Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Mancanegara / Wisata Jelajah Singapura Di Kampong Glam

Wisata Jelajah Singapura Di Kampong Glam

Wisata Jelajah Singapura Di Kampong Glam Yang Dikenal Sebagai Kampong Arab Singapore

Direktori Wisata. – Kampong Glam dan Arab Street Singapore merupakan salah satu tempat wisata Singapura yang unik dan menarik.

Kawasan ini memiliki nilai sejarah dan salah satu destinasi wisata favorit bagi wisatawan berkunjung ke Singapura, karena kawasan ini sebagai pusat masyarakat Muslim Singapura.

Kampong Glam SIgapura
Kampong Glam Singapore

Singapura yang tergolong sebagai negara kecil, namun negara ini banyak menyimpan keanekaragaman etnis dan budaya serta agama.

Masyarakatnya dapat hidup berdampingan dengan saling menghargai satu dengan lainnya, dan salah satu kawasan yang dapat kita lihat sebagi tempat wisata budaya dan tradisi budaya antar etnis di Singapura yaitu di Kampong Glam ini.

Kampong Glam Singapore
Kampong Glam Singapura

Kampong merupakan sebuah bahasa Melayu, dalam bahasa Indonesia sering dikatakan sebagai “Kampung”.

Bila kita jalan-jalan di kawasan Kampong Arab Singapura kita akan diajak untuk menyaksikan sebuah perkampungan yang terdapat di tengah Kota Singapura.

Kawasan ini sangat unik dan menarik. Walau dikatakan sebagai Kampong Arab, di kawasan wisata Singapura juga banyak kita temukan rumah-rumah bergaya arsitektur China.

kampong-glam-singapore
Kampong Glam SIngapore

Hampir setiap sisi jalan, dari pengamatan Direktori Wisata pada saat di lokasi kawasan Kampong Glam ini.

Kami banyak menemukan sebuah bangunan kedai atau warung yang sekaligus dijadikan tempat tinggal di lantai atasnya yang berada di pinggir jalan dengan gaya arsitektur China.

Konon dari informasi yang kami peroleh, kawasan ini menjadi salah satu kawasan wisata budaya dan tradisi di Kota Singapura.

Masjid Sultan Kampong Glam Singapura
Masjid SUltan Kampong Glam Singapura

Masih di dekat kawasan Kampong Glam, kita juga dapat menemukan sebuah situs sejarah umat Muslim di Singapura.

Di area kawasan ini terdapat sebuah masjid tua yang memiliki nila sejarah panjang bagi umat muslim di Singapura.

Masjid tersebut dikenal dengan nama Masjid Sultan, tepatnya berada di lokasi North Bridge Road. Namun, sayangnya pada waktu Direktori Wisata mengunjungi kawasan ini, masjid ini dalam tahap renovasi, jadi kami pun mengurungkan diri untuk ke lokasi dalam masjid yang sedang di renovasi tersebut.

Di depan halaman Masjid Sultan dalam kawasan kampong Glam kita dapat menemukan sebuah pertokoan dengan bentuk bangunan bergaya arsitektur China.

Kedai-kedai atau toko-toko tersebut banyak menjajakan jenis pakaian dan tekstil dari berbagai macam corak dan warna, dari keperluan sehari-hari hingga untuk keperluan ibadah bagi umat muslim.

Baca juga : Wisata Singapura di Kota Lama Geylang Serai

Dari dahulu hingga sekarang kawasan wisata Kampong Glam ini menjadi tempat penjualan ala-alat dan perlengkapan ibadah untuk umat Muslim seperti peci atau tutup kepala bagi kaum lelaki Muslim; kitab suci Al-Qur’an; sajadah dan tidak ketinggalan kerajinan tekstil yang beraneka ragam corak dan bentuk.

Tidak ketinggalan di kawasan Kampong Glam ini pun dikenal juga sebagai tempat penjualan batik dari Indonesia dan Malaysia.

Istana Kampong Glam Singapore
Istana Kampong Glam Singapura

Tidak jauh dari lokasi Masjid Sultan Singapore, kita dapat menemukan sebuah bangunan tua bersejarah yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan asing bila mengisi liburan di kawasan Kampong Glem Singapura.

Tempat ini diberi nama “Malay Heritage Centre” atau dikenal dengan sebutan “Istana Kampong Glam“.

Di lokasi ini kita dapat menyaksikan sejarah tentang masyarakat Melayu Singapura dengan berbagai bentuk cerita dan warna kehidupan sejak dulu hingga sekarang.

rumah-makan-minang-di-singapore

Setelah keliling dalam kawasan Kampong Glam Singapura, kami pun mencari tempat kawasan wisata kuliner khas Kampong Arab di area kawasan ini, konon dari dulu kawasan ini menyajikan masakan khas timur tengah dengan rempah karinya, hingga berbagai macam khas masakan melayu hingga masakan khas Minang pun bisa kita temukan di kampong arab ini.

Jadi bagi kita orang Melayu dan Indonesia yang liburan di Singapore di kawasan Kampong Glam tidak perlu khawatir bila sedang mencari kawasan yang menyajikan masakan khas nusantara Indonesia di Singapore. Cari saja di kawasan ini.

Baca juga : Wisata Di Kampung Wak Hassan Singapura

Untuk menuju Istana Kampong Glam kita bisa menggunakan transportasi umum seperti bus, MRT atau pun taksi dengan mengikuti jalur arah menuju tempat wisata Singapura Kampong Glam yang ada di dalam peta.

Pada saat kita melakukan perjalanan wisata jelajah Singapura di Kampong Glam, kita akan menemukan banyak obyek wisata sejarah, budaya, dan tempat wisata belanja kuliner Singapura yang banyak menyajikan keragaman dalam beragam tradisi dan budaya masyarakat Singapura dengan latar belakang budaya dan tradisi yang berbeda.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

8 Comments

  1. tempatnya bersih banget ya mas,tidak ada sampah berserak meskipun cuma seuil.

    • Kalau bicara kebersihan di Singapura memang tidak ada duanya Kang. 😀

  2. Gitu dunk fotonya gedhe-gedhe jadi lhatnya enak 😀

    • Kalau kurang besar bisa lihat melalui kaca pembesar Mba, biar bisa lebih jelas keadaan kampong Arab di Singapura ini. 😀

  3. Fotonya gedhe, jadi kelihatan perute Ups dibalang nasi kebuli sama mas Indra 🙂

    • Ha,,, ha,, ha,,,, tapi memang kalau nasi kebuli di kawasan Kampong Glam Singapura juga enak ko Mba. 😀

  4. Kental melayunya ya Pak Indra. Lingkungannya yang rapih ya menandakan kawasan ini adalah Singapura 🙂

    • Yups, benar Mba, bukan berarti di Indonesia juga tidak ada yang bersih seperti ini ya… 😀

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :