Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Wisata Indonesia Go Green

Wisata Indonesia Go Green

Menciptakan Wisata Indonesia Go Green Untuk Membanngun Potensi Ekonomi Kerakyatan Di Daerah

Direktori Wisata – Indonesia memiliki tempat wisata alam yang indah, dengan keindahan alamnya obyek wisata yang ada di Indonesia dapat menenggelamkan para wisatawan dalam nuansa keindahan yang eksotis untuk menikmati suasana pemandangan yang idah.  Namun sayangnya masih banyak tempat wisata yang berlokasi di dalam negeri yang kita cintai ini masih kurang terkelola dengan baik dan benar.

Sebagian kerusakan di tempat wisata yang ada masih banyak kita jumpai di sana-sini dan hal ini pun akibit dari ulah para pengunjung yang tidak mau peduli dengan menjaga dan melestarikan obyek wisata yang dikunjunginya., seperti masih banyaknya sampah yang berserakan akibat sifat males si oknum pengunjung, sampai dengan gaya ego dengan meninggalkan aksi corat coret di lokasi wisata.

wisata-indonesia-go-green

Akibat dari ulah para oknum wisatawan yang merusak keindahan alam Indonesia di beberapa obyek wisata, banyak para wisatawan yang lainnya tidak dapat menikmati liburan dikarenakan tempat wisata tersebut kotor dan tidak terawat.

Bila hal ini terjadi di daerah kawasan wisata yang ada di tempat kita tinggal, tentunya akan berpengaruh kepada pendapatan ekonomis daerah tersebut bukan ?…..

Menciptakan tempat wisata Indonesia Go Green dimulai dari diri kita sendiri itu lebih penting dari pada kita meributkan area lokasi yang lainnya. Dengan melihat dan mengoptimalkan atau menciptakan sebuah kawasan wisata di daerah kita yang bersih dan indah akan menjadikan daerah kita memiliki nilai ekonomis yang lebih positif, hal ini bisa kita perkenalkan melalui media sosial di internet dengan membuat sebuah website atau pun blog yang baik dan benar untuk memperkenalkan potensi keindahan alam dan kearifan lokal yang dimiliki oleh masyarakat yang berada di daerah kita.

Dengan membuat dan menciptakan pengenalan kawasan wisata di daerah kita melalui dunia internet, maka akan banyak orang tahu mengenai keindahan dan kebersihan obyek wisata yang dikelola oleh diri kita atua pun komunitas. Dan hal ini akan memberikan sebuah peluang usaha baru yang bisa kita ciptakan di daerah tempat tinggal kita.

Namun, untuk bisa bertahan dan berkembang dalam hal ini kita dituntut untuk dapat bisa selalu menuangkan ide-ide kreativ yang inovasi dalam penyajian yang selalu ditampilkan untuk para wisatawan yang akan hadir, seperti pengelaran budaya dan tradisi, atau melakukan kegiatan yang dapat menarik keingintahuan pengunjung. Biasanya pada titik inilah banyak orang atau pun komunitas yang tidak mampu bertahan untuk melanjutkan visi dan misi awal pergerakan mewujudkan tempat wisata Indonesia yang asri dan indah.

Dari pengalaman Direktori Wisata Indonesia melakukan perjalanan jelajah wisata Indonesia di beberapa daerah, kami banyak bertemu dengan para pelaku usaha yang kreativ. Mereka banyak yang menghasilkan produk kerajinan daur ulang atau yang mengolah potensi sebuah kawasan daerah sekitarnya.

Hal produk kreativitas masyarakat yang memperpadukan unsur alam menjadi salah satu pusat perhatian bagi para wisatawan mancanegara lebih banyak tertarik datang melihat langsung dari dekat.

Berikut cara menjadikan tempat wisata Indonesia go green yang dapat mendongkrak penghasilan ekonomi dan menciptakan lapangan pekerjaan yang baru di daerah kita

  • Jagalah keindahan obyek wisata alam di sekitar kita agar tidak rusak, seperti tidak meninggalkan sampah atau membuang sampah sembarangan, memotong ranting pohon atau mencabut dan menebang pohon dengan cara sengaja. Karena hal ini akan dapat berdampak pada lingkungan alam sekitar. Diperlukan tindakan tegas yang bisa diterapkan oleh masyarakat setempat untuk menerapkan sangsi hukuman bagi para pelakunya. Tentu hal ini memerlukan kordinasi dengan instansi pemerintah setempat.
  • Bukan hanya menjaga kebersihan lokasi tempat wisata, namun juga berbagai fasilitas umum lainnya yang terdapat di area lokasi seperti membuat coretan dinding, merusak rabu peringatan yang ada di area lokasi obyek wisata dan lainnya.
  • Bagi kita setiap pengunjung tempat wisata seperti kita pun dapat ikut serta membantu mensukseskan program wisata Indonesia go Green, seperti menegur langsung para oknum wisatawan yang tidak memperdulikan peringatan yang ada di sekitar area lokasi. Atau kita dapat menegur langsung.

Menciptakan tempat wisata Indonesia Go Green itu bisa dimulai dari lingkungan tempat kita sendiri. Dengan menciptakan lingkungan kawasan kita yang bersih dan indah, akan menjadikan area lokasi ini menjadi tempat istirahat sekaligus liburan yang nyaman kita bersama keluarga.

Bila hal ini bisa terus dijaga akan memberikan dampak positif pada kehidupan masyarakat di sekitar kawasan yang aman dan nyaman untuk bermain dan menikmati keindahan alam dengan udara yang bersih. Yuk, ciptakan tempat wisata Indonesia go green di mulai dari yang sederhana.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

2 Comments

  1. Paling dasar adalah ikut menjaga agar tidak rusak dan tidak membuang sampah sembarangan kang 🙂

    • Terimakasih Kang atas tambahannya agar kita semua ikut tidak merusak dan mebuang sampah dalam mencitakan tempat wisata Indonesia yang indah ini. 😀

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :