Oh Snap!

Please turnoff your ad blocking mode for viewing your site content

Wisata Jakarta di Taman Lebah Madu Pramuka Cibubur

Keliling Jakarta di Taman Wisata Lebah Madu Pramuka Cibubur, Jakarta Timur

Direktori Wisata – Bermain di taman dan menghirup segarnya udara di tempat Taman Wisata Lebah Madu Pramuka Cibubur Jakarta Timur sambil melepas penat dari rutinitas sehari-hari.

Kegiatan liburan yang bisa kita lakukan saat liburan di Jakarta tidak hanya mengunjungi sebuah psat perbelanjaan atau mengunjungi tempat wisata pantai Jakarta yang bayak menyediakan ragam pilihan wahana permainan dan rekreasi.

Namun, Jakarta juga banyak menyimpan obyek wisata yang menarik dikunjungi saat liburan yang dapat dijadikan tempat rekreasi dan pendidikan untuk mengenal dekat dengan alam, salah satunya kita dpat mengunjungi destinasi wisata Cibubur yang terdapat di Taman Madu Pramuka yang letak lokasi dekat pintu keluar toll Cibubur dari arah Jakarta menuju Bogor.

Taman Lebah Madu Pramuka Cibubur

Mengisi liburan di Taman Madu Pamuka Cibubur kita dapat melepasa sejenak dari rutinitas sehari-hari dan belajar hal baru sambil mengenal alam dari dekat. Di tempat wisata alam Cibubur ini, kita bisa melakukan kegiatan belajar serba-serbi lebah yang dapat menghasilkan madu yang sangat berguna bagi kesehatan.

Berwsiata di alam terbuka di kawasan wisata Cibubur Jakarta Timur ini, bisa menjadi kegiatan alternatif liburan bagi kita bersama keluarga atau pun teman-teman. Di obyek wisata alam Taman Madu Pramuka Cibubur, kita dapat menyaksikan proses terbentuknya madu sekaligus cara  untuk memanen madu yang dihasilkan dari penangkaran lebah madu yang terdapat di lokasi ini.

Lanjut……
Lebah yang berada di Taman Wisata Lebah Madu Pramuka Cibubur dibudidayakan dalam kotak-kotak berwarna putih dengan tutup beraneka warna, kemudian diberi batu ukuran sedang yang diletakan di bagian atasnya. Dari keterangan informasi pemandu wisata Teman Lebah Madu Pramuka, hal tersebut dilakukan untuk menghindari monyet-monyet kecil yang berkeliaran di sekitar pepohonan Buperta Cibubur dan mereka senang meminum madu langsung dari sarang lebah.

Di area Taman Wisata Lemah Madu ini terdapat monyet-monyet dari hutan di sekitar Bumi Perkemahan Cibubur atau yang sering dikenal dengan sebutan Buperta ini biasanya muncul dan mencuri madu di malam hari, sedangkan saat siang hari mereka tidak muncul karena takut akan diburu oleh manusia.

Lanjut informasi……
Untuk jenis lebah yang dibudidayakan di Taman Wisata Lebah ini adalah jenis lebah Australia (Apis Mellifera) alias lebah madu. Terdapat ratusan jenis lebah, tapi tak semuanya bisa menghasilkan madu. Dari informasi yang Direktori Wisata dapat di lokasi, dipilihnya lebah jenis Apis Mellifera sebagai lebah budidaya karena lebah ini berasal dari jenis unggul dan tidak ganas layaknya lebah hutan (Apis Dorsata) atau gampang kabur seperti lebah rumah (Apis Cerana) yang sebenarnya juga bisa menghasilkan madu.

Di tempat wisata alam Taman Lebah Madu Cibubur ini walaupun terdapat anjuran untuk memakai topi dan masker saat memasuki penangakaran lebah, namun bila kita tenang dan tidak berbuat merusak koloni lebah, maka lebah-lebah tersebut tidak akan menyerang manusia.

Sebagai informasi tambahan bagai sahabat Direktori Wisata yang akan berkunjung ke Taman Wisata Lebah Madu Prmuka Cibubru, akan lebih baik bila kita masuk ke dalam area penangakaran lebah harus \ bersama dengan guide atau Pemandu Resmi dari Taman Wisata Lebah sehingga kita dan putri-putri kesayangan kita pun dapat bertanya tentang masalah lebah di tempat ini, dan akan mendapatkan jawaban yang sangat memuaskan rasa ingin tahu mereka tentang kehidupan lebah.

Dengan Pemandu Wisata Lebah, kita akan diajak melihat sang Pemandu membuka kotak penangkaran dan menunjukkan rangka kayu yang hampir semuanya tertutup oleh heksagonal-heksagonal kecil yang dikerumuni ratusan lebah.

Bahkan kita pun bisa merasakan madu yang diambil langsung oleh sang pemandu dari salah satu ruang heksagonal tempat madu tersebut. Sungguh suatu pengalaman yang sangat berkesan bagi anak-anak. Selain itu mereka juga menjadi percaya diri karena dapat berdiri di antara kerumuman lebah setelah dibekali pengetahuan agar tidak menganggu sarangnya.

Di area lokasi penangkaran Taman Wisata Lebah Madu Pramuka ini kita akan tahu jenis lebah dari jenis ratu lebah, lebah pekerja, dan lebah jantan. Masing-masing lebah punya deskripsi pekerjaan yang berbeda. Sesuai namanya, lebah pekerja punya tugas yang paling banyak yaitu membuat sarang, mencari makan dan mencari nektar, bahan dasar pembuat madu. Sementara lebah jantan hanya bertugas mengawini sang ratu yang kerjanya hanya berkembang biak.

Sedangkan untuk satu buah kotak penangkaran madu di tempat wisata alam Taman Lebah Madu Pramukan ini bisa menghasilkan madu seberat 3 kilogram dan tanda bahwa madu siap dipanen adalah rangka kayu yang dipenuhi oleh heksagonal.

Dan untuk keistimewaan cairan Madu di Taman Wisata Lebah Cibubur ini adalah mereka murni 100% dan tidak melalui proses pemanasan namun hanya proses pengambilan madu dari sarangnya dengan alat khusus yang tidak menghancurkan sarang lebah yang kemudian disaring agar bersih.

Justru karena proses yg sederhana ini maka madu yang dijual akan terlihat dan dihasilakan di Taman Madu Pramuka Cibubur lebih kental, lebih manis dan tidak bening namun khasiatnya jauh lebih baik bagi kesehatan.

Informasi yang Direktori Wisata Indonesia terima di lokasi, di tempat wisata Taman Madu Pramuka Ciibubur ini, setap peserta dapat mengikuti kegiatan dari mulai cara mengumpulkan sari madu di sarang, cara mengolah madu yang benar, hingga cara memanennya. Di lokasi ini pun setiap wisata yang datang dapat langsung berinteraksi dengan lebah yang dibimbing langsung dengan para petugasnya yang sudah terlatih dan profesional.

Bukan hanya bermain di alam terbuka dan belajar sambil berinteraksi dengan lebah saja yang bsa di lakukan oleh para peserta di obyek wisata alam Taman Madu Pramuka Cibubur, bagi kita yang ingin mengikuti kegiatan terapi sengatan lebah pun juga bisa kita dapatkan di lokasi ini. Konon, informasi yang Direktori Wisata dapatkan, terapi sengatan lebah ini bisa memulihkan kesehatan bagi tubuh kita dari berbagai penyakit. Hal ini akan menjadikan perjalanan liburan akhir pekan di Jakarta kita bersama keluarga atau teman-teman akan banyak lebih bermanfaat.

Beberapa kegiatan yang dapat di lakukan di lokasi Taman Wisata Lebah Pramuka ini sahabat Direktori Wisata Indonesia dapat menyaksikan dalam tayangan video yang berada channel youtube di bawah ini.

Untuk mengunjung Taman Wisata Lebah Madu Pramuka Cibubur, sahabat kita bisa menggunakankendaraan umum maupun pribadi. Bagi kita yang menggunakan kendaraan pridai khususnya dari Jakarta, maka lokasi tempat ini berada setelah pintu keluar toll Cibubur kita bisa langsung merapat ke sebelah kiri jalan. Nanti setelah itu kita bisa melihat papan reklame yang menujukan lokasi.

Sedangkan bagi kita yang menggunakan kendaraan pribadi motor, maka kita harus memutar dan masuk terlebih dahulu dalam area Bumi Perkemahan Ciibubur, setelah itu keluar melalui pintu keluarnya dan langsung merapat ke sebelah kiri jalan yang akan menghantarkan kita menuju pintu gerbang lokasi Taman Lebah Madu Pramuka.

Bagi sahabat yang menggunakan kendaraan umum, bisa menggunakan bus angkutan umum yang melalui Bumi Perkemahan Cibubur. Kita bisa langsung turun di depan pintu gerbang dan jalan sedikit untuk menuju lokasi. Untuk informasi jelasnya bisa lihat dalam peta petunjuk.

Bagi sahabat dan pembaca Direktori Wisata Indonesia yang ingin berlibur dengan kosep wisata alam dan pembelajaran tentang budisaya lebah, bisa langsung datang di Taman Wisata Lebah Madu Pramuka Cibubur, Jakarta Timur. Selamat liburan akhir pekan di Jakarta.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
  • stumbleupon
This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks :Ad Views :