informasi yang DIrektori Wisata terima di lokasi, Kayangan Api Abadi merupakan api abadi peninggalan nenek moyang bangsa Indonesia. Dan lokasi ini dibuka menjadi tempat wisata pada tahun 1999.

Sebagai informasi tambahan, dengan berbagai kepercayaan yang masih berkembang sampai saat ini, membuat Api Kayangan ini menjadi tempat yang sangat sakral. Dan api yang ada hanya boleh diambil jika ada upacara penting seperti yang telah dilakukan pada masa lalu, seperti upacara Jumenengan Ngarsodalem Hamengku Buwono X dan untuk mengambil api melalui suatu prasyarat yakni untuk acara selamatan / wilujengan dan tayuban dengan menggunakan fending eling-eling, wani-wani dan gunungsari yang merupakan gending kesukaan dari Mbah Kriyo Kusumo.

Indonesia yang memiliki sebuah kisah dan cerita dengan segala bentuk tradisi dan kearifan lokal yang dimiliki dan masih terlestarikan hingga kini keberadaannya di masyarakat. Ini semua merupakan salah satu bentuk keharmonisan yang unik dengan segala bentuk dan warna klasik, seperti yang terdapat di tempat wisata Kayangan Api Abadi di Bojonegoro ini

Harga tiket masuk Kayangan Api Abadi kita hanya cukup membayar Rp. 2.000,- / orang dan untuk menuju ke arah tempat wisata alam Kahyangan Api Abadi cukup mudah, kita tinggal megarahkan kendaraan menuju ke arah sebelah selatan Kabupaten Bojonegoro dari pusat kota.

Untuk menuju tempat wisata Kayangan Api Abadi Bojonegoro sangatlah mudah, bagi kita yangberasal dari luar Pulau Jawa kita bisa menggunakan pintu akses melalui Bandara Internasional yang ada di Kota Surabaya dan Yogyakarta, lalu perjalanan bisa dilanjutan melalui jalur jalan jalan dengan mengikuti rute perjalanan yang terdapat dalam peta Google Map yang telah Direktori Wisata sediakan.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :