Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2022 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Wisata Kampung Adat Kuta, Wilayah Unik, Bersejarah Di Ciamis

Wisata Kampung Adat Kuta, Wilayah Unik, Bersejarah Di Ciamis

/

Direktori Wisata – Kampung Adat Kuta jadi sebuah deskripsi bila hampir tiap daerah mempunyai kelompok masyarakat yang memegang kuat tradisi, adat istiadat, yang sudah ada sejak jaman dahulu di Ciamis.

Wisata Kampung Adat Kuta, Wilayah Unik, Bersejarah Di Ciamis

Wisata Kampung Adat Kuta memiliki kekhasan tertentu, dan nilai kisah, khususnya terkait Kerajaan Galuh. Tetapi, ketidaksesuaian dengan banyak daerah adat lainnya, bila Wilayah Adat Kuta terbuka dengan beberapa perubahan jaman.

Salah satunya bisa terlihat dari pemakaian listrik. Tetapi, ada banyak hal ide yang tidak boleh dilanggar oleh masyarakat Wilayah Kampung Adat Kuta. Ketetapan itu selalu terlindung dari dahulu sampai sekarang ini.

Ingin ketahui dengan kekhasan Wilayah Kampung Adat Kuta Ciamis? Berikut deskripsinya yang sudah kami siapkan buat anda.

Lokasi Dan Alamat Wilayah Kampung Adat Kuta Ciamis

* Lokasi Wilayah Adat Kuta ada di samping Selatan, dan samping Timur Sungai Cijolang.

Baca juga : Desa Wisata Malasari Nanggung di Kabupaten Bogor

* Alamat Wilayah Adat Kuta berada di Desa Karangpaninggal, Kecamatan Tambaksari, Kabupaten Ciamis, Provinsi Jawa Barat.

Lajur Ke Wilayah Kampung Adat Kuta Cimanis

Perlu diketahu bila kunjungan wisata ke sebuah wilayah adat, sudah tentu akan jauh berbeda dengan ke tempat wisata pada umumnya, terutamanya dari sisi fasilitas.

Seperti berkunjung ke sebuah perkampungan biasa, tetapi ada sisi kekhasan, kekhasan, atau kearifan lokal yang masih tetap lestari di tengah modernisasi.

Baca juga : Desa Wisata Budaya dan Sejarah Di Kabupaten Lombok Tengah

Nah buat anda yang ingin berkujung ke Wilayah Adat Kuta, jika pemberangkatan awalannya anda dari ALun-Alun Kabupaten Ciamis, karenanya jarak tempuhnya sekitar 42 km, dengan kisaran waktu tempuh sekitar 1 jam 30 menit.

Harga Ticket Masuk Wilayah Kampung Adat Kuta

* Ticket masuk Wilayah Adat Kuta gratis.

Jam Buka Wilayah Kampung Adat Kuta

Tidak ada ketentuan syah terkait jam operasional, waktu buka, dan tutupnya Wilayah Adat Kuta. Tetapi ada ketetapan masuk lokasi yang dikeramatkan pada hari Senin dan Jumat.

Fasilitas Di Wilayah Kampung Adat Kuta

Untuk fasilitas wisata yang primer, seperti tempat parkir, dan toilet sudah berada di Wilayah Adat Kuta. Dan saat ini, tengah dibikin sebuah spot yang diberi nama Puncak Terkenal.

Kisah Wilayah Kampung Adat Kuta 

Dalam cerita Sunda Buhun, diceritakan berkenaan sebuah lokasi yang tidak berhasil untuk jadi ibu-kota Kerajaan Galuh. Nama lokasinya adalah Kuta Pandak, atau disebut Kuta Jero.

Kisah Wilayah Kampung Adat Kuta 

Nah, masayarakat Ciamis percaya, dan menduga bila ibu-kota yang tidak jadi itu adalah Wilayah Adat Kuta. Hal tersebut sudah tentu betul-betul berpendapat.

Adapun kisah penamaan Wilayah Adat Kuta ke arah lokasi Wilayah Adat Kuta yang ada pada suatu lembah, yang dikelilingi oleh tebing, dan bukit-bukit.

Baca juga : Desa Wisata Ende Mengenal Dekat Masyarakat Adat Lombok Tengah

Kondisi itu ibarat membuat suatu pagar alami. Dan dalam istilah Sunda, makna kata Kuta mempunyai makna sebuah pagar.

Daya Mengambil Wilayah Kampung Adat Kuta Ciamis

1. Kearifan Lokal

Daya tarik yang pertama, sekaligus jadi kekhasan Wilayah Adat Kuta ada pada kearifan lokalnya. Dimulai dari tradisi, sampai arsitektur rumah adat.

Semua rumah Wilayah Adat Kuta mempunyai ketetapan khusus terutamanya dari sisi atapnya yang penting menggunakan ijuk. Bentuk bangunanpun harus persegi, panggung, dan tidak diperbolehkan menggunakan bahan permanen.

Selain itu, ada juga banyak hal ide yang tidak boleh dilanggar oleh masyarakat Wilayah Adat Kuta. Satu diantaranya:

* Tidak boleh gunakan baju serba hitam,

* Masyarakat yang meninggal dunia, harus dimakamkan di luar tempat Wilayah Adat Kuta,

* Dilarang bertandang tempat keramat saat hari Senin, dan Jumat,

* Mode rumah harus persegi,

* Rumah panggung, dengan bahan dasar kayu, bambu, dan ijuk.

Di saat tertentu, di kawasan Wilayah Adat Kuta selalu ditangani beberapa acara yang mecerminkan kekhasan wilayah itu. Salah-satu acara yang terkenal adalah Ngulah.

Baca juga : Wisata Ala Jepang Kyoto di Bandung, Rindu Hadir Ke Jepang

Dan harus dimengerti bila Wilayah Adat Kuta adalah salah-satu wilayah paling tua yang ada di Kabupaten Ciamis. Dengan demikian, betul-betul recommended menjadi tujuan tempat wisata yang mendidik.

2. Cocok Alam, Dan Manusia

Saat beberapa pengunjung datang ke kawasan Wilayah Adat Kuta Ciamis, karena itu tersaji sebuah nuansa cocok antara manusia, dan alam.

Masyakat Wilayah Adat Kuta betul-betul menjaga betul kelestarian alam. Bahkan, jika anda jalanan akan menyaksikan wilayah itu nyaris tanpa sampah, terutamanya sampah plastik.

Mata penelusuran masyarakat Wilayah Adat Kuta adalah bertani, dan berkebun. Produk yang paling populer adalah nira, sebagai bahan dasar pembuatan gula aren.

Hal mendidik, yang memberikan inspirasi di Wilayah Adat Kuta adalah beberapa orang-tua (umur 80-90), masih kuat untuk ke sawah, atau kebun. Kelihatan kebahagiaan, dan ketenangan dari muka mereka.

Kemungkinan dari kegiatan rutin tiap hari mengonsumsi makanan yang alami, tidak mempunyai karakter kimiawi. Tubuh yang masih tetap terolah saat bertani, atau berkebun, dan jiwa yang tenang jauh dari persaingan hidup ala kota besar.

3. Puncak Terkenal

Next, di artikel selanjutnya penulis akan membahas sebuah spot baru di kawasan Wilayah Adat Kuta, sekaligus tempat wisata di Ciamis yang baru, yang bernama Puncak Terkenal (saat pembangunan, dan penataanya sudah 100%).

Sebagai sebuah deskripsi, Puncak Terkenal Ciamis adalah Kampung Adat Kuta lokasi terbaik cicipi keindahan kawasan Wilayah Adat Kuta dari ketinggian.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks :Ad Views :