Oh Snap!

Please turnoff your ad blocking mode for viewing your site content

Wisata Heritage Pulau Onrust Jakarta

Menyusuri Sisa Kajayaan Belanda Di Kepulauan Seribu Jakarta

Direktori Wisata. – Pulau Onrust merupakan salah satu situs yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia sebagai salah satu pulau suaka purbakala yang dilindungi dan dilestarikan.

pulau-onrust

Dari informasi pemandu wisata yang diterima Direktori Wisata pada saat mengunjungi kawasan Pulau Bidadari, kawasan Pulau Onrust termasuk dalam kawasan kulurahan Pulau Untung dan termasuk dalam Kecamatan Kepulauan Seribu.

[the_ad id=”13728″]

Konon asal muasal nama Pulau Onrust diberikan oleh orang Belanda, konon pulu ini berarti pulau yang tidak pernah istirahat atau dengan kata lain pulau yang sibuk. Dulunya Pulau Onrust pada tahun 1619 oleh Belanda pernah dijadikan markas untuk mempersiapkan armada dan tentara Belanda  sebelum menyerang Kota Jayakarta yang sekarang disebut dengan Kota Jakarta.

pulau-onrust

Pada tahun 1695 Pulau Onrust ini pernah dihuni oleh 148 badi kompeni dan 200 budak, dan pernah di bom oleh Inggris sebanyak tigal kali. Pada tempo dulu kawasan pulau ini dikenal sebaiah tempat pelayaran niaga, dan benteng penjajah banyak berdiri kokoh di kawasan ini, kini semuanya itu hanya tinggal sisa puing-puing kejayaan dan keterpurukannya yang bisa kita lihat pada saat melintas di Pulau Onrust.

Lanjut informasi
Pulau Onrust ini pun dulunya pernah dijadikan tempat pembuatan kapal. Tidaklah heran bila ada masyarakat yang menyebutnya dengan Pulau Kapal. Sedangkan pada tahun 1911-1933 pulau ini pernah difungsikan sebagai tempat barak haji. Dan pada tahun 1960-1965 beralih fungsi sebagai tempat penampungan gelandangan. Dan yang hebatnya lagi, pulau ini pernah menjadi tempat rebutan negara-negara Eropa yang tergiur dengan kekayaan negeri Indonesia.

Cara menuju kawasan wisata heritage Pulau Onrust kita dapat melalui dari beberapa pelabuhan, yaitu Pelabuhan Marina Ancol, Pelabuhan Muara Kamal, dan Pelabuhan Muara Angke. Kini kawasan pulau ini mejadi salah satu destinasi wisata heritage yang menarik dikunjungi, di pulau inilah kita dapat meihat dari dekat artefak-artefak unik yang tersimpan rapih yang berasal dari daerah lokal, Eropa, China berupa pecahan gerabah, jangkar, mata uang Belanda dan lain sebagainya.

Selain tu, kita juga dapat menemukan sisa-sisa reruntuhan bangunan sepeti benteng pertahanan segilima dengan bastion di setiap sudutnya, gudang rempah-rempah, kincir angin, dermaga, bengkel besi, menara, gudang mesiu, penjara isolasi. makam orang Belanda yang berumur pendek akibat penyakit tropis.

Tempat wisata heritage Pulau Onrust Jakarta bukan hanya menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik dan eksotis. Tidaklah heran kawasan ini mulai banyak dikunjungi oleh para wisatawan domestik maupun mancanegara.Hal ini semua terjadi dikarenakan Indonesia memiliki sebuah negara maritim yang kaya dengan panorama arkeologi yang mengagumkan. Happy traveling.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
  • stumbleupon
This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks :Ad Views :