Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Jawa Barat / Bekasi / Wisata Heritage Saung Ranggon Kabupaten Bekasi

Wisata Heritage Saung Ranggon Kabupaten Bekasi

/
/

Menelisik Jejak Sejarah Situs Saung Ranggon Berusia Lebih 500 tahun di Kabupaten Bekasi

Direktori Wisata – Tempat wisata edukasi heritage rumah tradisional khas Bekasi yang berada di Cikarang Barat Kabupaten Bekasi dengan jejak peninggalan sejarah yang eksotis bernuansa unik

Kabupaten Bekasi merupakan sebuah wilayah yang berada di Provinsi Jawa Barat. Konon nama dari Bekasi itu sendiri berasa dari sebuah kata sansekerta. Pada awalnya kata Bekasi berasal dari kata “Candra Baga”. Dimana “candra baga” atau “baga sasi” adalah bulan, sedangkan kata “baga” sendiri berarti bagian. Maka bila di sambung dari kata tersebut Bekasi memiliki arti bagian dari bulan.

Konon perubahan nama kawasan ini menggunakan kata Bekasi, dikarenakan pada jaman dulu orang sering menyebut nama “candra baga” dengan sebutan “baga sasi” atau “sasi baga”. Karena pengaruh bahasa Belanda “baga sasi” berubah menjadi sebuah Bekasi yang dikenal sebagai kawasan industri.

Namun, dibalik hiruk pikuk sebuah kawasan industri Kabupaten bekasi menyimpan spot wisata heritage yang menarik untuk dikunjungi saat libur akhir pekan.  Disamping obyek wisatanya yang unik dan klasik, tempat wisata heritage di Kabupaten Bekasi ini juga menyimpan beragam destinasi liburan yang dapat membuka wawasan kita.

Situs Saung Rangon Cikarang Barat Bekasi

Kabupaten Bekasi masih memiliki destinasi wisata heritage yang menyimpan situs bangunan masa kejayaan masa lampau. Salah satu tempat wisata heritagenya yaitu berbentuk bangunan unik menyerupai rumah panggung tradisonal yang bernama “Saung Ranggon”. Bangunan bersejarah tersebut telah berumur lebih dari 500 tahun.

Dari informasi yang Direktori Wisata Indonesia terima, obyek wisata heritage bangunan tradisional Saung Ranggon tersebut dibuat pada abad ke-16 oleh Pangeran Rangga yang merupakan seorang putra dari Pangeran Jayakarta yang juga merupakan salah seorang pejuang putra daerah asal Betawi pada jaman penjajahan Belanda tempo dulu. Dan pada tahun 1921 Raden Abas menemukan bangunan bersejarah tersebut dan lalu diberi nama “Saung Ranggon“.

Lanjut penjelasan informasi…….
Dalam bahasa Sunda “saung” berarti rumah ditengah sawah.atau ladang. Dan “saung” biasanya digunakan sebaai rumah atau tempat menunggui padi maupun palawija yang siap panen. Selama masa penjejahan “saung” sering digunakan sebagai tempat menyepi dan bersembunyi dari kejaran para penjajah.

Situs Saung Ranggon berlokasi di Desa Cikedokan, Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Bangunan situs bersejarah tersebut dibangun di atas lahan seluas 500 meter persegi yang sekarang ini menjadi salah satu bangunan rumah tradisional tertua bersejarah di Bekasi.

Saung Ranggon merupakan bangunan tradisional khas Bekasi.yang juga merupakan gabungan dua bidang miring yang yang dikenal dengan sebutan nama Julang Ngapak.  Dari data yang Direktori Wisata Indonesia terima, bangunan Saung Ranggon ini memiliki panjang pada bangunannya 7,6 meter persegi dan lebar 7,2 meter persegi. Sedangkan untuk tinggi bangunannya sendiri mencapai 2 meter persegi.

Untuk memasuki area dalam Situs Saung Ranggon di Cikarang Barat Kabupaten Bekasi kita harus menaiki anak tangga yang berjumlah 7 buah. Bangunan unik dan sederhana ini terlihat ramah lingkungan, dengan material bahan dasar bangunannya yang terdiri dari material papan kayu serta bambu.

Dan uniknya bila kita perhatikan secara teliti, disetiap bangunannya tidak dikaitkan dengan menggunakan paku melainkan memakai pasak bambu maupun tali yang terbuat dari ijuk atau sabuk kelapa. Dari sisi bangian dalam ruangan Saung Ranggon ini terlihat jelas sangat luas tanpa sekat pemisah.

Baca juga : Pesona Wisata Situ Cibebeureum Tambun Selatan

Sedangkan untuk dibagian luar bangunan Suang Ranggon, kita dapat menemukan ruang yang terletak di bawah saung yang menyerupai sumur yang dijadikan sebagai tempat menyimpan barang pusaka.

Untuk mengunjungi tempat wisata heritage Saung Ranggon ini sangatlah mudah, karena letaknya sangat dekat dengan kawasan industri MM 2100 yang dapat di akses dengan menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum (angkot) jurusan Cikedokan 1. Untuk rute jalan dari Jakarta menuju ke obyek wisata  sejarah Situs Saung Ranggon sahabat Direktori Wisata dapat melihatnya di dalam peta petunjuk

Semoga info wisata di kawasan Bekasi tersebut diatas dapat menambah daftar refrensi destinasi liburan akhir pekan sahabat dan pembaca setia Direktori Wisata Indonesia yang sedang mencari tempat liburan yang unik dan menarik dikunjungi saat bertandang di kawasan Cikarang, Kabupaten Bekasi.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :