Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Jakarta / Wisata Hutan Mangrove PIK Jakarta

Wisata Hutan Mangrove PIK Jakarta

Intip Kawasan Wisata Alam Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk, Jakarta

Direktori Wisata –  Wisata alam di hutan mangrove Pantai Indah Kapuk Jakarta yang menyajikan pemandangan asri nan eksotis untuk liburan dan berwisata di Jakarta.

Obyek wisata alam ini merupakan obyek wisata hutan mangrove Jakarta yang berlokasi di kawasan Pantai Indah Kapuk Jakarta Utara. Tempat wisata Jakarta ini merupakan kawasan hutan terakhir yang ada di area Ibu Kota Jakarta. Taman Wisata Alam Angke.Kapuk ini menyajikan ekosistem hutan bakau di ujung kawasan Jakarta Utara, yang berfungsi sebagai pertahanan terakhir untuk melawan abrasi air laut.

Mengawali  perjalanan wisata alam di kawasan yang dikenal sebagai Taman Wisata Hutan Mangrove Jakarta, Direktori Wisata Indonesia beserta rombongan memasuki area rawa hutan bakau dengan pemandangan pohon bakau yang berukuran tinggi dan besar.

Wisata Alam Hutan Mangrove Jakarta

Obyek wisata alam di Jakarta ini sangat baik bagi kita untuk memulihkan kepenatan selama bekerja satu minggu dengan memulihkan dan berusaha bersinergi dengan alam. Terlihat oleh kami warna hijau dedaunan dan warna jembatan yang cenderung kecokelatan dengan memberikan kombinasi nuansa alam yang sungguh menarik.

Untuk mengelilingi kawasan wisata hutan mangrove Jakarta ini kita bisa melakukan dengan berjalan kaki ataupun dengan menggunakan sewa perahu boat yang bisa ditumpangi 6 hingga 8 orang penumpang. Dan bagi kita yang akan menikmati suasan malam di penginapan di kawasan taman wisata mangrove ini jug tersedia beberapa tempat penginapan yang terbuat dari kayu dengan bentuk bangunan bergaya arsitektur yang sangat unik dan romantis.

Lanjut…….
Meneruskan perjalanan melalui jembatan dan kami pun mulai menapatkan pemandangan baru saat memasuki area tampat tumbuhan nipah. Pada posisi ini kami mulai banyak melihat di kedua sisi jembatan tanaman tersebut. Konon informasi yang Direktori Wisata Indonesia dapatkan di lokasi, tanaman jenis “nipah” merupakan jenis tumbuhan yang satu rumpun dengan kelapa yang banyak ditemui di daerah bakau atau di daerah pasang surut dengan kadar garam randah. Dan daun nipah ini dapat dianyam serta dijadikan dinding rumah, alas rumah, dan benda anyaman lainnya.

Di sisi lain, kita dapat menyaksikan burung-burung liar kecil beterbangan dengan bebas di obyek wisata taman wisata mangrove ini. Bahkan seekor burung bangau yang sedang bertengger dengan angkuhnya terlihat di sebuah pohon yang menjadi sasaran bidikan lensa kamera para pengunjung yang mengabadikan gambar foto-foto cantik yang bisa di dapatkan di lokasi ini.

Taman Wisata Alam Mangrove Jakarta

Terlihat oleh kami sebuah menara pandang yang sering dijadikan objek pengambilan gambar foto bagi para pengunjung yang ingin berburu gambar foto bersama pasangannya dari ketinggian. Pemandangan yang kami lihat dari kejauhan ini pun bisa kami rasakan suana yang bergitu alami yang bisa dirasakan di kawasan wisata mangrove  yang terletak di ujung kota Jakarta Utara ini.

Kicauan burung yang menyertai perjalanan Direktori Wisata sepanjang waktu di tempat wisata hutan mangrove Jakarta ini bersama rekan-rekan travel photography. Sayangnya penulis tidak dapat melihat wujud cantik makhluk ciptaan Tuhan ini. Karena burung-burung ini merasa lebih nyaman bersembunyi dan memamerkan keindahan kicauannya hanya dari balik pohon-pohon hijau yang rimbun.

Tidak lama kemudian, perjalanan kami menelusuri kawasan wisata alam di tempat wisata hutan mangrove Jakarta ini  disambut dengan pemandangan tumbuhan lainnya, yaitu enceng gondok yang tumbuh di air dan memenuhi sebagian kecil sungai. Dari sana kami dapat melihat bangunan rumah mewah Pantai Indah Kapuk yang berdiri tegak dan memberikan kesan kontras akan moderniasi yang serba mewah dengan kejernihan alam hijau yang sederhana.

Pada saat kami menyelami kawasan wisata manggrove di tempat wisata Jakarta ini, awalnya kami tidak percaya bila diri ini sedang berada di kawasan taman wisata hutan mangrove Jakarta yang berada di tengah kepadatan serta kesumpekan Ibukota Jakarta yang penuh dengan tumbuhan hijau dan habitat liar yang kelihatannya memberikan kesejukan tersendiri serta memberikan keseimbangan alam sempurna untuk Kota Jakarta.

Lanjut…..
Di sisi lain area di taman wisata manggrove di Pnatai Indah Kapuk ini, kita dapat menemukan monyet-monyet ekor panjang yang berkeliaran di pagar jembatan. Mereka berkeliaran di pagar jembatan sambil bermain, meloncat dari pagar jembatan dan kemabali ke pepohonan. Ada satu ekor monyet betina yang menggendong anak monyet di dadanya, ia berlari dan meloncat didepan kami. Sungguh hal ini merupakan suatu hiburan tersendiri bagi para pengunjung saat menikmati liburan di tempat wisata hutan mangrove Jakarta ini.

Menurut keterangan informasi yng Direktori Wisata dapatkan di lokasi dari pengelola setempat, di tempat wisata hutan mangrove Jakarta ini terdapat 90-120 ekor monyet yang mendiami di kawasan Taman Wisata Alam Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk ini, dan biasanya mereka tinggal secara berkelompok.

Sedikit informasi tembahan bagi sahabat dan peembaca setia Direktori Wisata Indonesia, ada baiknya kita tdak memberikan makanan kepada penghuni kawasan taman wisata magrove ini. Hal ini akan mengganggu lingkaran ekosistem yang terdapat di tempat wisata alam yang terdapat di Pantai Indah Kapuk.

Namun, wlaupun sudah ada himbauan baik berupa lisan maupun tulisan masih ada saja pengunjug yang bandel dan tetap bersikeras untuk memberikan kue kecil atau pun roti kepada monyet-monyet itu. Walaupun menyenangkan sesaat bagi ita yang mengunjungi obyek wisata hutan mangrove Jakarta ini, sayangkan bila nantinya banyak satwa monyet-monyet liar itu pada sakit ?…,

Setelah selesai berkeliling dan mendapatkan informasi tentang tempat wisata Jakarta di kawasan taman wisata mangrove di Pantai Indah Kapuk ini, kami kembali ke kantor pengelola untuk mencari informasi yang bisa kami bagikan kepada sahabat dan pembaca setia Direktori Wisata yang akan mengisi liburan di tempat wisata Jakarta yang satu ini.

Mushollah Taman Wisata Mangrove PIK Jakarta

Untuk masalah rumah ibadah, bagi rekan-rekan dan sahabat DIrektori Wisata yang muslim, di depan area Taman Wisata Alam Mangrove Pantai Indah Kapuk Jakarta ini juga memiliki sarana untuk rumah ibadah musholah yang bisa digunakan untuk melaksanakan sholat. Jadi walau kita jalan-jalan sambil liburan jangan lupa sholat ya teman. Sayang lo kalau harus meninggalkan sholat. Dan yang paling penting doanya orang dalam perjalanan itu selalu di dengar dan dikabul sama Allah….

Sebagai catatan tambahan, untuk masalah kebutuhan kuliner di tempat wisata hutan mangrove ini, sahabat tidak akan menemukan makanan berat. Yang ada hanya makanan ringan atau mie rebusan dan minuman dingin yang dijual di kantin yang terdapat di dalam area. Namun, jangan kuatir, kita bisa mendapatkan makanan dan jajanan yang ada di depan pintu are masuk yang bayak disediakan toko yang terdapat di sekitar lokasi.

Cara menuju ke lokasi Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk sangatlah mudah, kita bisa menggunakn kendaraan umum maupun kendaraan pribadi seperti mobil atau motor. Kawasan wisata hutan mangrove Jakarta ini terletak di Jalan Pantai Indah Utara I Penjaringan Jakarta Utara dan bisa dijangkau dari berbagai arah.

Sahabat Direktori Wisata juga bisa naik kendaraan pribadi dan alat transportasi umum. Kalau kebetulan naik mobil sendiri, kita bisa ikuti rute : Dari arah tol Soekarno-Hatta – keluar tol menuju Pantai Indah Kapuk. Lalu lanjutkan perjalanan terus hingga perempatan Grand Cengkareng lalu ambil arah belok kanan hingga ketemu perempatan, selanjutnya kita ambil arah belok kanan lagi, dan ambillah arah untuk menuju lokasi ekowisata Jalan Pantai Indah Utara I Penjaringan di kanan jalan yang jaraknya sekitar kurang lebih 20 meter. Untuk informasi lebih lanjut sahabat dapat langsung lihat di dalam peta.

Bila sahabat Direktori Wisata kebetulan naik transportasi umum, kita bisa ambil rute kendaraan yang murah dengan menggunakan Busway koridor 9 lalu turun shelter Pluit. Setelah itu lanjutkan perjalanan dengan menggunakan ojek atau bajaj untk menuju kawasan wisata alam mangrove di dekat jalan Tol Sedyatmo Pantai Indah Kapuk.

Atau sahabat Direktori Wisata juga bisa memilih alternatif lain dengan menggunakan Busway koridor 9 turun di shelter Grogol, lalu di lanjutkan dengan menggunakan angkot merah KWK B01 lalu turun di perempatan Muara Karang dilanjutkan dengan naik angkot berwarna merah U11 untuk menuju ke tempat wisata alam taman Ekowisata Mangrove Tol Sedyatmo.

Sedangkan untuk angkutan umum lain yang bisa dicoba dengan mengikuti rute kendaraan degan naik busway Tranjakarta untuk menuju Grogol Petamburan, lalu kita dapat turun di halte Semanggi dan ganti bus transjakarta arah Blok M-kota. Selanjutnya kita dapat turun di halte Monas untuk transit dan menungggu bus BKTB ke Pantai Indah Kapuk, selanjutnya kita turun di depan Yayasan Budha Tzu Chi. Dari halte tersebut kita bisa jalan ke arah belakang dan langsung ketemu lokasi Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk. Mudah bukan ?…..

Harga tiket masuk ke Taman Wisata Alam Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk adalah sebagai berikut :

  1. Untuk turis Lokal harga tiket masuk Taman Wisata Alam Hutan Mangrrove PIK  Rp. 25.000,- / orang
  2. Untuk turis mancanegara harga tiket masuk  Taman Wisata Alam Hutan Mangrove PIK Rp. 250.000,- / orang

Harga tiket untuk fasilitas dan sarana di Taman Wisata Alam Menggrove Pantai Indah Kapuk Jakarta adalah :

  1. Tiket Perahu Rp. 250.000,- / boat untuk 6 orang.
  2. Tiket kapal boat  Rp. 350.000,- / boat untuk 8 orang.
  3. Tiket untuk perahu kano atau  perahu dayung Rp. 100.000,- / 45 menit.

Harga biaya Parkir Kendaraan di Taman Wisata Alam Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk adalah :

  1. Parkir kendaran motor roda 2 (dua) Rp. 5.000,- / motor.
  2. Parkir kendaraan mobil Rp.10.000,- / mobil.
  3. Parkir bus Rp. 50,.000,- bus

Harga biaya sewa fasiltas penginapan di Taman Wisata Alam Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk

  1. Sewa rumah tenda  (Camping Graound)  maksimal untuk 2 orang Rp. 300.000,-/malam.
  2. Sewa rumah tenda di atas air max 2 orang mulai Rp. 450.000, – hingga Rp.600.000, / malam.
  3. Sewa enginapan villa mulai Rp. 1.300.000,- hingga Rp. 6.000.000,- / malam.

Bagi sahabat dan pembaca setia Direktori Wisata Indonesia yang akan menikmati perjalanan wisata Jakarta dan ingin menikmati sensasi liburan yang berbeda. Apalagi bagi kita yang sdang mencari okasi untuk pengambilan gambar foto pre-wedding di kawasan wisata hutan mangrove Jakarta ini sangat rekomended banget.Selamat liburan.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

3 Comments

  1. wah indah nya wisata hutan mangrove kang, terlihat kolam dan cocok bagi yg hobui mancing 😀 hiks hiks

  2. wah pakdhe, jakarta punya kawasan hutan juga ya? ih aku kirain udh merata kota loh..

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks :Ad Views :